Apakah Komunikasi Itu? Manfaat, Proses, Unsur Dan Jenis Jenisnya

Apakah Komunikasi Itu? Manfaat, Proses, Unsur Dan Jenis Jenisnya

Mahluk hidup yang namanya manusia dalam aktifitas sehari hari tidak lepas dari komunikasi, bahkan mahluk lainpun sama dengan manusia saling komunikasi, saling berinteraksi dengan sesamanya. Pesatnya teknolologi kini telah merubah segalanya cara berkomunikasi, apalagi sekarang saatnya era globalisasi yang mau tidak mau harus diterima. Berbagai cara bentuk komunikasi bukan saja ngobrol atau dialog tapi senyuman, anggukan kepala sama termasuk itu. Komunikasi terjadi tanpa melalui sebuah proses, komunikasi biasanya dimulai dengan adanya bahan pembicaraan yang dilontarkan oleh pembicara yang kemudian diterima oleh penerima. Jadi, Apakah Komunikasi Itu? Manfaat, Proses, Unsur Dan Jenis Jenisnya, akan dibahas dibawah ini.

Pengertian Komunikasi

 suatu aktivitas penyampaian informasi, baik itu pesan, ide, dan gagasan, dari satu pihak ke pihak lainnya. Biasanya aktivitas komunikasi ini dilakukan secara verbal atau lisan sehingga memudahkan kedua belah pihak untuk saling mengerti. Istilah komunikasi berasal dari kata Latin Communicare atau Communis yang berarti sama atau menjadikan milik bersama.

Proses Komunikasi

Proses komunikasi adalah bagaimana sang komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Proses Komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yag efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya).

Komunikasi Menurut Para Ahli

Komunikasi menurut Aristoteles

Aristoteles menerangkan tentang model komunikasi dalam bukunya Rhetorica, bahwa setiap komunikasi akan berjalan jika terdapat 3 unsur utama :

  1. Pembicara, yaitu orang yang menyampaikan pesan
  2. Apa yang akan dibicarakan (menyangkut Pesan nya itu sendiri)
  3. Penerima, orang yang menerima pesan tersebut.

Komunikasi menurut David K.Berlo

Komunikasi David K.Berlo, diketahui bahwa komunikasi terdiri dari 4 Proses Utama yaitu SMRC (Source, Message, Channel, dan Receiver) lalu ditambah 3 Proses sekunder, yaitu Feedback, Efek, dan Lingkungan.

Baca Juga  Yang Dimaksud Dengan Puisi : Pengertian, Tujuan, Jenis, Ciri Dan Manfaatnya

Source (Sumber)

 Sumber adalah seseorang yang memberikan pesan atau dalam komunikasi dapat disebut sebagai komunikator. Walaupun sumber biasanya melibatkan individu, namun dalam hal ini sumberjuga melibatkan banyak individu. Misalnya, dalam organisasi, Partai, atau lembaga tertentu. Sumber juga sering dikatakan sebagai source, sender, atau encoder.

Message (Pesan)

 pesan adalah isi dari komunikasi yang memiliki nilai dan disampaikan oleh seseorang (komunikator). Pesan bersifat menghibur, informatif, edukatif, persuasif, dan juga bisa bersifat propaganda. Pesan disampaikan melalui 2 cara, yaitu Verbal dan Nonverbal. Bisa melalui tatap muka atau melalui sebuah media komunikasi. Pesan bisa dikatakan sebagai Message, Content, atau Information

Jenis Jenis Komunikasi

Komunikasi Verbal

  • Vocabulary (perbendaharaan kata-kata).

Komunikasi tidak akan efektif bila pesan disampaikan dengan kata-kata yang tidak dimengerti, karena itu olah kata menjadi penting dalam berkomunikasi.

  • Racing (kecepatan).

Komunikasi akan lebih efektif dan sukses bila kecepatan bicara dapat diatur dengan baik, tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.

  • Intonasi suara

Akan mempengaruhi arti pesan secara dramatik sehingga pesan akan menjadi lain artinya  bila diucapkan dengan intonasi suara yang berbeda. Intonasi suara yang tidak proposional merupakan hambatan dalam berkomunikasi.

  • Humor

Dapat meningkatkan kehidupan yang bahagia. Dugan (1989), memberikan catatan bahwa dengan tertawa dapat membantu menghilangkan stress dan nyeri. Tertawa mempunyai hubungan fisik dan psikis dan harus diingat bahwa humor adalah merupakan  satu-satunya selingan dalam berkomunikasi.

  • Singkat dan jelas.

Komunikasi akan efektif bila disampaikan secara singkat dan jelas, langsung pada pokok permasalahannya sehingga lebih mudah dimengerti.

