Aplikasi Android WhatsApp untuk pendidikan

dapurpendidikan.com – Aplikasi Android WhatsApp untuk pendidikan

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi sekarang ini sangat pesat. Berbagai kemudahan kita dapatkan dalam menyampaikan Informasi dan berkomunikasi.

aplikasi android whatsapp untuk pendidikan

Dalam dunia pendidikan,  dimana guru sebagai pemberi informasi, dan siswa sebagai penerima informasi.

Walaupun dimungkingkan juga dapat dilakukan sebaliknya tentu penyampaian informasi dan komunikasi adalah hal yang paling mendasar.

Semenjak munculnya smartphone di dunia secara umum, dan di Indonesia pada khususnya. Aplikasi pengirim pesan/obrolan (chat) merupakan aplikasi  yang sangat populer.

Aplikasi pengirim pesan yang populer antara lain BBM (Blackberry messenger), Whatsapp, Line, Kakao Talk dan lain-lain.

Salah satu yang paling populer dalam aplikasi pengirim pesan sekarang ini adalah Whatsapp. Yang menjadi pertanyaan sekarang ini adalah dapatkah aplikasi whatsapp dapat digunakan untuk menunjang kegiatan pendidikan?

untuk anda yang ingin melaporkan kondisi jalan di sekitar anda yang rusak, anda dapat melaporkannya disini.

Tujuan dasar dari whatsapp adalah sebagai penyedia fasilitas komunikasi. Whatsapp dapat menyediakan fasilitas group dimana guru dapat berkomunikasi dengan cepat dan mudah dengan peserta didik.

Hal tersebut dapat meningkatkan komunikasi antara guru, siswa dan orang tua. sehingga dapat digunakan untuk membuat sebuah tempat belajar dan berdiskusi.

Yang perlu menjadi catatan adalah aplikasi pengirim pesan (whatsapp) bukan termasuk alat pengajaran khusus.

Tetapi aplikasi tersebut merupakan alat atau sarana dalam berkomunikasi dan menyampaikan informasi pendidikan kepada siswa.

Mengapa Aplikasi android Whatsapp untuk pendidikan?, dapatkah untuk menunjang kegiatan pendidikan?

Berikut beberapa keuntungan menggunakan aplikasi whatsapp untuk menunjang kegiatan pendidikan, antara lain :
  • Populer, karena aplikasi pengirim pesan tersebut dikenal dan diketahui oleh banyak orang.
  • Hemat biaya. Untuk menggunakan aplikasi whatsapp, pengguna hanya perlu terhubung ke internat, hal tersebut dapat dilakukan dengan terhubung ke wifi maupun berlangganan paket data internet setiap bulan.
  • Dapat mengirimkan pesan tak terbatas secara gratis dari handphone yang memiliki paket data atau terhubung ke internet.
  • Flexibel, dapat menggunakan aplikasi berbasis android yang dapat dipasang di handphone maupun berbasis web yang dapat dijalankan di komputer atau laptop.
  • Aplikasi whatsapp dapat berjalan di berbagai platform. Android, windows phone, Blacberry, Symbian, IOS sehingga dapat diakses melalui handphone yang umum di pasaran.
  • Dapat menjangkau siswa melalui teknologi yang paling akrab dengan siswa. Karena belum tentu setiap siswa memiliki komputer atau laptop, tetapi hampir setiap siswa memiliki smartphone.Jadi whatsapp dapat dijadikan solusi sebagai sarana komunikasi antara guru dan murid walaupun di daerah yang cukup terpencil.
  • Mudah digunakan, karena setiap guru, siswa, dan orang tua murid sudah terbiasa dengan smartphone dan aplikasi perpesanan, sehingga guru tidak perlu mengajarkan terlebih dahulu aplikasi terbut dan tidak perlu keahlian khusus.
Baca Juga  Cara memperbaiki whatsapp tertutup sayangnya aplikasi telah berhenti

Kita dapat menerapkan beberapa strategi yang dapat digunakan guru dalam memanfaatkan aplikasi pengirim pesan whatsapp untuk meningkatkan pengalaman pendidikan yang berbeda dari sebelumnya.

