Apa Hubungan Persatuan dan Keberagaman Bagi Bangsa Indonesia

Apa Hubungan Persatuan dan Keberagaman Bagi Bangsa Indonesia

Makna Persatuan dan Kesatuan

Persatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah. Persatuan bisa diartikan juga sebagai perkumpulan dari berbagai komponen yang membentuk menjadi satu. Persatuan mengandung arti bersatunya macam-macam corak yang beranekaragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi. Persatuan dan kesatuan adalah kunci dalam rangka merebut, mempertahankan maupun mengisi kemerdekaan. Persatuan Indonesia berarti bahwa persatuan bangsa yang mendiami daerah Indonesia.

Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia terjadi dalam proses yang dinamis dan berlangsung lama. Hal ini karena persatuan dan kesatuan bangsa terbentuk dari proses yang tumbuh dari unsur-unsur sosial budaya masyarakat Indonesia sendiri, yang tumbuh dalam jangka waktu yang lama. Unsur-unsur sosial budaya ini seperti sifat kekeluargaan dan jiwa gotong-royong. Keduanya merupakan sifat pokok bangsa Indonesia yang dituntun oleh asas kemanusiaan dan kebudayaan.

Ada tiga makna yang penting dalam persatuan dan kebangsaan, diantaranya :

  1. Rasa persatuan dan kesatuan dapat menjalin rasa kebersamaan dan dapat saling melengkapi antarasatu dengan lainnya.
  2. Persatuan dan kesatuan dapat menjalin rasa kemanusiaan dan sikap toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan.
  3. Persatuan dan kesatuan dapat menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong menolong antar sesama, serta sikap nasionalisme.

Awal dibentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu sejak proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia. Pada pasal 1 ayat (1) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Kemudian pada sila ketiga Pancasila ditegaskan bagaimana tekad bangsa Indonesia mewujudkan persatuan. Untuk itu, makna persatuan dalam kebangsaan yang sesungguhnya yaitu adanya rasa persatuan bangsa dari seluruh rakyat yang mendiami wilayah Indonesia sekalipun memiliki perbedaan suku, agama, rasa dan golongan.

Arti Penting Persatuan dan Kesatuan serta Bhinneka Tunggal Ika

Pengamalan sikap persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bernegara diwujudkan dalam bentuk perilaku, diantaranya :

  1. Mempertahankan persatuan dan kesatuan wilayah Negara Indonesia.
  2. Lebih meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ika.
  3. Lebih mengembangkan semangat kekeluargaan.
  4. Menghindari penonjolan SARA.
  5. Menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia
  6. Memiliki rasa bangga sebagai bangsa dan negara Indonesia.
  7. Mencintai dan menggunakan produk dalam negeri.

Alinea kedua Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan, “… merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”. Dengan demikian dalam rangka mewujudkan persatuan dan kesatuan, seluruh tindakan pemerintah, dan bangsa Indonesia harus mengarah kepada terciptanya keadilan dan kemakmuran bagi seluruh bangsa Indonesia.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika bermakna sesuai dengan keberagaman masyarakat Indonesia saat ini. Awalnya Bhinneka Tunggal Ika dulunya hanya untuk menyatukan kehidupan bangsa Indonesia di tengah keberagaman beragama dan keyakinan, namun ternyata semboyan ini masih sangat sesuai dengan keadaan Indonesia saat ini.

Keberagaman Masyarakat dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Dengan beranekaragamnya budaya, suku bangsa, mata pencaharian, bahasa daerah, ras, gender, dan agama, hal ini tidak membuat bangsa Indonesia terpecah belah. Perbedaan itu tetap berada pada satu kesatuan yang utuh dan tidak terpisahkan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Sangat penting menjaga Bhinneka Tunggal Ika dengan sebaik-baiknya dan juga sangat penting dalam mengaplikasikan persatuan dalam kehidupan sehari-hari, seperti saling menghargai dan toleransi antar satu sama lain tanpa melihat perbedaan budaya dan lain sebagainya. Hal ini supaya tidak terjadi perpecahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Makna bhinneka tunggal ika sendiri dapat dinyatakan sebagi berikut :

  1. Semboyan negara sebagai modal untuk bersatu.
  2. Bhinneka tunggal ika secara harfiah mengandung arti bhinneka (beragam), tunggal (satu), ika (itu) yaitu beragam satu itu.
  3. Kemajemukan bangsa merupakan kekayaan dan kekuatan yang sekaligus menjadi tantangan bagi kita bangsa Indonesia, baik sekarang maupun yang akan datang.
  4. Kemajemukan itu harus dihargai, dijunjung tinggi, diterima dan dihormati serta diwujudkan.

