Apa Fungsi Alat Pernapasan Manusia Pdf

Apa Fungsi Alat Pernapasan Manusia Pdf

Bernapas berarti hidup, yang prosesnya menghirup udara atau oksigen(O2) melalui hidung lalu dikeluarkan lagi menjadi karbon dioksida(CO2) atau arti lain respirasi proses pertukaran gas oksigen (O2) yang dibutuhkan tubuh untuk metabolisme sel dan karbondioksida (CO2) yang dihasilkan dari metabolisme dikeluarkan dari tubuh melalui paru paru.

Sistem pernapasan pada manusia meliputi semua struktur yang menghubungkan udara  keluar masuk dari paru paru ke paru paru. Organ paru paru salah satu alat pernapasan utama, yang dibantu oleh organ organ lain. Jalur pernapasan untuk menuju sel sel tubuh adalah rongga hidung faring laring trakea bronkus bronkiolus alveolus paru paru.

Sistem Pernapasan

Mekanisme Proses Pernapasan

Proses penapasan terdiri atas dua kegiatan, yaitu menghirup udara atau menarik napas (inspirasi) dan menghembuskan udara atau mengeluarkan napas (ekspirasi). Berdasarkan bagian tubuh yang mengatur kembang kempisnya paru paru, ada 2 sistem pernapasan  yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut.

  1. Pernapasan dada adalah

Pernapasan dada adalah pernapasan yang melibatkan otot antar tulang rusuk, dengan mekanisme yang berbeda. Yaitu :

1. Pengertian Fase inspirasi.

Merupakan fase berkontraksinya otot antar tulang rusuk sehingga rongga dada membesar, akibatnya tekanan dalam rongga dada menjadi lebih kecil sehingga udara luar yang kaya oksigen masuk ke paru paru.

2. Apa itu Fase ekspirasi.

Merupakan fase relaksasi atau kembalinya otot antar tulang rusuk ke posisi semula yang diikuti oleh turunnya tulang rusuk sehingga rongga dada menjadi kecil, akibatnya tekanan di dalam rongga dada menjadi lebih besar sehingga udara dalam rongga dada yang kaya oksigen keluar dari paru paru.

  1. Pernapasan Perut adalah

Pernapasan perut adalah pernapasan yang melibatkan otot diafragma, dengan mekanisme yang berbeda. Yaitu :

  1. Apa itu Fase inspirasi.

Merupakan fase berkontraksinya otot diafragma sehingga diafragma mendatar, akibatnya rongga dada membesar dan tekanan menjadi kecil sehingga udara luar masuk ke paru paru.

 2. apa itu Fase ekspirasi.

Merupakan fase relaksasi atau kembalinya otot diafragma ke posisi semula, sehingga rongga dada mengecil dan tekanan menjadi lebih besar akibatnya udara keluar dari paru paru.

Alat Alat Pernapasan Pada Manusia

  1. PENJELASAN Rongga Hidung

Pada rongga hidung dilapisi oleh selaput lendir yang sangat kaya akan pembuluh darah, bersambung dengan lapisan faring dan selaput lendir semua sinus yang mempunyai lubang masuk kedalam rongga hidung. Udara dari luar akan masuk lewat rongga hidung (cavum nasalis). Rongga hidung berlapis selaput lendir, di dalamnya terdapat kelenjar minyak (kelenjar sebasea) dan kelenjar keringat (kelenjar sudorifera).

  1. PENJELASAN Faring (Tekak)

Udara pernapasan dari rongga hidung menuju ke faring. Faring terletak sejajar dengan tulang punggung yang panjangnya 12 sampai 14 cm. Faring merupakan persimpangan jalan masuk udara dan makanan, yaitu persimpangan antara rongga mulut ke kerongkongan dengan hidung ke tenggorokan.

  1. PENJELASAN Laring (Pangkal Tenggorokan)

Setelah melalui faring, udara masuk ke laring. Laring adalah struktur kompleks berbentuk kerucut terbalik yang tersusun atas sembilan tulang rawan dan sejumlah besar otot. Tulang rawan yang terdapat pada pintu masuk laring disebut epiglotis, di dalam laring juga terdapat selaput suara yang dapat mengatur tinggi rendah nada suara yang diperlukan. Keras lemahnya suara ditentukan oleh aliran udara yang melewati selaput suara.

  1. PENJELASAN Trakea (Batang Tenggorokan)

Trakea merupakan saluran jalan napas yang terdiri atas gelang gelang tulang rawan. Trakea terletak di depan kerongkongan dengan panjang sekitar 10 cm.

Baca Juga  Ekosistem Sawah, Pengertian Dan Macam Macamnya

Pada dinding trakea terbagi 3 lapisan yaitu:

  1. Lapisan luar terdiri atas jaringan ikat.
  2. Lapisan tengah terdiri atas otot polos dan cincin tulang rawan.
  3. Lapisan terdalam terdiri atas jaringan epitel bersilia. Pada lapisan ini terdapat selaput lendir yang sel selnya berambut getar. Rambut rambut getar berfungsi untuk menolak debu atau benda asing yang masuk bersama udara. Jika terdapat benda asing pada rambut getar, maka udara pada paru paru akan terangsang dan mendesak benda asing tersebut untuk keluar, sehingga terjadilah bersih.

