Apakah Energi itu? Pengertian, Jenis Dan Manfaatnya

Apakah Energi itu? Pengertian, Jenis Dan Manfaatnya

Semua mahluk hidup yang ada di muka bumi ini akan selalu membutuhkan energi. Energi itu daya atau kemampuan melakukan proses kegiatan Energi mempunyai keuntungan bagi manusia dan mahluk hidup lainnya, tetapi energi juga dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi lingkungan. Salah satunya yaitu menyebabkan hujan asam yang tidak baik bagi kehidupan manusia. Jadi apakah energi itu? Pengertian jenis dan manfaatnya untuk kehidupan. Mari simak jawabannya di bawah ini.

Pengertian Energi

Energi adalah daya kerja atau tenaga. Energi berasal dari bahasa Yunani yaitu Energia yang merupakan kemampuan untuk melakukan usaha. Energi merupakan besaran yang kekal, artinya enegi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, tetapi dapat diubah dari bentuk satu ke bentuk yang lain. Setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia membutuhkan energi. Energi disebut juga sebagai tenaga. Definisi energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha.

Pengertian Energi Menurut Para Ahli

  1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian energi adalah daya atau kekuatan yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan.

  1. Menurut Robert L. Wolke

Pengertian energi adalah suatu kemampuan untuk dapat membuat suatu hal terjadi.

  1. Menurut Michael J, Moran

Pengertian energi adalah sesuatu konsep dasar termodinamika dan merupakan salah satu aspek penting dalam analisis teknik.

  1. Menurut Arif Alfatah dan Muji Lestari

Pengertian energi adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh benda agar benda dapat melakukan usaha.

  1. Menurut Campbell, Reece dan Mitchell

Pengertian energi adalah kemampuan untuk mengatur ulang sebuah materi.

Jenis Jenis Energi

  1. Energi Yang Dapat Diperbaharui

 

  • Energi Surya

Energi surya adalah energi yang dikumpulkan langsung dari cahaya matahari. Matahari adalah sumber yang paling kuat energi. Sinar matahari, atau energi surya, dapat digunakan untuk pemanasan rumah, pencahayaan, pembangkit listrik, pemanas air, dan berbagai proses industri.

  • Energi Angin

Angin adalah gerakan udara yang terjadi ketika naik nya udara hangat dan udara dingin lalu bergegas untuk menggantinya. Energi angin telah digunakan selama berabad abad untuk kapal layar dan kincir angin. Kini, energi angin ditangkap oleh turbin angin dan digunakan untuk menghasilkan listrik.

  • Energi Air

Air yang mengalir ke hilir merupakan kekuatan. Air adalah sumber daya yang dapat diperbaharui, terus diisi oleh siklus global penguapan dan curah hujan. Air yang mengalir dapat digunakan untuk memutar turbin yang mendorong proses mekanis untuk memutar generator. Energi air  yang mengalir dapat digunakan untuk menghasilkan listrik.

  • Energi Biomassa

Biomassa telah menjadi sumber energi penting sejak orang pertama mulai membakar kayu untuk memasak makanan dan menghangatkan diri melawan dinginnya musim dingin. Kayu masih merupakan sumber yang paling umum dari energi biomassa, tetapi sumber-sumber lain dari energi biomassa meliputi tanaman pangan, rumput dan tanaman lain. Biomass yang diproduksi dengan teknik pertanian, seperti biodiesel, etanol, dan bagasse.

  • Hidrogen

Hidrogen memiliki potensi yang luar biasa sebagai sumber bahan bakar dan energi, tetapi teknologi yang dibutuhkan untuk mewujudkan potensi ini masih dalam tahap awal. Hidrogen adalah elemen paling umum di Bumi. Air adalah dua-pertiganya hidrogen, tapi hidrogen di alam selalu ditemukan dalam kombinasi dengan unsur lainnya. Setelah dipisahkan dari unsur-unsur lain, hidrogen dapat digunakan untuk menggerakkkan kendaraan, menggantikan gas alam untuk pemanasan dan memasak, dan untuk menghasilkan listrik.

  • Energi Panas Bumi

Istilah ‘panas bumi’ digunakan untuk energi panas yang berasal dari perut bumi. Listrik panas bumi dibangkitkan dengan cara memanfaatkan uap yang keluar dari pipa yang ditanam ke perut bumi sebagai hasil pemanasan sumber air resapan di sekitar sumur panas bumi. Uap tersebut kemudian dimanfaatkan langsung untuk memutar turbin atau memanaskan penukar panas untuk menghasilkan tekanan yang kemudian digunakan untuk memutar turbin dan menghasilkan listrik melalui generator.

  • Energi Samudera

Lautan menyediakan beberapa bentuk energi terbarukan, dan masing-masing didorong oleh kekuatan yang berbeda. Energi dari gelombang laut dan pasang surut dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik, dan energi termal laut-dari panas yang tersimpan dalam air laut-dapat juga diubah menjadi listrik.

  1. Energi yang tidak dapat diperbaharui

  • Bahan Bakar Fosil

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahan bakar fosil terdiri dari minyak bumi, gas bumi dan batu bara. Sumber energi ini berasal dari makhluk hidup dan mikroorganisme yang hidup selama jutaan tahun silam dan terkubur di dalal perut bumi. Akibat dari pengaruh tekanan dan suhu tinggi membuat fosil-fosil tersebut berubah menjadi gelembung-gelembung minyak dan gas, sedangkan batu bara terbentuk karena proses penguraian yang tidak sempurna.

