Apa Saja Yang Ada Pada Jaringan Computer

Apa Saja Yang Ada Pada Jaringan Komputer

Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam suatu kehidupan manusia karena dengan komunikasi seseorang bisa saling berinteraksi satu sama lain. Komunikasi bisa dilakukan secara langsung dengan tatap muka dan juga bisa lewat jarak jauh. Untuk melaksanakan komunikasi jarak jauh tersebut dibutuhkan alat yang bisa menghubungkan kita dengan orang lain yang jaraknya cukup jauh. Kini di jaman era globalisasi ini, komputerisasi bukan hal yang asing lagi, kantor yang mana yang tidak menggunakan computer semuanya telah memakai computer, gengsi kalau sebuah kantor tidak menggunakan alat ini. Kantor desa saja telah memanfaatkan benda ini. Dan kini sekolah sekolah jurusan computer semakin banyak ditambah dengan kursus kursusnya. Jadi, apa saja yang ada pada pada jaringan computer itu? Yang wajib diketahui jaringannya supaya menambah pengetahuan bagi pembaca sekalian. Mari kita lihat apa saja yang ada pada pada jaringan computer itu

Pengertian Jaringan Computer

Jaringan komputer dapat diartikan sebagai sebuah rangkaian dua atau lebih komputer. Komputer-komputer ini akan dihubungkan satu sama lain dengan sebuah sistem komunikasi. Dengan jaringan komputer ini dimungkinkan bagi setiap komputer yang terjaring di dalamnya dapat saling tukar-menukar data, program, dan sumber daya komputer lainnya, seperti media penyimpanan, printer, dan lain-lain. Jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer yang berada pada lokasi berbeda dapat juga dimanfaatkan untuk mengirim surat elektronik (e-mail), mengirim file data (upload) dan mengambil file data dari tempat lain (download), dan berbagai kegiatan akses informasi pada lokasi yang terpisah. Tujuan utama dari sebuah jaringan komputer adalah sharing resource (sumber daya), dimana sebuah komputer dapat memanfaatkan sumber daya yang dimiliki komputer lain yang berada dalam jaringan yang sama.

Peralatan Jaringan Komputer

Ada beberapa peralatan yang digunakan dalam jaringan, peralatan ini sering digunakan di dalam perkantoran dan perusahan besar. Peralatan ini adalah:

  1. Network Interface Card (Kartu Antarmuka Jaringan)

Dalam memilih network interface card, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan. Pertimbangan pertimbangan ini sangat penting untuk diperhatikan, yaitu:

  • Tipe jaringan seperti Ethernet LANs, Token Ring, atau Fiber Distributed Data Interface (FDDI).
  • Tipe Media seperti Twisted Pair, Coaxial, Fiber-Optic, dan Wireless.
  • Tipe Bus seperti ISA dan PCI.
  1. PCMCIA Card (Kartu PCMCIA)

PCMCIA card adalah card jaringan yang digunakan untuk terhubung kedalam sebuah jaringan tanpa menggunakan kabel.

  1. Modem

Modem atau Modul the Modulator adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk terhubung ke jaringan internet menggunakan kabel telepon.

  1. HUB/Switch

HUB atau Switch digunakan untuk menghubungkan setiap node dalam jaringan LAN. Peralatan ini sering digunakan pada topologi star dan extended star. Perbedaan antara HUB dan Switch adalah kecepatan transfer datanya, yaitu 10:100 Mbps.

  1. Bridge

Bridge adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan. Bridge berfungsi untuk menghubungkan dan menggabungkan media jaringan yang tidak sama seperti kabel unshielded twisted pair (UTP) dan kabel fiber-optic, dan untuk menggabungkan arsitektur jaringan yang berbeda seperti Token Ring dan Ethernet. Bridge me-regenerate sinyal tetapi tidak melakukan konversi protokol, sehingga protokol jaringan yang sama (seperti TCP/IP) harus berjalan kepada kedua segemen jaringan yang terkoneksi ke bridge. Bridge dapat juga mendukung Simple Network Management Protocol (SNMP), serta memiliki kemampuan diagnosa jaringan.

Baca Juga  Apakah Lingkungan itu? Penyebab Dan Manfaatnya

Bridge hadir dalam tiga tipe dasar, yaitu Local, Remote, dan Wireless. Bridge local secara langsung menghubungkan Local Area Network (LAN). Bridge remote yang dapat digunakan untuk membuat sebuah Wide Area Network (WAN) menghubungkan dua atau lebih LAN. Sedangkan wireless bridge dapat digunakan untuk menggabungkan LAN atau menghubungkan mesin-mesin yang jauh ke suatu LAN.

  1. Router

Router adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan dengan melanjutkan paket-paket dari satu jaringan logika ke jaringan yang lain. Router banyak digunakan di dalam internetwork yang besar menggunakan keluarga protokol TCP/IP dan untuk menghubungkan semua host TCP/IP dan LAN ke internet menggunakan dedicated leased line.

  1. Crimping Tools

Crimping tools berguna untuk memotong, merapikan dan mengunci kabel UTP dalam melakukan instalasi Networking.

Jenis Jenis Jaringan Komputer

  1. Local Area Network (LAN) atau Jaringan Area Lokal

Sebuah LAN merupakan jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil. LAN umumnya dibatasi oleh area lingkungan, seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah yang berukuran tidak lebih dari sekitar satu kilometer persegi. Dalam beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya dijadikan sebuah file server, yang digunakan untuk menyimpan perangkat lunak (software) yang mengatur aktivitas jaringan, ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputer-komputer yang terhubung ke dalam network, yang disebut workstation. Kemampuan workstation biasanya lebih rendah dari file server dan mempunyai aplikasi lain, selain aplikasi untuk jaringan, di dalam harddisk. Sebagian besar LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya.

