Apa Yang Dimaksud Dengan Globalisasi Dunia

Apa Yang Dimaksud Dengan Globalisasi Dunia

Sudah saatnya kini dunia memasuki era globalisasi. Dengan pesatnya  ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih membuat semuanya menjadi mudah, mau tidak mau harus diterima. Indonesia kini terkena dampaknya apa yang dimaksud dengan globalisasi itu, globalisasi ini tidak akan dapat di bendung walau dengan apapun juga terima saja dengan lapang dada, tentu ada baik dan buruknya dan itu memang resiko aksi globalisasi. Kalau tidak mengikuti era globalisasi pasti akan ketinggalan zaman  negara lain akan mentertawai, ikuti saja yang penting jaga martabat bangsa dan persatuan Indonesia. Jadi, apa yang dimaksud dengan globalisasi itu ? akan dibahas  berikut ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan Globalisasi

Globalisasi adalah  berasal dari kata Globalization. Global artinya dunia sedangkan lization artinya adalah prosed. Secara bahasa arti Globalisasi yaitu suatu proses yang mendunia, suatu proses yang membuat manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lainnya tanpa batas waktu dan jarak yang didukung dengan teknologi, transportasi dan ilmu pengetahuan. Orang mengatakan globalisasi adalah dunia satu atap. Mungkinkah global warming efek buruk dari globalisasi?  Para ahli mendefinisikan pengertian dari globalisasi. Beberapa diantaranya pengertian globalisasi adalah sebagai berikut:

  • Globalisasi adalah suatu hubungan sosial yang mendunia yang kemudian terhubung satu sama lain sehingga antara kejadian dari tempat yang berbeda bisa berdampak juga bagi tempat yang lain. (Anthony Giddens),
  • Globalisasi adalah terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluru dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah yang sama. (Selo Soemardjan).
  • Globalisasi adalah tindakan dari suatu proses atau pengambilan kebijakan yang menjadikan sesuatu mendunia, baik dalam lingkupnya ataupun aplikasinya. (The American Heritage Dictionary).

Menurut teori Cochrane dan Pain bahwa globalisasi dipengaruhi oleh tiga pelaku utama, yaitu;

  • Para Globalis, yaitu mereka yang percaya bahwa globalisasi merupakan suatu kenyataan yang mengandung konsekuansi nyata terhadap bagaimana orang dan lembaga di seluruh dunia berjalan.
  • Para Tradisionalis, yaitu mereka yang tidak percaya bahwa globalisasi sedang terjadi dan menganggapnya sebagai mitos atau sesuatu yang dilebih-lebihkan.
  • Para Transformalis, yaitu mereka yang berada di tengah-tengah para globalis dan tradisionalis. Mereka percaya bahwa globalisasi tengah berlangsung, namun menganggap pengaruh globalisasi terlalu dibesar-besarkan oleh para globalis.
Baca Juga  Pengertian Nilai

Penyebab  Terjadinya  Globalisasi

Globalisasi/ mendunia  berarti sedunia booming  dengan kejadian ini, sudah tidak di pungkiri lagi dampaknya akan terasa di negara negara berkembang, seiring dengan itu  kemajuan pesat bagi negara maju akan berpikir lagi bahwa negaranya  harus menjadi negara super, maka dengan itu hasilnya  menyebar ke seluruh dunia, seperti :

  • Kemajuan teknologi, informasi, komunikasi & transportasi, dengan kemajuan ini memudahkan pengguna untuk memanfaatkan dan menikmatinya
  • Pesatnya pertumbuhan sektor kepariwisataan, karena banyaknya di buka obyek obyek pariwisata terutama di daerah yang merupakan menjadi aset  penghasilan bagi daerahnya, begitupun dengan  turis lokal maupun turis luar sudah bosan dengan obyek wisata kota, mereka ingin hal yang baru dan dengan tempat wisatanya yang lebih menarik. Namun dalam hal ini pemerintah sektor pariwisata memegang peranan penting.
  • Kerangka sistem moneter & perdagangan dunia yg relatif mapan
  • Penggunaan bahasa inggris sebagai bahasa internasional

Jelas, semakin maju informasi dan komunikasi bahasa internasional sangat diutamakan, pembelajaran bahasa inggris ditingkatkan

  • Penggunaan mata uang dollar sebagai mata uang internasional
  • Munculnya kekuatan ekonomi yg berimbang antara Amerika, Eropa barat, & Asia Timur

Terjadinya era globalisasi akan mengalami proses yang menghasilkan  segi positif dan segi negatif  yang berdampak di masyarakat, misalnya :

 Dampak Positifnya

  • Mudah dalam memenuhi segala kebutuhan hidup
  • Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan, seperti internet telah merambah ke pedesaan, begitupun dengan kemajuan handphone yang sekarang bukan lagi barang aneh
  • Menumbuhkan sikap kosmopolitan dan toleran
  • Memacu diri untuk meningkatkan kualitas diri, persaingan hidup yang berkualitas
  • Mudah untuk melakukan komunikasi
  • Cepat dan mudah dalam bepergian, semakin banyak bak jamur di musim hujan perusahaan dibidang angkutan
Baca Juga  Apa Itu Kapitalisme - Yang Dimaksud Kapitalisme Adalah

Dampak Negatifnya

  • Perilaku konsumtif, tingkat kemajuan ekonomi kalah dengan kemajuan teknologi elektronika dan informatika, sebagai contoh dapat dilihat kehidupan di desa
  • Mudah terpengaruh oleh hal-hal yang berbau barat, kurangnya menanamkan budaya daerah
  • Informasi yang tidak tersaring, efek, reaksi dari globalisasi yang tidak dapat ditolak, bidang keagamaan harus lebih berperan.
  • Pemborosan pengeluaran dan meniru perilaku yang buruk, akibat hidup konsumtif yang mendahulukan kebutuhan sekunder, memenuhi keinginan yang kurang bermanfaat bagi keluarga
  • Membuat sikap menutup diri, berpikir sempit, efek dari kemajuan teknologi karena terobsesi itu
  • Egois, apatis, karena era globalisasi orang akan merasa paling tau, tidak peduli, acuh tak acuh, cuek, dalam kehidupannya.

Menangkal Globalisasi

Pada akhirnya globalisasi akan tembus pada iman seseorang meskipun dindingnya kuat dan tahan namun semakin derasnya era ini yang terus menerus menghujani masyarakat. Bagaimana nantinya kehidupan ini, menangkal globalisasi sangat penting dan harus ditanamkan kehidupan yang agamis pada semua lapisan masyarakat dengan bekerja bersama sama yang maksimal antara  semua agama dan pemerintah yang terus berkelanjutan, lebih memfilter segala budaya asing yang masuk, meningkatkan, membudayakan, memajukan, menghargai, membiayai dan mencintai budaya daerah/ lokal

Demikian artikel ini, mudah mudahan menjadi amal ibadah dan bermanfaat bagi  pembaca.

Download Pdf

  1. Globalisasi Pdf

  2. GLOBALISASI Karakteristik & Implikasinya1 Pdf

  3. PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN PDF

  4. PENGARUH GLOBALISASI INFORMASI TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL
    BUDAYA PDF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.