Bunyi Pasal 32 Ayat 1 dan 2 UUD 1945

Bunyi Pasal 32 Ayat 1 dan 2 UUD 1945

Hallo, kali ini admin akan berbagi informasi mengenai pasal 32 ayat 1 dan 2 UUD 1945. Pasal 32 ini mengenai Kebudayaan. Berikut informasinya :

Pengertian Budaya dan Kebudayaan

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh suatu kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Sedangkan yang dimaksud kebudayaan secara umum adalah hasil cipta, rasa, dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup yang kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat dan setiap kecakapan, dan kebiasaan.

Kebudayaan dapat diartikan sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan meliputi sistem gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan itu bersifat abstrak.

Bangsa Indonesia merupakan salah satu negara yang beranekaragam suku bangsa, bahasa dan budaya. Kebudayaan lokal yang dimiliki Indonesia dapat diangkat dan dianggap sebagai kebudayaan nasional.  Kebudayaan nasional sederhananya dapat diartikan sebagai kebudayaan yang dipahami serta dapat dijadikan suatu ciri khas bangsa. Syarat mutlak kebudayaan nasional yaitu harus memiliki ciri khas dan bisa dibanggakan dan dapat memberikan identitas bagi negara.

Pasal 32 UUD 1945 Tentang Kebudayaan

Mengenai kebudayaan Indonesia dijelaskan dalam UUD 1945 Pasal 32.

Pasal 32 ini mengalami perubahan  atau amandemen. Sebelum diubah, ketentuan mengenai kewajiban pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia tercantum dalam satu pasal, yaitu Pasal 32. Namun setelah perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menjadi satu pasal dengan dua ayat, yaitu Pasal 32 ayat (1) dan ayat (2).

Pada Bab XIII UUD 1945 terjadi dua perubahan. Pertama semula judul Bab XIII adalah “Pendidikan” kemudian diubah menjadi “Pendidikan dan Kebudayaan”. Kedua, isi pasal 32 yang awalnya berbunyi “Pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia”. Sehingga bunyi pasal 32 UUD 1945 menjadi :

(1) Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya.**** )

(2) Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional.**** )

Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

Bunyi Pasal 32 Ayat 1 dan 2 UUD 1945

File selengkapnya tentang pasal 32 bisa Anda download disini

Latar Belakang Perubahan pasal 32

Latarbelakang adanya perubahan ini yaitu oleh kebutuhan untuk menempatkan kebudayaan nasional pada derajat yang tinggi, hal ini atas dasar pemahaman bahwa kebudayaan nasional yang akan menjamin unsur-unsur kebudayaan daerah. Para perumus perubahan UUD 1945 menyadari pentingnya kebudayaan khususnya dalam pembentukan jati diri masyarakat dan bangsa Indonesia serta umumnya bagi modernitasi dan kemajuan bangsa Indonesia. Pengembangan kebudayaan Indonesia adalah tanggung jawab Negara, yaitu pemerintah juga masyarakat yang harus dilestarikan, dikembangkan, dan diteguhkan di tengah perubahan zaman yang sangat pesat dan dapat mengancam identitas bangsa dan negara Indonesia. Amandemen menggaris bawahi bahwa Bhineka Tunggal Ika sebagai identitas bangsa Indonesia harus dihayati.

Sehingga diharapkan pada masa yang akan datang bangsa dan negara Indonesia tetap mempunyai identitas yang sesuai dengan dasar negara, nilai-nilai dan pandangan hidup walaupun terjadi perubahan zaman.

Ketentuan itu juga dilandasi pemikiran bahwa persatuan dan kebangsaan Indonesia akan lebih kukuh jika diperkuat dengan pendekatan kebudayaan selain pendekatan politik dan hukum.

baca juga : Tuliskan Bunyi Pasal 30 Ayat  1, 2, 3, 4, dan 5 UUD 1945

Semoga informasi mengenai pasal 32 UUD 1945 dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk, terus kunjungi website kami dan nantikan informasi-informasi selanjutnya.

Baca Juga  Isi Pasal 25 UU No 5 Tahun 1999 Pdf Download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.