Trakea bercabang dua. Cabang batang tenggorok (trakea) tersebut dinamakan bronkus. Cabang yang satu menuju ke paru paru kanan dan cabang yang satunya menuju ke paru paru kiri.

  1. apa itu Bronkus

Bronkus merupakan saluran penghubung antara tenggorokan dan paru paru yang tersusun atas tulang rawan berbentuk cincin dan berfungsi sebagai tempat lalu lintas udara pernapasan. Bronkus jumlahnya sepasang, yang satu menuju ke paru paru kanan dan yang satu menuju ke paru paru kiri.

Bronkus yang ke kiri lebih panjang dan sempit serta kedudukannya lebih mendatar daripada bronkus yang ke kanan. Bronkus bercabang cabang lagi menjadi cabang yang lebih kecil yang disebut bronkiolus.

  1. apa itu Bronkiolus

Bronkiolus merupakan cabang dari bronkus. Bronkus sebelah kanan bercabang menjadi tiga bronkiolus, sedangkan bronkus sebelah kiri bercabang menjadi dua bronkiolus. Pada bronkiolus dindingnya lebih tipis dan salurannya lebih kecil.

Semakin kecil salurannya, semakin berkurang tulang rawannya dan akhirnya tinggal dinding fibrosa dengan lapisan silia. Setiap bronkiolus terakhir bermuara ke dalam seberkas kantong kantong kecil yang disebut alveolus.

  1. apa itu Alveolus

Alveolus merupakan saluran akhir dari alat pernapasan yang berupa gelembung gelembung udara. Dindingnya tipis, lembab, dan berlekatan erat dengan kapiler kapiler darah. Alveolus terdiri atas satu lapisan sel epitelium pipih. Pada alveolus terjadi pertukaran O2 dari udara bebas ke sel sel darah dengan CO2 dari sel sel darah ke udara bebas.

  1. pengertian Paru paru adalah

Paru paru merupakan organ pernapasan utama pada manusia. Paru paru terletak di dalam rongga dada dan berjumlah sepasang, yaitu paru paru kanan dan paru-paru kiri. Paru paru kanan terdiri dari tiga lobus. Paru paru dibungkus oleh selaput paru paru yang disebut pleura. Di antara pleura dan paru paru terdapat cairan limfa yang berfungsi untuk melindungi paru paru dari gesekan pada waktu kontraksi dan relaksasi.

Baca Juga  Struktur Dan Fungsi Bronkus Pada Pernapasan Manusia Pdf

Kontraksi dan relaksasi paru paru disebabkan oleh perubahan tekanan di dalam rongga dada. Paru paru terdiri atas udara, alveolus, pembuluh darah dan limfatik, serta jaringan ikat yang menyebabkan struktur paru paru lunak. Alveolus yang terdapat di dalam paru paru jumlahnya sangat banyak, sekitar 300 juta alveolus.

