Apakah Lingkungan itu? Penyebab Dan Manfaatnya

Apakah Lingkungan itu? Penyebab Dan Manfaatnya

Manusia, hewan, tumbuhan, tanah, dan air merupakan  sebagian dari isi bumi yang disinari oleh matahari yang di hembuskan angin lalu menyatu berbaur menjadi sebuah lingkaran yang disebut lingkungan. Yang di katakan lingkungan adalah kombinasi dari kondisi fisik meliputi keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di darat dan di laut, dengan lembaga-lembaga yang mencakup penciptaan manusia sebagai keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik. Lingkungan juga dapat diartikan ke dalam segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia. Yang sebenarnya apa lingkungan itu? Penyebab dan manfaatnya bagaimana? Mari simak artikel dibawah ini.

Pengertian Lingkungan

Ekosistem merupakan komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik lingkungan meliputi semua makhluk hidup manusia, hewan, dan tumbuhan. sedangkan komponen abiotik yaitu benda mati yang bermanfaat untuk makhluk hidup di lingkungannya yang meliputi tanah, air, api, batu, udara, dan yang lainnya.

Menurut pakar lingkungan dan mantan menteri lingkungan hidup Emil Salim mengatakan : Lingkungan hidup adalah semua benda, keadaan, kondisi, dan juga pengaruh yang berada dalam ruangan yang sedang kita tempati dan itu mempengaruhi kehidupan sekitar baik itu hewan, tumbuhan, dan juga manusia.

Unsur Unsur Penyusun Lingkungan

Ada beberapa unsur dalam lingkungan, yaitu :

  1. Unsur Lingkungan Hidup Biotik

 

Sesuai namanya, unsur lingkungan hidup Biotik adalah unsur atau komponen yang tersusun dari berbagai macam makhluk hidup bernyawa yang ada di muka bumi ini atau pada lingkungan tertentu sebagai contoh kecilnya. Contoh dari lingkungan hidup biotik adalah seperti manusia, hewan, tumbuhan dan mikroorganisme yang hidup di suatu lingkungan.

Baca Juga  Mengecilkan Pipi Secara Alami Tanpa Operasi Maupun Alat

  1. Unsur Lingkungan Abiotik

Sedangkan untuk lingkungan hidup non biotik adalah sebuah tempat atau kondisi pada suatu lingkungan yang menjadikannya sebagai penyusun bentuk untuk mendukung terjadinya suatu yang dinamakan lingkungan. Contohnya adalah seperti air, tanah, udara, bebatuan, dan benda mati lainnya.

  1. Unsur Lingkungan Hidup Sosial Budaya

terakhir adalah unsur sosial budaya. Unsur ini merupakan unsur yang terbentuk dari aktivitas sosial dan kebudayaan yang dilakukan oleh manusia dan tersusun membentuk sebuah sistem yang terdiri dari nilai, gagasan, dan juga keyakinan atas perilaku sebagai makhluk sosial.

Lingkungan Terbagi Menjadi 2

  1. Lingkungan Alami

 

Lingkungan hidup alami merupakan lingkungan yang muncul dan terbentuk dari sebuah proses alam yang terdiri atas berbagai sumber alami dalam hal ini juga termasuk ekosistem beserta komponen-komponen di dalamnya. Komponen tersebut dapat berupa fisik maupun berupa biologi.

  1. Lingkungan Buatan

 

Lingkungan ini terbentuk atas campur tangan manusia artinya terjadi secara sengaja. Lingkungan dibuat oleh manusia dengan sengaja yang menggunakan bantuan teknologi sederhana maupun teknologi  modern.

Faktor Penyebab  Pencemaran Lingkungan

  1. Faktor Alam

Faktor ini tidak dapat dirubah namun manusia harus berusaha menghindarinya agar tidak berdampak buruk. Bencana alam dan keadaan cuaca yang tidak menentu menyebabkan kerusakan lingkungan seperti banjir, tsunami, tornado, gunung berapi, dan gempa bumi.

  1. Faktor Manusia

Desakan kebutuhan ekonomi dan gaya hidup yang tinggi karena globalisasi manusia tidak memikirkan dampak lingkungan, apa yang ada di hutan, di sungai, dilaut semua di babat habis tidak memikirkan masa depannya, hutan gundul, binatang menghilang, ikan lenyap, terumbu karang rusak akibatnya banjir, karang karang mati, cari ikan susah.

Pencemaran Lingkungan

Ada pencemaran langsung dan tidak langsung yaitu :

  • Pencemaran Langsung

Pencemaran lingkungan dapat menimbulkan efek toksik yang bisa mengganggu kesehatan manusia, tumbuhan, dan juga hewan serta mengganggu keseimbangan baik secara ekologis yaitu di tanah, air dan juga udara.

Baca Juga  Fungsi Gendang Telinga Pada Telinga Manusia

  • Pencemaran Tidak Langsung

terjadi pada beberapa bahan kimia yang bereaksi dengan udara, tanah dan air, sehingga dapat menimbulkan terjadinya polusi. Selain itu terdapat beberapa faktor yang mendasari terjadinya pencemaran lingkungan yang berujung terjadinya kerusakan  pada lingkungan. Berikut ini dua faktor penyebab terjadinya

Manfaat Lingkungan

Ada beberapa manfaat lingkungan yang harus diketahui, yaitu :

  1. Tempat untuk bertahan hidup (survival)
  2. Tempat untuk bersosialisasi dengan yang lain.
  3. Tempat unuk mencari penghidupan atau kekayaan.
  4. Tempat untuk mendapatkan kesenangan atau hiburan.
  5. Sebagai tempat atau saran untuk kebudayaan atau kesenian.
  6. Sebagai tempat edukasi atau pendidikan.
  7. Sebagai tempat kita dalam beraktivitas.
  8. Menyediakan berbagai unsur-unsur penting bagi kehidupan.
  9. Menyediakan sumber-sumber kehidupan bagi makhluk.
  10. Menyediakan berbagai keperluan bagi makhluk.

Demikian artikel ini semoga menjadi amal ibadah dan bermanfaat bagi pembaca

Download Pdf

  1. PENGELOLAAN LINGKUNGAN Pdf

  2. . Kepedulian Lingkungan Pdf

  3. MANUSIA DAN LINGKUNGAN Pdf

  4. Hubungan Manusia Dan Lingkungan Pdf

  5. LINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN Pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.