Apa Itu Ekosistem ? Penyusun Ekosistem Dan Komponennya

Apa Itu Ekosistem ? Penyusun Ekosistem Dan Komponennya

Apa itu ekosistem ? Ekosistem adalah suatu proses yang terbentuk karena adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya, bahwa ada komponen biotik (hidup) dan juga komponen abiotik(tidak hidup) yang terlibat dalam suatu ekosistem ini, kedua komponen ini tentunya saling mempengaruhi, contohnya saja hubungan hewan dengan air. Interaksi antara makhluk hidup dan tidak hidup ini akan membentuk suatu kesatuan dan keteraturan. Setiap komponen yang terlibat memiliki fungsinya masing-masing, dan selama tidak ada fungsi yang terngganggu maka keseimbangan dari ekosistem ini akan terus terjaga. Komponen pembentuk ekosistem itu yaitu biotik dan abiotik

Pengertian Ekosistem

Ekosistem yaitu suatu sistem interaksi yang terbentuk dari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa diartikan juga sebagai suatu tatanan suatu kesatuan secara utuh dan menyeluruh yang saling memengaruhi suatu lingkungan.

Terciptanya ekosistem karena adanya gabungan yang berasal dari setiap biosistem yang saling berinteraksi secara timbal balik antara makhluk hidup atau organisme dengan lingkungan fisik. Sehingga akan terciptanya suatu rantai atau siklus yang runtut pada suatu struktur biotik.

Suatu organisme dapat berkembang secara bersamaan dengan keadaan suatu lingkungan yang menjadi tempat hidupnya. Dan juga suatu organisme sangat berpengaruh sekali pada lingkungan fisik untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Penyusun Ekosistem Biotik Dan Abiotik

Biotik

Biotik adalah sesuatu yang hidup. Sedangkan komponen biotik adalah organisme yang menyusun suatu ekosistem yang bersal dari organisme yang hidup. Atau dalam kata lain komponen biotik ini merupakan kebalikan dari komponen abiotik.

Dalam komponen biotik makhluk hidup dibedakan menjadi dua berdasarkan peran dan fungsinya, yaitu:

  1. Konsumen (Heterotrof)

Heterotrof adalah suatu organisme yang memanfaatkan bahan organik pada organisme lain untuk dijadikan makanannya. Organisme yang termasuk heterotrof ialah hewan, mikroba, jamur serta manusia. Dari komponen heterotrof ini bisa di sebut juga dengan konsumen fagotrof (mikro), karena mengkonsumsi makanan yang berukuran kecil.

  1. Pengurai (Dekomposer)

Dekomposer adalah suatu organisme yang menguraikan bahan organik yang berasal dari organisme lain yang sudah mati. Sebutan lain dari dekomposer adalah konsumen saportof (makro), karena makanan yang di konsumsi berukuran lebih besar.

Baca Juga  Jelaskan Fungsi Membran Sel Pada Sel Tumbuhan dan Hewan

Yang tergolong dekomposer yaitu jamur dan bakteri serta hewan pengurai lain yang memakan sisa bahan organik. Detritivor yaitu hewan pengurai yang memakan sisa dari bahan organik seperti rayap kayu. Dekomposisi dibagi menjadi tiga tipe yang saling berhubungan yaitu :

  1. Aerobik

Pengurai yang memanfaatkan oksigen sebagai penerima oksidan atau elektron.

  1. Anaerobik

Pengurai yang memanfaatkan bahan organik sebagai penerima oksidan atau elektron, sedangkan oksigen tidak termasuk didalamnya.

  1. Fermentasi

 Pengurai anaerobik tetapi oksidasi dari bahan organik juga berperan sebagai penerima elektron. Tipe ini memiliki bebtuk interaksi pada suatu kesatuan ekosistem secara teratur.

Abiotik

Abiotik adalah sesuatu yang tidak hidup. Dalam kasus ini abiotik yaitu komponen fisik dan kimia yang menjadi substrat bagi tempat berlangsungnya kehidupan makhlik hidup. Komponen abiotik tersusun dari ruang dan waktu, ini biasanya dapat berupa senyawa organik maupun senyawa anorganik.

Ada 5 faktor yang sangat mempengaruhi penyaluran suatu organisme yaitu :

  1. Suhu

Suatu proses biologi sangat dipengaruhi sekali dengan suhu. Sebagai contoh hewan unggas membutuhkan suhu yang diperlukan untuk menjaga temperatur tubuhnya.

  1. Cahaya matahari

Cahaya sangat berpengaruh pada proses fotosintesis tumbuhan. Ketika suatu daun tidak tersinari oleh matahari maka tidak akan bisa melakukan fotosintesis (pengolahan makanan pada tumbuhan).

  1. Air

 Kebutuhan hidup yang pertama adalah air, dengan adanya air maka suatu organisme akan tumbuh dengan baik. Misalnya suatu organisme yang hipup di gurun maka dalam hidupnya akan bergantung pada ketersediaan air yang ada di gurun tersebut.

  1. Tanah

Mempunyai sususnan seperti pH, struktur dan mineral. Penyebaran suatu organisme tergantung berdasarkan kandungan sumber makanan yang ada didalam tanah.

  1. Iklim

 Cuaca yang berada pada suatu wilayah. Iklim di bagi menjadi dua yaitu :

  1. Iklim makro

iklim dalam cakupan luas seperti iklim global, dan iklim lokal.

  1. Iklim mikro

iklim yang hanya mencakup pada wilayah tertentu saja. Misalnya iklim yang terjadi pada suatu daerah yang menjadi tempat hidup organisme tertentu.

Baca Juga  Ekosistem Adalah UU Lingkungan Hidup, Energi Dan Materi Ekosistem
6. Garam

Kesentreasi kandungan garam pada air sangat berpengaruh sekali dalam     kesetimbangan organisme secara osmosis.

Komponen Biotik Dan Abiotik

Hubungan antara komponen biotik dan abiotik ini tercipta karena adanya beberapa siklus wajib yang mempunyai sifat ketergantungan, yang meliputi

  • Siklus air
  • Siklus karbon
  • Siklus sulfur
  • Siklus nitrogen

Fungsinya yaitu untuk menghindari bentuk materi yang menumpuk pada tempat tertentu. Dalam kasus ini manusia lah yang menjadi faktor utama yang membuat pencemaran lingkungan. Akibat pencemaran air yang dulunya siklik sekarang menjadi nonsiklik.

Demikian artikel ini, pasti akan bermanfaat untuk pembaca. Sampai jumpa diartikel selanjutnya

Download Pdf

  1. Pengertian, Ruang Lingkup Ekologi dan Ekosistem Pdf

  2. PENGERTIAN EKOSISTEM PDF

  3. EKOSISTEM PDF

  4. EKOSISTEM Pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.