Fungsi Alat Pernapasan 

  1. Fugsi Rongga hidung
    • Bekerja sebagai saluran udara pernafasan
    • Sebagai penyaring udara pernapasan yang dilakukan oleh bulu bulu hidung
    • Dapat menghangatkan udara pernapasan oleh mukosa
    • Membunuh kuman kuman yang masuk, bersama sama dalam pernapasan oleh leukosit yang terdapat dalam selaput lendir (mukosa)
  1. Fungsi Faring (Tekak) Adalah
    • Faring berperan penting dalam sistem pernapasan, sistem pencernaan, bahkan juga dalam proses berbicara (suara).
    • Dalam sistem pencernaan, Faring berfungsi sebagai penyalur makanan dari mulut ke kerongkongan. Ketika makanan didorong ke belakang oleh lidah, maka saluran pernapasan akan menutup dan makanan akan masuk ke kerongkongan.
    • Dalam sistem pernapasan faring berfungsi sebagai penyaring, pengatur tekanan dan juga dapat mengatur kelembaban udara yang masuk. Udara ini akan diteruskan ke batang tenggorokan (trakea).
    • Proses pengeluaran suara, pada proses ini faring yang merupakan jalur masuknya udara dapat berperan signifikan. Udara harus terlebih dahulu melewati faring kemudian laring, barulah udara tersebut menggetarkan pita suara sehingga kita dapat berbicara.
    • Faring juga dapat mengatur tekanan udara di telinga. Pada bagian awal faring terdapat saluran yang berhubungan langsung dengan telinga yang disebut tuba eustachius. Nah saluran ini berfungsi untuk mengatur tekanan udara antara lingkungan luar tubuh dengan lingkungan dalam telinga.
  1. Fungsi Laring (Pangkal Tenggorokan)
    • Melindungi tabung trakea dari masuknya makanan
    • Membuka jalan napas
    • Menghubungkan faring dengan trakea
    • Mengarahkan makanan masuk ke esofagus
    • Menghasilkan nada suara
  1. Fungsi Trakea (Batang Tenggorokan) adalah
    • Menyaring, melembabkan, dan mengatur suhu udara agar sesuai dengan suhu tubuh.
    • Sebagai penyedia saluran napas atau jalan napas, trakea menghubungkan laring dan paru paru agar udara bisa masuk dan keluar dari paru paru.
    • Sel sel epitel yang melapisi trakea menghasilkan lendir yang dapat menangkap debu dan kontaminan lain dan mencegahnya mencapai/masuk ke paru paru.
    • Silia pada permukaan sel epitel dapat memindahkan lendir menuju faring dimana debu dan kontaminan dapat tertelan dan dicerna dalam saluran pencernaan.
    • Trakea juga memungkinkan udara untuk melewati antara laring dan bronkus. Trakea ini memungkinkan udara untuk dibagi dan dialihkan ke kedua paru paru dan berakhir di dua bronkus utama.
  1. Fungsi Bronkus Adalah
    • Sebagai saluran utama untuk menuju alveolus.
    • Menangkap debu yang akan masuk ke dalam paru paru. Dinding bagian dalam pada bronkus yang terlapisi lendir, bisa membuat debu dan partikel asing menempel pada lapisan lendir tersebut.
    • Mengeluarkan partikel asing dan debu dari paru paru dengan dibantu silia (bulu bulu halus bergetar) yang banyak ditemukan pada dinding bronkus.
    • Sebagai konduktor udara antara alveoli dan atmosfer.
    • Menghubungkan antara tenggorokan dan paru paru.
    • Mencegah infeksi paru paru dengan cara mencegah bakteri atau partikel penyebab infeksi masuk pada paru paru.
    • Membantu paru paru dalam bernapas lebih dalam dan cepat sehabis melakukan olahraga atau sesudah menyelesaikan pekerjaan berat. Ketika kondisi tubuh sangat capek, tubuh akan mengeluarkan hormon norepinefrin yang bisa menjadikan otot otot polos bronkus beristirahat sehingga lebih banyak udara yang masuk ke dalam paru paru.
    • Untuk mengontrol jumlah udara yang disalurkan melalui jalan paru paru dengan dilatasi dan konstriksi.
  1. Fungsi Bronkiolus Adalah

Untuk menghantarkan udara dari bronkus ke alveoli, dan untuk mengontrol jumlah udara didistribusikan melalui paru paru oleh konstriksi dan dilatasi. Bronkiolus lobular dan terminal yang dikenal sebagai “ruang mati” – hanya berarti bahwa tidak ada pertukaran udara yang terjadi di tempat ini. Bronkiolus pernapasan pada gilirannya memulai zona pernapasan di mana pertukaran udara terjadi pada alveoli.

  1. Fungsi Alveolus Adalah

Fungsinya yaitu tempat pertukaran udara dan merupakan juga gerbang masuk bagi udara ke dalam sistem peredaran darah. Karena itulah untuk mendapatkan pertukaran udara yang maksimal, alveolus perlu memiliki luas permukaan yang besar namun dengan volume yang kecil. Inilah yang menyebabkan alveolus memiliki struktur seperti segerombol anggur.

  1. Pertukaran Oksigen Pada Paru Pparu
    • Manusia menghirup udara karena memerlukan oksigen. Oksigen sangat dibutuhkan untuk membantu perombakan bahan makanan dalam tubuh. Jadi, paru paru tentu saja merupakan bagian dari sistem pernapasan manusia
    • Saat manusia menghembuskan napas, manusia mengeluarkan gas karbondioksida dan uap air. Jadi, paru paru merupakan bagian dari sistem ekskresi pada manusia.
    • Mengendalikan pH darah dengan cara mengubah tekanan karbon dioksida.
    • Menyaring gumpalan darah yang terbentuk dalam vena.
    • Mempengaruhi konsentrasi beberapa zat biologis dan obat obatan yang digunakan dalam pengobatan dalam darah.
    • mengubah angiotensin I menjadi angiotensin II oleh enzim angiotensin converting.
    • Dapat berfungsi sebagai lapisan pelindung hati dari guncangan.
    • Menyediakan aliran udara untuk menciptakan suara vokal.
    • Paru paru berfungsi sebagai reservoir darah dalam tubuh. Volume darah paru paru adalah rata rata sekitar 450 mililiter, sekitar 9 persen darah total volume seluruh sistem peredaran darah. Kuantitas ini dapat dengan mudah berfluktuasi antara setengah dan dua kali volume normal. Kehilangan darah dari sirkulasi sistemik oleh perdarahan dapat sebagian dikompensasi oleh darah dari paru paru ke dalam pembuluh sistemik.
Baca Juga  Fungsi Epidermis Pengertian Dan Ciri Ciri Jaringannya

Demikian artikel ini, pasti akan bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

D. Download Pdf

  1. SISTEM PERNAFASAN Power Point
  2. Sistem Pernapasan
  3. SISTEM PERNAPASAN Power Point
  4. Fisiologi Pernapasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.