Bunyi Teks Sumpah Pemuda ke 1 2 3 Tahun 1928 Adalah

Bunyi Teks Sumpah Pemuda ke 1 2 3 Tahun 1928 Adalah

Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda merupakan peristiwa yang bersejarah dan menjadi satu tonggak utama dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Sumpah pemuda dianggap sebagai kristalisasi semangat dalam menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Awalnya, ikrar sumpah pemuda adalah secarik kertas yang dibacakan oleh Soegondo Djojopoespito yang dijelaskan secara lengkap oleh Moehammad Yamin. Sumpah pemuda dihasilkan dari keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). 

Istilah Sumpah Pemuda tidak muncul dalam putusan kongres, namun baru muncul setelah kongres selesai. Naskah sumpah pemuda ini menegaskan cita-cita akan ada tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia.

Bunyi atau Isi Naskah Sumpah Pemuda

Bunyi atau isi sumpah pemuda ke 1, 2, dan 3 tahun 1928 tercatat di prasasti dinding Museum Sumpah Pemuda. Istilah sumpah pemuda tidak muncul pada hasil kongres tanggal 27 dan 28 Oktober 1928. Namun, istilah sumpah pemuda muncul setelah kongres selesai. Berikut isi atau bunyi sumpah pemuda.

Isi teks naskah Sumpah Pemuda yang benar :

SOEMPAH PEMOEDA

Pertama: 
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia
Kedoea: 
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia
Ketiga: 
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia

Isi teks naskah Sumpah Pemuda yang ditulis dengan ejaan baru Bahasa Indonesia:

SUMPAH PEMUDA

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

 

Makna Sumpah Pemuda

Setidaknya ada tiga makna penting yang terkandung dalam sumpah pemuda, diantaranya :

  1. Makna Bertumpah Darah Satu, Tanah Indonesia

Makna yang terkandung dalam dalam sumpah pemuda yang pertama yaitu perjuangan dalam memperoleh kemerdekaan Indonesia tidaklah mudah. Rakyat Indonesia pada saat itu dan juga seluruh pemuda Indonesia berjuang melawan penjajah hingga darah penghabisan demi menjunjung tinggi tanah air Indonesia. Oleh karena itu, sumpah pemuda mengajarkan bahwa untuk generasi baru agar menghargai perjuangan bangsa Indonesia. Seperti dengan memberikan dukungan moral, selalu mengamalkan nilai-nilai sejarah perjuangan Indonesia, tidak melupakan sejarah, dan lain sebagainya. Sumpah pemuda berkaitan dengan cita-cita untuk mendirikan Negara Indonesia.

  1. Makna Berbangsa Satu, Bangsa Indonesia

Makna sumpah pemuda yang kedua yaitu bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia didasarkan rasa cinta dan hormat terhadap bangsa Indonesia. Dengan rasa cinta dan hormat tersebut, seluruh pemuda Indonesia bertumpah darah demi menjunjung tinggi bangsa Indonesia dan demi mencapai cita-cita bangsa, yakni kemerdekaan Indonesia sebagai satu kesatuan bangsa Indonesia. Sikap pemuda dahulu tersebut, wajib ditiru oleh para generasi muda saat ini yang mencintai dan menghormati bangsa Indonesia.

  1. Makna Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia

Persatuan bangsa sangatlah penting untuk dijunjung tinggi dalam mencapai kemerdekaan Indonesia. Para pemuda saat itu menyadari pentingnya persatuan dalam melawan penjajah. Berjuang sendiri-sendiri di tingkat daerah masih mudah untuk dikalahkan. Untuk itu, para pemuda pada saat itu berusaha bersatu menjadi satu bangsa Indonesia dan berjuang bersama-sama demi kemerdekaan Indonesia.

Beranekaragamnya suku bangsa, ras,dan lain sebagainya, menghasilkan berbagai perbedaan dalam bahasa. Oleh karena itu, demi meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, para pemuda Indonesia sepakat untuk menggunakan satu bahasa persatuan, yaitu Bahasa Indonesia. Satu bahasa persatuan tersebut juga menjadi salah satu ciri negara kesatuan.

Nilai-Nilai Sumpah Pemuda

Nilai-nilai yang ada dalam Sumpah Pemuda berkaitan dengan keharusan para pemuda dan pemudi bangsa Indonesia untuk tetap mengingat semangat para pemuda dan pejuang demi kemerdekaan Indonesia. Berikut nilai-nilai dalam Sumpah Pemuda, diantaranya :

  1. Nilai Cinta Bangsa dan Tanah Air

Nilai sumpah pemuda yang pertama yaitu cinta bangsa dan tanah air. Ikrar Sumpah pemuda yang disampaikan pada tahun 1928 terdapat makna satu tanah, satu bangsa, dan satu bahasa, yaitu bahasa Indonesia. Ini semua menjadi wujud adanya rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air Indonesia. Memiliki rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air Indonesia berarti bahwa warga negara Indonesia wajib untuk selalu setia serta bangga terhadap bangsa dan negara Indonesia.

  1. Nilai Sikap Rela Berkorban

Rela berkorban berarti ikhlas atau rela memberikan jiwa dan raga, harta benda, atau apapun itu yang dimilikinya demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia, meskipun di sisi lain dapat menimbulkan penderitaan bagi diri sendiri. Dalam perjuangan kemerdekaan, semangat juang para pemuda dalam peristiwa sumpah pemuda yang sudah mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan Indonesia menciptakan nilai sikap rela berkorban demi bangsa dan negara Indonesia. Sikap rela berkorban juga ditunjukkan demi memperkuat persatuan dan kesatuan para pemuda bangsa Indonesia dalam berjuang memperebutkan kemerdekaan Indonesia.

