Apakah Kegiatan Ekonomi Itu?

Apakah Kegiatan Ekonomi Itu?

Untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia wajib hukumnya mencari napkah bagi diri sendiri,  dan keluarga. Dengan berbagai jenis aktivitas usaha manusia demi memenuhi hajat hidupnya yang disebut juga kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi terjadi dimana mana, kapan saja dan siapa jasa, tentunya dengan satu tujuan yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya bersama keluarga, saudara dan orang lain. Jadi, apakah kegiatan ekonomi itu? Mari ikuti penjelasannya berikut ini.

Pengertian Kegiatan Ekonomi

Pengertian kegiatan ekonomi yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan barang atau jasa tertentu sesuai dengan kebutuhannya, sebagai cara untuk mendapatkan maupun mencapai tujuan. Dalam hal ini barang dan jasa. Jadi, dapat dikatakan bahwa kegiatan ekonomi bertujuan untuk kemakmuran hidup individu. Secara umum, kegiatan ekonomi tersebut terdiri dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Masing-masing kegiatan tersebut (produksi, distribusi, dan konsumsi) saling terkait dan tidak terpisahkan satu dengan lainnya.

Tujuan Kegiatan Ekonomi

Umumnya untuk memenuhi kebutuhan manusia, yaitu secara :

  • Primer

Kebutuhan primer/ pertama, merupakan kebutuhan pokok yang harus ada dan tidak boleh tidak ada sebab menyangkut dengan kehidupan manusia.

  • Sekunder

Kebutuhan manusia yang sifatnya tambahan sebagai pelengkap dari kebutuhan primer yang merupakan kebutuhan yang dapat mendukung kehidupan manusia agar dapat berlangsung lebih baik lagi.

  • Tersier

Kebutuhan yang sifatnya tidak terlalu penting tergantung pada kemampuan ekonomi seseorang, contohnya punya mobil atau tidak, masih bisa jalan untuk bepergian.

Jenis Jenis Kegiatan Ekonomi

Manusia dalam kehidupan sehari hari tidak lepas dari kegiatan ekonomi, secara umum kegiatan ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :

  1. Kegiatan Produksi

Kegiatan ini adalah pekerjaan yang menghasilkan suatu produk, barang dan jasa. Dengan berproduksi ini maka diharapkan barang/ jasa yang dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Baca Juga  Ciri Ciri Syair Bahasa Indonesia

Kegiatannya menghasilkan barang barang sebagai berikut :

  • Barang Mentah

Adalah barang yang baru dihasilkan oleh alam, belum melalui proses produksi apapaun dan belum tentu dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang mentah biasa juga disebut dengan bahan baku. Barang mentah bisa saja langsung dikonsumsi, akan tetapi tidak akan memberikan hasil yang maksimal.

  • Barang Setengah Jadi

Adalah barang yang sudah diproses, tetapi belum dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan memerlukan proses lebih lanjut

  • Barang Jadi

Adalah barang yang telah diproses secara tuntas sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

  1. Kegiatan Distribusi

Kegiatan distribusi adalah kegiatan menyalurkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dari produsen ke konsumen sehingga produk tersebut tersebar luas ke masyarakat yang membutuhkan.

Distribusi bertujuan untuk:

  • Pemerataan pemenuhan masyarakat di berbagai daerah,
  • Menstabillkan harga barang/jasa,
  • Menjaga kelangsungan hidup perusahasaan,
  • Menjaga kesinambungan kegiatan produksi,
  • Mempercepat sampainya produksi ke tangan konsumen
  1. Kegiatan Konsumsi

Kegiatan ini mencakup kebutuhan manusia selama hidupnya dalam aktivitas penggunaan atau memakai barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen.

Manfaat Kegiatan Ekonomi

Ada  beberapa manfaat kegiatan ekonomi, diantaranya:

  • Untuk menambah devisa Negara
  • Untuk menambah pendapatan masyarakat
  • Memberikan peluang untuk menyerap tenaga kerja
  • hubungan dagang dengan negara lain
  • eskpor dan impor antar negara
  • masuknya budaya asing

Pelaku Kegiatan Ekonomi

Terdiri dari beberapa pelaku kegiatan ekonomi, diataranya :

  1. Rumah tangga

Rumah tangga adalah pemilik dari berbagai faktor produksi yang tersedia dalam perekonomian. Sektor ini menyediakan tenaga kerja dan usahawan, selain itu sektor ini memiliki faktor faktor produksi yang lain yaitu barang barang modal, kekayaan alam, dan harta tetap seperti tanah dan bangunan. Sebagai balas jasa tehadap penggunaan berbagai jenis faktor produksi ini maka sektor perusahaan akan memberikan berbagai jenis pendapatan kepada sektor rumah tangga.

  1. Perusahaan

Perusahaan adalah organisasi yang di kembangkan oleh seseorang atau sekumpulan orang dengan tujuan untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa yang di butuhkan masyarakat, seorang atau sekumpulan orang tersebut.

  1. Pemerintah

Pemerintah adalah badan badan pemerintah yang di beri tugas untuk mengatur kegiatan ekonomi. Badan badan seperti itu termasuk berbagai departemen pemerintahan, badan yang mengatur penanaman modal, Bank central, Parlemen, Pemerintah daerah, angkatan bersenjata dan sebagainya. Badan badan tersebut akan mengawasi kegiatan rumah tangga dan perusahaan supaya mereka melakukan kegiatan dengan cara yang wajar dan tidak merugikan masyarakat secara keseluruhan.

Baca Juga  Yang Dimaksud Pemeriksaan Telinga Adalah

Demikianlah artikel ini semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Download Pdf

  1. Kegiatan  Ekonomi Pdf

  2. KEGIATAN EKONOMI PDF

  3. KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT PDF

  4. KONSEP DASAR ILMU EKONOMI PDF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.