Keberagaman masyarakat Indonesia disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kondisi negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan
  2. Letak strategis wilayah Indonesia
  3. Perbedaan kondisi alam
  4. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan
  5. Keadaan transportasi dan kumunikasi

Dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia harus dapat dimanfaatkan, diantaranya sebagai :

  1. Alat Pemersatu Bangsa

Salah satu alat pemersatu bangsa adalah Bhineka Tunggal Ika yang merupakan simbol pemersatu bangsa dan sangat menarik di mata dunia.

  1. Identitas Bangsa di Mata Internasional

Keanekaragaman yang dimiliki Indonesia dapat menjadi identitas diri bangsa Indonesia. Kemajemukan budaya dapat menjadi identitas diri bangsa Indonesia. Selain Indonesia, bangsa lain yang menjadi identitas dirinya seperti bangsa Australia yang merupakan bangsa aborogin, hal itu menjadi salah satu identitas negara Australian di mata dunia. Masih banyak contoh lainnya yang menjadikan suatu bangsa memiliki identitas dirinya. Untuk itu, manfaat keberagaman budaya Indonesia, membuat indonesia mempunyai banyak artefak budaya yang dapat mengenalkan negara Indonesia kepada dunia internasional.

  1. Menumbuhkan Sikap Nasionalisme

Ketika kita menganggap bahwa keanekaragaman yang dimiliki merupakan sebuah kekayaan, maka dengan sendirinya kita akan menjaga, menghargai dan juga mempunyai rasa memiliki. Perbedaan budaya yang ada bisa menciptakan rasa cinta tanah air, karena keanekaragam budaya adalah suatu kekayaan yang dimiliki suatu bangsa.  

  1. Memupuk Sikap Toleransi

Keberagaman yang ada di Indonesia, tidak membuat bangsa Indonesia menjadi terpecah belah. Dengan adanya ragam budaya, diharapkan mampu mempertebal sikap toleransi dan nasionalisme kita.

Baca Juga : Bunyi Teks Sumpah Pemuda ke 1 2 3 Tahun 1928 Adalah

Pentingnya Persatuan dalam Keberagaman

Negara Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan keberagaman atau dengan banyaknya perbedaan kebudayaan dalam suku bangsa, hal ini dapat menjadi sumber terjadinya konflik antara suku-suku bangsa dan golongan. Umumnya dalam negara-negara yang berkembang seperti negara Indonesia, paling sedikit ada lima macam konflik, yaitu :

  1. Konflik dapat terjadi apabila warga dari dua suku bangsa masing-masing bersaing dalam hal mendapatkan lapangan mata pencaharian hidup yang sama.
  2. Konflik dapat terjadi apabila warga dari satu suku bangsa mencoba memaksakan unsur-unsur dari kebudayaannya kepada warga dari suatu suku bangsa lain.
  3. Konflik yang sama dasarnya, tetapi lebih fanatik dalam wujudnya, dapat terjadi apabila warga dari satu suku bangsa mencoba memaksakan konsep-konsep agamanya terhadap warga dari suku bangsa lain yang berbeda agama.
  4. Konflik terang akan terjadi kalau satu suku bangsa berusaha mendominasi suatu suku bangsa lain secara politis.
  5. Potensi konflik terpendam ada dalam hubungan antara suku-suku bangsa yang telah bermusuhan secara adat.

