Apakah Produksi itu? Pengertian,Tujuan, Fungsi, Unsur Dan Jenis Jenisnya

Apakah Produksi itu? Pengertian,Tujuan, Fungsi, Unsur Dan Jenis Jenisnya

Salah satu usaha untuk memenuhi kebutuhan hajat manusia yaitu ada kegiatan aktivitas ekonomi dan merupakan faktor penggeraknya. Pemenuh kebutuhannya sebagai motivasi dari terbentuknya kegiatan ekonomi masyarakat, baik dalam produksi, konsumsi, dan distribusi. Namun, tidak semua kebutuhan manusia dapat terpenuhi. Kebutuhan seseorang dikatakan terpenuhi, apabila ia dapat mengkonsumsi barang dan jasa dari hasil proses produksi yang tersedia. Dalam memenuhinya, manusia memiliki kemampuan yang berbeda beda. Perbedaan ini antara lain disebabkan oleh adanya proses produksi, yang sangat terkait dengan faktor faktor pendukungnya yang masih terbatas jumlah, termasuk modal. Jadi, apakah produksi itu? Pengetian, tujuan, fungsi dan jenis jenisnya.

Pengertian Produksi

Pengertian Produksi adalah suatu proses mengubah bahan baku menjadi barang jadi atau menambah nilai suatu produk (barang dan jasa) agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Pelaku kegiatan produksi ini disebut dengan istilah produsen (baik itu individu maupun organisasi), sedangkan barang yang dihasilkan disebut dengan produk (barang atau jasa).

Pengertian Produksi Menurut Para Ahli

  1. Menurut Reksohadiprodjo dan Gitosudarmo (1993:1)

Produksi adalah penciptaan atau penambah faedah bentuk, waktu dan tempat atas faktor faktor produksi.

  1. Menurut Drs. Mohamad Hatta (1994:4)

Produksi adalah segala pekerjaan yang menimbulkan guna, memperbesar guna yang ada dan membagikan guna itu diantara orang banyak.

  1. Menurut Drs. Eko Harsono (1994:4)

Produksi adalah setiap usaha manusia / kegiatan yang membawa benda ke dalam suatu keadaan sehingga dapat dipergunakan untuk kebutuhan manusia dengan lebih baik.

  1. Menurut Assauri (1995)

Produksi adalah kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan barang dan jasa.

  1. Menurut Assauri (1999:11)

Produksi merupakan suatu kegiatan atau proses yang mentransformasikan masukan (input) menjadi hasil keluaran (output).

  1. Menurut Magfuri (1987:72)

Produksi adalah mengubah barang agar mempunyai kegunaan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Produksi merupakan segala kegiatan untuk menciptakan atau menambah guna atas suatu benda yang ditunjukkan untuk memuaskan orang lain melalui pertukaran.

  1. Menurut Hatta (2000:9)

Produksi adalah segala pekerjaan yang menimbulkan guna, memperbesar guna yang ada dan membagikan guna itu di antara orang banyak.

  1. Menurut Harsono (2000:9)

Produksi adalah setiap usaha manusia atau kegiatan yang membawa benda ke dalam suatu keadaan sehingga dapat dipergunakan untuk kebutuhan manusia dengan lebih baik.

  1. Menurut Hadiprodjo dan Soedarmo (1999:1)

Produksi merupakan penciptaan atau penambah faedah bentuk, waktu dan tempat atas faktor-faktor produksi sehingga lebih bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan manusia.

  1. Menurut Ahyari (2002)

Produksi adalah suatu cara, metode ataupun teknik menambah kegunaan suatu barang dan jasa dengan menggunakan faktor produksi yang ada.

  1. Menurut Heizer dan Render (2005:4)

Produksi adalah proses penciptaan barang dan jasa.

Baca Juga  Artikel Mengenai Gangguan Pada Telinga Manusia

Tujuan Produksi

  1. Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

Setiap elemen masyarakat (individu maupun organisasi) memiliki berbagai kebutuhan untuk melangsungkan kehidupannya. Produsen melakukan kegiatan produksi untuk menghasilkan produk atau menambah nilai guna suatu produk agar kebutuhan masyarakat tersebut dapat terpenuhi dengan baik.