  • Minyak Bumi

Minyak bumi cairan kental berwarna hitam yang sebagian besar terdiri dari hidrokarbon sehingga bila dibakar akan menghasilkan gas karbon dioksida dan air. Minyak bumi dapat ditemukan dibawah perut bumi dengan kedalaman 500-3000 meter bahkan lebih dari itu. Untuk itu minyak bumi ini harus dipompa keluar dan dialirkan ke instalasi

Baca Juga  Mengecilkan Pipi Secara Alami Tanpa Operasi Maupun Alat

penyulingan minyak untuk diproses lebih lanjut sehingga menghasilkan berbagai macam jenis bahan bakar, seperti bensin, solar, minyak tanah, avtur dan lain sebagainya. Selain itu, hasil olahan minyak bumi masih dapat diolah lebih lanjut pada industri petrokimia sehingga menghasilkan berbagai macam produk lain, seperti misalnya plastik, pupuk, alat kosmetik dan serat kain.

  • Gas Bumi

Pada dasarnya, proses pembentukan minyak bumi selalu diikuti oleh pementukan gas bumi, sehingga sering ditemukan sumur minyak yang didalamnya terdiri dari minyak bumi dan gas alam. Gas bumi sebagian besar terdiri dari metana (CH4), yaitu sekitar 75-95% dan sedikit karbon dioksida serta belerang. Gas bumi dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dengan bahan bakar gas. Selain sebagai pemasok sumber energi, gas bumi dapat juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk, karena gas bumi mengandung metana (CH4) dalam jumlah yang besar.

  • Batu Bara

Proses pembentukan batu bara mirip dengan pembentukan sumber energi fosil lainnya. Batu bara berasal dari makhluk hidup dan mikroorganisme yang mati dan terkubur selam berjuta tahun, setelah melalui proses yang panjang disertai pengaruh suhu dan pergerakan lapisan bumi sehingga menghasilkan lapisan-lapisan yang tebal dan tertimbun di dalam tanah (batu bara). Pengambilan batu bara dari dalam bumi dilakukan dengan cara penambangan, selanjutnya batu bara tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik.

  • Bahan Bakar Nuklir

Sumber energi yang tidak dapat diperbaharui lainya yaitu bahan bakar nuklir. Uranium merupakan bahan bakar nuklir utama, seperti halnya batu bara, bahan bakar nuklir juga terdapat didalam lapisan tanah sehingga untuk mengeksploitasinya dibutuhkan proses penambangan. Energi dari uranium tidak dilepaskan melalui proses pembakaran tetapi melalui proses reaksi khusus berupa pemisahan inti atom yang akan menghasilkan energi yang sangat besar. Pemisahan satu atom akan melepaskan beberapan neutron yang akan membantu proses pemisahan atom uranium lainnya. Dalam proses pemisahan tersebut akan berlangsung sangat cepat disertai energi tinggi berupa energi panas.

Baca Juga  Bagaimanakah Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga Sosial

Manfaat Energi

Ada beberapa manfaat energi bagi kehidupan manusia

  1. Untuk Aktivitas Mahkluk Hidup

Makhluk hidup bisa beraktivitas karena energi yang didapat dari metabolisme. Pada tanaman dan alga energi didapat dari metabolisme hasil fotosintesis. Pada hewan, jamur dan bakteri, energi did apat dengan mengkonsumsi makhluk hidup lain.

  1. Untuk Transportasi

Energi digunakan untuk menggerakkan alat transportasi seperti mobil dan kereta api. Pada mobil energi kimia di minyak diubah menjadi energi panas dengan dibakar, lalu energi panas ini diubah menjadi energi mekanik di mesin mobil. Peristiwa serupa terjadi pada kereta api dan kapal laut. Pada kereta rel listril (KRL) energi yang digunakan adalah energi listrik yang diubah menjadi energi kinetic secara langsung.

  1. Untuk Penerangan

Penerangan memungkinkan aktivitas pada kondisi gelap, dengan menggunakan lampu yang mengubah energi listrik menjadi cahaya, atau dengan api yang menggubah energi kimia di bahan bakar menjadi energi panas dan cahaya.

  1. Untuk Penyembuhan Penyakit

Radiasi elektormagnetik memiliki energi yang dapat digunakan untuk membunuh sel kanker. Terapi radiasi ini banyak digunakan untuk menyembuhkan orang yang terkena kanker.

  1. Untuk Hiburan

Energi listrik dapat diubah menjadi gelombang bunyi yang digunakan untuk musik pada radio, televisi atau alat musik listrik. Energi listrik juga digunakan untukmemunculkan gambar pada monitor televisi.

Demikian artikel ini mudah mudahan menjadi amal ibadah dan bermanfaat bagi pembaca

Download Pdf

  1. Energi Pdf

  2. Energi dan Penggunaannya Pdf

  3. Energi : Macam, Konversi, dan Konservasi Pdf

  4. Energi Terbarukan Pdf

  5. Ketahanan Energi Pdf

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.