Apa Yang Di Maksud dengan Toleransi

Apa Yang Di Maksud dengan Toleransi

Apa Yang Di Maksud dengan Toleransi?.Toleransi berasal dari bahasa Latin, yaitu tolerantia,yang artinya kelonggaran, kelembutan hati, keringanan dan kesabaran. Dari sini dapat dipahami bahwa toleransi merupakan sikap untuk memberikan hak sepenuhnya kepada orang lain agar menyampaikan pendapatnya, sekalipun pendapatnya salah dan berbeda.Dalam masyarakat berdasarkan pancasila terutama sila pertama, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa menurut agama dan kepercayaan masing-masing adalah mutlak. Semua agama menghargai manusia maka dari itu semua umat beragama juga wajib saling menghargai. Dengan demikian antar umat beragama yang berlainan akan terbina kerukunan hidup,saling tolransi dalam semua kepentingan, mengacu pada sikap terbuka, lapang dada, sukarela dan kelembutan, penuh rasa sabar, tidak egoisme dan menghargai pendapat orang lain. Apa Yang Di Maksud dengan Toleransi? mari ikuti pemecahannya dibawah ini.

Pengertian Toleransi

pengertian toleransi adalah suatu sikap yang saling menghargai dan menghormati antar individu atau kelompok di dalam masyarakat meskipun terdapat perbedaan di dalamnya, baik itu perbedaan pendapat, pandangan, agama, ras, budaya, dan perbedaan lainnya. Pendapat lain mengatakan arti toleransi adalah kemampuan atau kemauan seseorang untuk bersikap sabar dan menahan diri terhadap sesuatu, khususnya terhadap keberadaan opini atau perilaku orang lain yang mungkin tidak disetujui.

Pengertian Toleransi Menurut Para Ahli

  1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian toleransi adalah perilaku atau sikap toleran; batas ukur untuk penambahan atau pengurangan yang masih diperbolehkan; penyimpangan yang masih bisa diterima dalam pengukuran kerja.

  1. Menurut Max Isaac Dimont

Pengertian toleransi adalah pengakuan masyarakat yang majemuk yang mengakui perdamaian dan menunjukkan sikap atau perilaku yang tidak menyimpang dari aturan, serta menghargai atau menghormati setiap tindakan orang lain.

  1. Menurut J. S poerwadarminta

Toleransi adalah sikap menenggang berupa menghargai dan memperbolehkan suatu pendapat atau pandangan yang berbeda. Dalam hal ini seseorang harus menghargai pendapat orang lain yang berbeda dengan pendiriannya.

  1. Menurut Friedrich Heiler

Pengertian toleransi adalah sikap mengakui adanya pluralitas agama dan menghargai semua agama tersebut. Lebih lanjut Heiler mengatakan bahwa setiap pemeluk agama memiliki hak untuk mendapatkan perlakukan yang sama.

  1. Menurut Michael Wazler

Arti toleransi adalah sikap keniscayaan yang harus ada di dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan kata lain, sikap toleransi adalah sikap dasar yang harus dimiliki oleh setiap individu di dalam masyarakat.

Baca Juga  Pengertian Nilai

Tujuan Toleransi

Tujuan toleransi adalah untuk menciptakan suasana yang harmonis di dalam masyarakat yang majemuk. Sikap toleransi dapat menciptakan kehidupan yang lebih baik meskipun dalam masyarakat terdiri dari beragam agama, ras, suku, dan golongan. Sebagai makhluk sosial manusia dalam segala segi kehidupan tidak mampu melepaskan diri dari keterkaitannya pada orang lain. Dari keterkaitan inilah yang menjadikan orang untuk berusaha mengelimir sikap radikal dengan mempertimbangkan pihak lain, serta mengutamakan keadilan. Dari sikap tersebut menjadikan antara golongan umat beragama saling menyegani, sehingga terbina saling menghargai dan saling menghormati. Apabila setiap golongan agama mampu memelihara wibawa masing-masing. Hal ini harus disadari, walaupun agama itu milik Allah Tuhan yang maha Esa, tetapi telah diamanatkannya kepada manusia , maka kewajiban memelihara agama itu berada di tangan penganut agama itu sendiri.

Manfaat Toleransi

  1. Meningkatkan Rasa Persaudaraan.

Sikap toleransi dalam diri seseorang akan menimbulkan kasih sayang di dalam dirinya sehingga rasa persudaraan terhadap sesama anak bangsa akan semakin besar. Dengan adanya rasa persaudaraan yang tinggi maka masyarakat secara umum akan terhindar dari perpecahan.

  1. Meningkatkan Rasa Nasionalisme.

 Sikap positif dan toleransi yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari akan berdampak pada rasa nasionalisme seseorang. Dengan menyadari dan menerima bahwa Indonesia merupakan negara yang majemuk maka seseorang akan semakin cinta tanah airnya.

  1. Meningkatkan Kekuatan dalam Iman

Menghargai dan menghormati agama lain yang berbeda merupakan salah satu bentuk keimanan seseorang. Bisa dikatakan bahwa seseorang yang mampu bersosialisasi dengan orang lain yang berbeda budaya dan kepercayaan adalah orang yang memiliki iman yang kuat.

  1. Memudahkan Mencapai Kata Mufakat

Toleransi juga sangat diperlukan ketika dilakukan musyawarah untuk mencapai mufakat. Menghargai dan menghormati perbedaan pendapat orang lain akan membuat suatu masyarakat terhindar dari permusuhan dan pertikaian.

  1. Memudahkan Pembangunan Negara

Sikap toleransi setiap individu akan memudahkan proses pembangunan suatu negara. Hal tersebut terjadi karena adanya pemikiran bahwa perbedaan justru membuat suatu negara semakin kuat.

Baca Juga  Yang Dimaksud Dengan Puisi : Pengertian, Tujuan, Jenis, Ciri Dan Manfaatnya

Ciri Ciri Toleransi

  1. Menghargai dan menghormati orang lain meskipun berbeda agama, suku, dan ras.
  2. Menghargai pendapat orang lain yang berbeda.
  3. Berbuat baik kepada orang lain tanpa memandang agama, suku, dan ras.
  4. Memberikan kebebasan untuk beribadah kepada setiap orang sesuai dengan kepercayaanya dan tidak melakukan intimidasi meskipun berbeda kepercayaan.
  5. Memberikan kesempatan yang sama kepada setiap orang, meskipun berbeda agama, suku, dan ras.

Toleransi tidak cukup diidentifikasi sebagai sebuah sikap, melainkan suatu kesadaran: suatu cara berpikir yang kekhasannya terletak pada kemauan untuk saling menerima dan menghormati perbedaan. Toleransi sangat memerlukan sarana edukasi agar terus terbina sebagai kepribadian khas bangsa Indonesia.yang secara konsisten harus ditanamkan kepada setiap generasi bangsa untuk menjamin persatuan negeri dan bangsa. Hal krusial yang sama sekali tak dapat diabaikan.

Demikian artikel ini, semoga menjadi amal ibadah dan bermanfaat bagi pembaca.

Download Pdf

  1. TOLERANSI PDF

  2. TELAAH UMUM TENTANG TOLERANSI BERAGAMA PDF

  3. TOLERANSI UMAT BERAGAMA PDF

  4. Toleransi Beragama Dalam Islam Pdf

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.