Apa Yang Dimaksud Konsumsi Dan Konsumen Itu?

Apa Yang Dimaksud Konsumsi Dan Konsumen Itu?

Konsumsi cenderung diartikan kepada makanan minuman apa yang di makan dan di minum oleh manusia, padahal arti konsumsi begitu luas, bukan saja di bidang makanan dan minuman atau pangan tetapi di bidang sandang dan papan yang sipatnya di beli untuk memenuhi kebutuhan hajat hidupnya,  ada yang hanya sekali digunakan langsung habis, ada juga yang tidak langsung habis tapi habisnya secara perlahan-lahan. Jadi, apa yang dimaksud konsumsi dan konsumen itu? Mari ikuti penjelasannya

Pengertian Konsumsi

Konsumsi itu adalah suatu kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan, baik secara berangsur-angsur maupun sekaligus. Orang yang melakukan komsumsi disebut konsumen. konsumen adalah semua pihak yang menggunakan barang/ jasa yang ada di masyarakat, baik untuk kepentingan pribadi, orang lain, dan mahluk hidup lainnya dan tidak untuk dijual kembali.

Pengertian Konsumen

Pengertian konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/ atau jasa yang tersedia di masyarakat, baik bagi kebutuhan diri sendiri, keluarga, orang lain, atau mahluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. sebagian besar konsumen adalah pengguna akhir dari suatu barang/ jasa.

Tujuan Konsumsi

Yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup secara langsung, penggunaan terhadap barang atau jasa diluar tujuan tersebut tentunya tidak termasuk sebagai kegiatan konsumsi. Contoh yang Bukan termasuk kedalam kegiatan konsumsi misalnya seperti: seorang sopir angkutan yang mengangkut penumpang setiap pagi sampai siang hari, hal seperti ini termasuk kedalam kegiatan produksi bukan konsumsi.

Tujuan Konsumen

Adalah untuk memaksimalkan kepuasan total sebagai suatu keadaan yang mencerminkan suatu kebutuhan, keinginan dan harapan konsumen dapat terpenyhi melalui produk, barang dan jasa yang dikonsumsinya.

Baca Juga  Penyebab Kenapa Ada Jerawat Tumbuh Di Telinga

Macam-macam Jenis Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi dapat dibagi berdasarkan pelaku utama kegiatan konsumsi, yaitu :

  1. Konsumsi rumah tangga.

Keluarga adalah sekumpulan orang yang tinggal dalamsatu rumah sebagai unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas ayah, ibu, dan anak. Namun, rumah tangga dalam arti ekonomi ialah sekelompok manusia yang hidup dalam norma atau aturan tertentu.Tingkat konsumsi suatu keluarga dapat berbeda dengan keluarga lainnya, karena dipengaruhi oleh faktor tingkat pendapatan keluarga, jumlah anggota keluarga, gaya hidup, dan latar belakang budaya atau tempat tinggal.

  1. Konsumsi perusahaan.

Sebagai satuan unit dari faktor-faktor produksi yangmelakukan proses menghasilkan barang atau jasa,perusahaan juga melakukan kegiatan konsumsi untukdapat menjalankan usahanya. Dengan demikian,perusahaan bertindak sebagai produsen dan konsumen.

  1. Konsumi pemerintah

Negara juga bertindak sebagai konsumen dan produsen.Tujuan konsumsi yang dilakukan oleh negara selaluberorientasi untuk melayani pemenuhan kebutuhanmasyarakat. Setiap pengeluaran harus direncanakan dandisetujui oleh DPR dalam bentuk RAPBN. Apabila telahdisetujui maka pemerintah berkewajiban untukmenjalankannya dalam bentuk APBN.

Ciri Ciri Konsumsi

Terdapat beberapa ciri ciri konsumsi diantaranya :

  1. Ada Barang Konsumsi

Adanya barang konsumsi. Seperti yang kita ketahui bersama, aktivitas konsumsi merupakan aktivitas menghabiskan nilai guna suatu barang konsumsi. Sehingga, untuk bisa menjalankan aktivitas konsumsi, maka kita membutuhkan barang konsumsi sebagai objeknya.

  1. Ada Kebutuhan / Keinginan

Adanya kebutuhan atau pun keinginan. Aktivitas konsumsi biasanya dilandasi oleh adanya kebutuhan atau pun keinginan. Tanpa kebutuhan / keinginan, konsumen biasanya tidak akan menggunakan barang apa pun.

  1. Manfaat Barang Habis / Berkurang

Berkurangnya / habisnya manfaat suatu barang. Seperti yang kita ketahui bersama, ketika barang digunakan, maka secara otomatis barang tersebut akan berkurang / habis manfaatnya.

Ciri Ciri Konsumen

Ada dua ciri ciri konsumen diantaranya :

  1. Personal Consumer

Yaitu konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.

  1. Organizational Consumer

konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.

Baca Juga  40 Hari Ciri Ciri Orang Mau Meninggal Menurut Islam

Manfaat Konsumsi

Ada beberapa manfaat konsumsi untuk kebutuhan manusia

  1. Mengurangi nilai guna barang secara bertahap

untuk mengurangi nilai guna barang secara bertahap, biasanya digunakan sebagai istilah bagi konsumsi bentuk produk yang tak habis pakai.

  1. Menghabiskan nilai guna barang sekaligus

untuk menghabiskan nilai guna barang secara sekaligus, biasanya digunakan sebagai istilah bagi konsumsi bentuk produk yang langsung habis sekali pakai

  1. Memuaskan kebutuhan secara fisik

untuk memuaskan kebutuhan fisik, contohnya membeli pakaian, kosmetik, perlengkapan dan fasilitas olahraga serta segala benda yang bisa memenuhi segala kebutuhan fisik manusia

  1. Memuaskan kebutuhan secara rohani

untuk memenuhi kebutuhan secara rohani bagi manusia diartikan sebagai benda atau jasa yang dapat menghadirkan kebahagiaan, kepuasan dan ketenangan.

Manfaat Konsumen

Manfaat konsumen akan terasa oleh penjual barang dan jasa, penjual sandang pangan dan papan, dan sebagai konsumen akan merasa puas membelanjakan uangnya untuk kepuasan sendiri, keluarga dan orang lain, yang barang cocok dan sesuai dengan keinginannya.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat bagi pembaca.

Download Pdf

  1. Pengertian Konsumsi dalam Islam Pdf

  2. Perilaku Konsumen pada Pasar Konsumsi Pdf

  3. TEORI KONSUMSI (PERILAKU KONSUMEN) Pdf

  4. ANALISIS POLA PERILAKU KONSUMSI Pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.