Potensi untuk bersatu atau paling sedikit untuk bekerjasama tentu ada dalam tiap-tiap hubungan antara suku bangsa dan golongan. Potensi itu ada dua, yaitu:

  1. Warga dari dua suku-bangsa yang berbeda dapat saling bekerjasama secara sosial ekonomis, jika masing-masing mendapatkan lapangan-lapangan mata pencaharian hidup yang berbeda-beda dan yang saling lenglap-melengkapi. Dalam hal ini sikap warga dari satu suku bangsa terhadap yang lain dijiwai oleh suasana toleransi.
  2. Warga dari dua suku-bangsa yang berbeda bisa hidup berdampingan tanpa konflik, kalau ada orientasi ke arah suatu golongan ketiga, yang dapat menetralisasi hubungan antara kedua suku-bangsa.

Dari berbagai macam keberagaman di Indonesia, diperlukan alat pemersatu bangsa yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Selain Bhinneka Tunggal Ika, alat-alat pemersatu bangsa Indonesia yang lain, diantaranya :

  1. Dasar Negara Pancasila
  2. Bendera Merah Putih sebagai bendera kebangsaan
  3. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa persatuan
  4. Lambang Negara Burung Garuda
  5. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
  6. Lagu-lagu perjuangan

Masih banyak alat-alat pemersatu bangsa yang sengaja diciptakan supaya persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga. Persatuan dalam keragaman harus dapat dipahami oleh setiap warga masyarakat supaya bisa mewujudkan hal-hal sebagai berikut :

  1. Pembangunan berjalan lancar
  2. Pergaulan antarsesama yang lebih akrab
  3. Kehidupan yang serasi, selaras dan seimbang
  4. Perbedaan yang ada tidak menjadi sumber masalah atau konflik

Sikap yang perlu dikembangkan dalam mewujudkan persatuan dalam keragaman, diantaranya:

  1. Tidak menganggap suku dan budaya sendiri paling baik
  2. Tidak memandang rendah suku atau budaya yang lain
  3. Mengutamakan negara dari pada kepentingan daerah atau suku masing-masing
  4. Menerima keragaman suku bangsa dan budaya sebagai kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya

Permasalahan yang Muncul dalam Keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antar golongan

Manusia mempunyai perbedaan bangsa, suku, agama, jenis kelamin, strata sosial dan ekonomi, sistem hukum, aliran politik, dan lain sebagainya. Selama masih ada perbedaan tersebut, permasalahan tidak bisa dihindari. Permasalahan selalu terjadi di dunia dalam sistem sosial yang bernama negara, bangsa, organisasi, perusahaan dan bahkan dalam sistem sosial terkecil seperti keluarga dan pertemanan. Beberapa contoh permasalahan yang muncul dalam keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan, diantaranya :

  1. Sikap yang merendahkan orang lain, agama lain atau ras yang berbeda dengan diri sendiri maupun dengan kelompok sendiri.
  2. Penindasan dari kelompok masyarakat yang kaya kepada kelompok masyarakat yang miskin.
  3. Tindakan kekerasan yang dilakukan sekelompok ras atau agama tertentu kepada ras atau agama yang lain.
  4. Sikap tidak mau berbaur dengan orang lain yang berbeda ras, agama dan golongan.
  5. Sikap yang merasa diri sendiri paling baik dari pada orang lain.

upaya dalam mengatasi permasalahan dalam keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan salah satunya yaitu dengan menumbuhkan rasa cinta tanah air, rasa memiliki, rela berkorban serta memahami dan menghayati berbagai lambang kedaulatan dan tanda kehormatan bangsa sebagai suatu simbol persatuan Indonesia.

Untuk selengkapnya mengenai materi hubungan persatuan dan keberagaman bagi bangsa indonesia, dapat Anda download file Pdf nya dengan klik link di bawah ini :

apa hubungan persatuan dan keberagaman bagi bangsa indonesia

Download Persatuan dan Keberagaman Pdf

Demikian informasi mengenai hubungan persatuan dan keberagaman bagi bangsa indonesia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Jangan lupa share dan kunjungi terus web site kami. Nantikan informasi-informasi penting lainnya hanya di dapurpendidikan.com

Baca Juga  Ikrar Sumpah Pemuda Tanggal 28 Oktober 1928

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.