  • Timing (waktu yang tepat)

 Suatu hal kritis yang perlu diperhatikan karena berkomunikasi akan berarti bila seseorang bersedia untuk berkomunikasi, artinya dapat menyediakan waktu untuk mendengar atau memperhatikan apa yang disampaikan.

Baca Juga  Pengertian atau Definisi Iman Secara Harfiah Adalah

Komunikasi Non Verbal

Komunikasi non verbal adalah penyampaian pesan tanpa kata-kata  dan komunikasi non verbal memberikan arti  pada komunikasi verbal.

  • Ekspresi wajah

Wajah merupakan sumber yang kaya dengan komunikasi, karena ekspresi wajah cerminan suasana emosi seseorang.

  • Kontak mata

Merupakan sinyal alamiah untuk berkomunikasi. Dengan mengadakan kontak mata selama berinterakasi atau tanya jawab berarti orang tersebut terlibat dan menghargai lawan bicaranya dengan kemauan untuk memperhatikan  bukan sekedar mendengarkan. Melalui kontak mata  juga memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengobservasi yang lainnya.

  • Sentuhan

Yaitu bentuk komunikasi personal  mengingat sentuhan lebih bersifat spontan dari pada komunikasi verbal. Beberapa pesan  seperti perhatian yang sungguh-sungguh, dukungan emosional, kasih sayang  atau simpati dapat dilakukan melalui sentuhan.

  • Postur tubuh dan gaya berjalan.

Cara seseorang berjalan, duduk, berdiri dan bergerak memperlihatkan ekspresi dirinya. Postur tubuh dan gaya berjalan merefleksikan emosi, konsep diri, dan tingkat kesehatannya.

  • Sound (Suara).

Rintihan, menarik nafas panjang, tangisan juga salah satu ungkapan  perasaan  dan pikiran  seseorang yang dapat dijadikan komunikasi. Bila dikombinasikan dengan semua bentuk komunikasi  non verbal lainnya  sampai desis  atau suara  dapat menjadi pesan yang sangat  jelas.

  • Gerak isyarat

adalah yang dapat mempertegas pembicaraan . Menggunakan isyarat sebagai bagian total dari komunikasi seperti mengetuk-ngetukan kaki atau mengerakkan tangan  selama berbicara menunjukkan seseorang dalam keadaan  stress  bingung atau sebagai upaya untuk menghilangkan stress.

Unsur unsur komunikasi

  • Sumber

Adalah dasar yang digunakan dalam penyampaian pesan dan digunakan dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri.

  • Komunikator

Dalam komunikasi, setiap orang ataupun kelompok dapat menyampaikan pesan-pesan komunikasi itu sebagai suatu proses, dimana komunikator dapat menjadi komunikan dan sebaliknya komunikan dapat menjadi komunikator.

  • Pesan

Adalah keseluruhan dari apa yang disampaikan oleh komunikator. Pesan dapat secara panjang lebar mengupas berbagai segi, namun inti pesan dari komunikasi akan selalu mengarah kepada tujuan akhir komunikasi itu.

  • Channel / Saluran

Adalah saluran penyampaian pesan, biasa juga disebut dengan media. Media komunikasi dapat dikategorikan dalam 2 bagian:

  • Media umum : radio CB, OHP dan sebagainya
  • Media massa : pers, radio, film dan televisi
  • Efek

Adalah hasil akhir dari suatu komunikasi, yakni sikap dan tingkah laku orang, sesuai / tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Apabila sikap dan tingkah laku orang lain itu sesuai, maka itu berarti komunikasi berhasil, demikian juga sebaliknya.

Baca Juga  Pengertian Media

Manfaat Komunikasi

Terbagi menjadi 2 manfaat yaitu :

  1. Secara teoritis

Dapat memberikan informasi

Dapat memberikan hiburan

Dapat memberikan pengaruh orang lain

Dapat mengenal diri sendiri dan orang lain

Dapat mengenal dunia luar

Dapat menciptakan dan memelihara hubungan menjadi bermakna

Mengubah sikap dan perilaku

Dapat membantu orang lain

Dapat mengemukakan kebutuhan dan kepentingan, dan lain-lain.

  1. Secara praktis

Tersalurkan ekspresi kita

Dapat berhubungan antar sesama manusia

Dapat mengakrabkan kita dengan sesama

Dapat mengetahui kabar berita

Tali silaturahmi tetap terjaga

Memperlancar hubungan dengan sesama

Dan lain sebagainya

Demikian artikel ini, semoga menjadi amal ibadah dan bermanfaat bagi pembaca

Download Pdf

  1. KOMUNIKASI Pdf

  2. KOMUNIKASI YANG EFEKTIF Pdf

  3. KOMUNIKASI ORGANISASI DAN STRATEGI KOMUNIKASI Pdf

  4. Komunikasi Antar Pribadi Pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.