  1. Memperoleh Keuntungan

Setiap produsen mengharapkan adanya keuntungan dari semua kegiatan produksi yang mereka lakukan. Seperti kita ketahui, untuk melakukan kegiatan produksi tentunya membutuhkan modal awal.

Fungsi Produksi

  1. Menciptakan Nilai Guna

Proses produksi berfungsi untuk menciptakan nilai guna suatu barang. Suatu bahan baku yang tadinya tidak mempunyai nilai guna kemudian diproses sehingga memiliki nilai guna.

  1. Menambah Nilai Guna

Proses produksi juga dapat menambah nilai guna suatu barang yang awalnya telah mempunyai kegunaan tertentu sehingga memiliki nilai guna tambahan. Proses ini dapat menghilangkan fungsi awal suatu barang menjadi fungsi yang baru

Unsur Unsur Produksi

Ada beberapa unsur dan persyaratan untuk mendirikan suatu produksi, yaitu :

  1. Manusia sebagai tenaga kerja

Unsur tenaga kerja perlu kamu perhitungkan dengan matang ketika menjalankan sebuah usaha. Tenaga kerja merupakan kebutuhan utama untuk mengerjakan proses produksi.

  1. Uang/ Biaya

Anggaran  biaya yang dibutuhkan untuk proses produksi harus dihitung secermat mungkin agar biaya produksi rendah namun hasilnya maksimal.

  1. Bahan Baku

Bahan baku merupakan kebutuhan pokok dalam suatu produksi, karena dengan pemakaiannya akan menghasilkan yang di inginkan.

  1. Mesin/ Alat

Untuk segala jenis usaha memerlukan mesin/ alat agar dalam berproduksi menghasilkan barang sesuai standar yang dinginkan, di samping itu kerja cepat dan efisien tidak banyak memakan waktu.

  1. Cara/ Metode

Cara atau metode dalam produksi merupakan unsur terakhir dalam prosesnya. Bagaimana cara terperinci mengenai produksi dari awal sampai langkah terakhir serta memberikan hasil produksi yang baik sesuai standar.

Baca Juga  Penyebab Kenapa Ada Jerawat Tumbuh Di Telinga

Jenis Jenis Produksi

  1. Produksi Agraris

Definisi produksi agraris adalah kegiatan produksi yang memanfaatkan sumber daya alam untuk menghasilkan produk dengan melakukan pengelolaan yang baik. Pengelolaan alam tersebut akan menghasilkan produk yang dibutuhkan masyarakat.

  1. Produksi Industri

Pengertian produksi industri adalah kegiatan produksi yang bertujuan untuk mengubah bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi yang nantinya dijual ke konsumen.

  1. Produksi Ekstraktif

Arti produksi ekstraktif adalah kegiatan produksi yang mengambil sumber daya alam dari dalam bumi kemudian menjualnya ke perusahaan lain untuk diproses menjadi sesuatu yang baru.

  1. Produksi Perdagangan

Pengertian produksi perdagangan adalah kegiatan produksi yang berperan sebagai perantara antara produsen dengan konsumen.

  1. Produksi Jasa

Pengertian produksi jasa adalah kegiatan produksi yang bertujuan untuk menjual jasa berupa keahlian tertentu yang dapat menangani masalah orang lain.

  1. Produksi Pengangkutan

Pengertian produksi pengangkutan adalah kegiatan produksi yang tujuannya untuk melayani pemindahan atau distribusi barang dari produsen ke lokasi terdekat dengan konsumen.

Demikian artikel ini, semoga menjadi amal ibadah dan bermanfaat bagi pembaca.

Download Pdf

  1. Teori Produksi Pdf

  2. Pengertian Produksi Pdf

  3. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI INDUSTRI Pdf

  4. PENGARUH KUALITAS BAHAN BAKU DAN PROSES PRODUKSI Pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.