  1. Metropolitan Area Network (MAN) atau Jaringan Area Metropolitan

Sebuah MAN, pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

  1. Wide Area Network (WAN) atau Jaringan Area Skala Besar

WAN adalah jaringan yang dapat menjangkau daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara, bahkan benua. WAN biasanya menggunakan sarana satelit ataupun kabel bawah laut. Internet merupakan salah satu bentuk jaringan komputer yang termasuk dalam WAN.

Baca Juga  Tips Cara Membersihkan Telinga Pada Bayi

Orang yang terhubung ke jaringan berharap dapat berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kompatibel dan berbeda. Oleh karena itu, diperlukan sebuah mesin (gateway) guna melakukan hubungan dan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunak. Kumpulan jaringan yang ter-interkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

Fasilitas Jaringan

Beberapa fasilitas dalam jaringan komputer yang dapat digunakan, antara lain sharing, mapping, internet (browsing dan surat elektronik). Sharing digunakan untuk mengakses sumberdaya yang terdapat pada server atau suatu workstation, sehingga sumber daya ini bisa diakses oleh workstation lainnya dalam suatu jaringan. Sumberdaya ini dapat berupa printer, direktori, drive, CD-ROM, dan sebagainya.

Mapping berfungsi untuk memetakan suatu direktori pada server / workstation yang terhubung melalui jaringan, sehingga direktori tersebut seolah-olah menjadi drive lokal. Misalnya komputer B mengambil data dari komputer A, yakni direktori oet dengan cara mapping, sehingga direktori oet pada komputer B seolah-olah menjadi suatu drive lokal, yakni drive O:. Dengan demikian, komputer A disebut source, sementara komputer B disebut destination. Mapping hanya bisa dilakukan dengan syarat computer destination dan source terhubung melalui jaringan, dan direktori pada komputer source di-sharing.

Fasilitas populer lainnya adalah internet. Internet mulai berkembang pada tahun 1969, yang dikenal sebagai internetworking, yaitu hubungan komputer dari sistem yang berbeda-beda, termasuk jaringan dari sistem yang berbeda pula. Istilah Internet mulai resmi dikenal pada tahun 1980-an dengan mulai didefinisikannya protokol TCP/IP yang mengatur semua yang berkaitan dengan internet. Internet browser (disingkat sebagai browser) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet. Browser-browser yang sering digunakan, diantaranya Netscape Navigator dari Netscape Corporation dan Internet Explorer dari Microsoft.

Baca Juga  Berapakah Tensi Darah Rendah Dan Apa Penyebabnya

Surat elektronik (electronic mail atau e-mail) merupakan cara pengiriman surat atau pesan secara elektronis. E-mail telah mengubah cara-cara pengiriman surat konvensional menjadi lebih cepat dan tepat karena dengan e-mail hanya membutuhkan waktu dalam hitungan detik untuk mengirim pesan kepada seseorang. E-mail sangat cocok digunakan untuk korespondensi antara teman, kolega dan lain-lain yang tidak banyak menggunakan formalitas.

Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer mempunyai banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari hari terutama untuk membantu mempermudah pekerjaan. Secara umum ada beberapa manfaat computer bagi pengguna, yaitu :

  1. Berbagi Informasi dan sumber daya,

Dengan jaringan komputer, kita bisa memanfaatkan peralatan dan sumber daya yang ada secara fisik bersama-sama seperti hardisk, printer, dan lain-lain.

  1. Integrasi Data;

 Maksudnya adalah dengan jaringan, kita bisa menyatukan data yang terpisah oleh jarak dan waktu dengan cepat dan akurat.

  1. Aplikasi dapat digunakan bersama (multiuser),

Dengan jaringan kita bisa menggunakan suatu aplikasi yang ada pada sebuah host tanpa harus menginstalnya di komputer sendiri.

  1. Komunikasi,

 Dengan adanya jaringan, kita bisa berkomunikasi satu sama lain dengan cepat dan mudah baik suara maupun video. Contohnya sosial media.

  1. Distribusi beban kerja,

Dengan jaringan, kita bisa membagi beban kerja ke beberapa komputer sehingga proses tidak terpusat dan beban kerja menjadi ringan.

  1. Keteraturan aliran informasi,

Data yang telah dioleh jadi informasi dapat diakses dengan mudah oleh pengguna sesuai kebutuhan.

  1. Keamanan Data,

Dengan jaringan, kita dapat mengamankan data dengan memberi batasan hak akses pengguna komputer terhadap data yang ada.

  1. Hubungan berbagai jenis dan merek komputer,

Dengan adanya komputer, hubungan dan kompunikasi antar komputer yang berbeda-beda merek, jenis dan standar protokol bisa dibangun dengan mudah.

Demikian artikel ini, semoga menjadi amal ibadah dan bermanfaat bagi pembaca.

Download Pdf

  1. Tutorial Komputer dan Jaringan Pdf

  2. Jaringan Komputer Dan Pengertiannya Pdf

  3. PENGERTIAN, MANFAAT DAN JENIS JENIS JARINGAN KOMPUTER Pdf

  4. Mengenal Jaringan Komputer (PAN, LAN, MAN dan WAN) Pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.