Berikut beberapa strategi yang dapat dimanfaatkan para pendidik untuk memanfaatkan fasilitas yang ada pada aplikasi android whatsapp untuk pendidikan, antara lain:
  1. Group chats

Fasilitas ini dapat digunakan untuk membuat kelompok belajar dan kelas virtual untuk siswa. Dengan menggunakan fitur ini, siswa dan guru dapat saling terhubung, dapat dijadikan sebagai tempat diskusi diluar kelas.

  1. Membuat rekaman suara (audio) yang dapat dikirim secara langsung ke siswa, maupun melalui group chats.

Metode ini dapat mempermudah kegiatan pembelajaran dimana siswa dapat mendengarkan materi yang direkam guru dalam bentuk audio (ceramah).

Penyampaian materi ceramah ketika di dalam kelas mungkin ada beberapa materi yang disampaikan yang terlewat.

Maka dengan metode ini siswa tentu dapat meminimalisir materi yang terlewat dengan mendengarkan materi yang disampaikan secara berulang-ulang melalui remakan suara.

  1. Guru dan siswa dapat terhubung ketika di luar kelas secara langsung, hal ini dapat mempermudah guru dalam mengingatkan tugas, menyampaikan informasi tentang kegiatan sekolah atau menghubungi mereka ketika tidak hadir di dalam kelas.
  2. Mengirim pesan berupa tugas kepada siswa. Guru dapat memberikan beberapa tugas kecil yang disampaikan melalui aplikasi pengirim pesan whatsapp setiap hari, bahkan ketika liburan.
  3. Menjalin komunikasi yang mudah dengan orang tua murid/wali.

Komunikasi antara guru dengan orang tua sangat penting dalam perkembangan siswa. Guru dapat menghubungi orang tua secara langsung saat siswa tidak hadir atau tidak mengerjakan tugas. memberikan informasi tentang kegiatan sekolah. Dapat juga digunakan untuk menyampaikan hasil belajar siswa sehingga orang tua dapat mengetahui kinerja putra putrinya setiap saat.

  1. Mengirim video atau tautan video ke siswa.
Baca Juga  Cara memperbaiki whatsapp tertutup sayangnya aplikasi telah berhenti

Guru dapat merekam sendiri tentang materi pelajaran, atau mengirimkan tautan yang ada di youtube kepada siswa melalui aplikasi pengirim pesan whatsapp.

Hal yang mungkin dapat dilakukan sebagai variasi pembelajaran yaitu membuat suatu masalah dalam bentuk video yang harus dipecahkan masalah tersebut oleh siswa.

Hal ini dapat membuat siswa lebih tertarik dengan pekerjaan rumah atau tugas yang diberikan dengan menciptakan keterlibatan audio visual.

  1. Memberikan tugas dalam bentuk gambar atau grafik yang dikirim melalui aplikasi pengirim pesan whatsapp.

Aplikasi pengirim pesan whatsapp dapat digunakan guru untuk mengintegrasikan kegiatan pembelajaran di dalam kelas maupun didunia nyata. Dan dapat menjadikan seorang guru menjadi bagian dari kehidupan siswa.

Dengan memanfaatkan teknologi dengan benar, tentunya teknologi tersebut dapat memberikan manfaat yang besar.

Demikian sedikit informasi yang dapat admin sampaikan mengenai  Aplikasi android WhatsApp untuk pendidikan, mudah-mudahan dapat dijadikan inspirasi dan diterapkan, semoga bermanfaat.

Artikel lain yang mungkin anda suka
Download Aplikasi Jalan Kita Tempat Melaporkan Jalan Jembatan Rusak
ATURAN DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL UNTUK GURU
CARA MENCARI INFORMASI MEMILIH SEKOLAH TERBAIK DI SEKITAR KITA 2017 2018

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.