  1. Nilai Persatuan

Sumpah pemuda mengandung nilai persatuan, hal ini dapat dilihat dari dasar sumpah pemuda yang dirumuskan dan di ikrarkan oleh seluruh pemuda yang berasal dari berbagai suku, daerah, agama, hingga golongan yang berbeda-beda. Meskipun berasal dari suatu perbedaan, akan tetapi tidak menghalangi para pemuda untuk berjuang bersama, merasakan persatuan dalam melawan penjajah demi merebut kemerdekaan bangsa Indonesia. Tanpa ada rasa persatuan dari seluruh pemuda dan pemudi bangsa Indonesia, maka dalam melawan penjajahan akan terasa sulit dalam memperoleh kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga : Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia

  1. Nilai Dapat Menerima dan Menghargai Perbedaan

Nilai persatuan mengandung arti bahwa perbedaan dapat diterima oleh satu sama lain. Hal ini menunjukkan adanya nilai yang dapat menerima dan menghargai perbedaan di dalam sumpah pemuda. Berbagai macam perbedaan dengan latar belakang ras, kebudaan, agama, dan lain sebagainya bukan merupakan sesuatu yang di permasalahkan, akan tetapi justru wajib diterima dan dihargai satu sama lain sebagai salah satu kekuatan bangsa Indonesia. Meskipun berasal dari latar belakang yang berbeda, hal ini tidak menyurutkan semangat para pemuda bangsa Indonesia untuk bersatu dan menjunjung tinggi nilai persatuan demi mewujudkan cita-cita bersama.

  1. Nilai Mengutamakan Kepentingan Bangsa

Dalam sumpah pemuda yang lainnya yaitu nilai mengutamakan kepentingan bangsa diatas kepentingan lainnya. Hal ini berarti bahwa ikrar dan perjuangan sumpah pemuda dalam usahanya merebut kemerdekaan Indonesia bukanlah mengutamakan kepentingan diri sendiri maupun kepentingan golongan, namun lebih mengutamakan kepentingan bangsa untuk bersatu melawan penjajah.

  1. Nilai Semangat Persaudaraan

Nilai semangat persaudaraan di dalam sumpah pemuda dilandasi dengan adanya semangat kekeluargaan. Semangat kekeluargaan tersebut dapat dilihat dari sikap saling menyayangi dan bertanggung jawab satu sama lain dalam satu bangsa Indonesia. Semangat persaudaraan di dalam para pemuda yang mengantarkan bangsa Indonesia menjadi bangsa Indonesia..

  1. Nilai Meningkatkan Semangat Gotong Royong atau Kerja Sama

Gotong royong atau kerja sama merupakan salah satu upaya yang dilakukan bersama-sama tanpa pamrih. Nilai gotong royong menjadi salah satu contoh nilai kemanusiaan. Dalam sumpah pemuda, nilai gotong royong ditunjukkan dengan berjuang bersama-sama saling membahu satu sama lain antar pemuda demi kemerdekaan Indonesia. Kemerdekaan Indonesia yang kita peroleh sampai saat ini merupakan salah satu bukti bahwa hal ini diperoleh salah satunya dengan gotong royong atau kerja sama antar para pemuda dan para pejuang bangsa.

Implementasi Nilai dan Semangat Sumpah Pemuda Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Implementasi nilai dan semangat sumpah pemuda dalam bingkai bhinneka tunggal ika, diantaranya :

  • Meskipun dari latar belakang yang berbeda-beda, pemuda dan seluruh warga Indonesia dari semua latar belakang yang berbeda harus bersatu demi kemajuan bangsa Indonesia
  • Pemuda dan seluruh warga Indonesia menjadikan Pancasila yang didalamnya mengandung makna persatuan Indonesia sebagai dasar negara dan tidak pernah berkeinginan untuk merubahnya.
  • Pemuda dan seluruh warga Indonesia harus meningkatkan kepedulian terhadap sesama.
  • Pemuda dan seluruh warga Indonesia harus menjadikan keanekaragaman adat dan budaya bukan sebagai perbedaan namun sebagai potensi untuk kemajuan bersama.
  • Pemuda dan seluruh warga Indonesia harus mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi maupun kepentingan golongan.
  • Pemuda dan seluruh warga Indonesia bangga menjadi bangsa Indonesia yang dibuktikan dengan keikutsertaan dalam mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif.

Penerapan Nilai Sumpah Pemuda dalam Kehidupan Sehari-hari

  1. Penerapan Nilai Sumpah Pemuda di Lingkungan Keluarga

Berikut beberapa contoh penerapan nilai sumpah pemuda di lingkungan keluarga, diantaranya :

  • Saling menghormati dan saling mendukung antar anggota keluarga.
  • Saling tolong-menolong sesama anggota keluarga,
  • Membantu merawat anggota keluarga lain yang sedang sakit.
  • Saling menghargai pendapat masing-masing anggota keluarga.
  • Saling mencintai dan menyayangi sesama anggota keluarga,
  • Bergotong royong atau tolong menolong dalam menjaga kebersihan lingkungan keluarga.
  • Bersikap terbuka antar sesama anggota keluarga.
  • Menjaga kerukunan keluarga.
  • Tidak bertengkar antara adik maupun kakak.
  • Menyelesaikan masalah keluarga dengan baik dan juga bijak.
  • Menjaga nama baik keluarga.
  • Belajar di rumah secara bersama-sama dengan adik atau kakak.
  • Tidak membeda-bedakan antar saudara.
  • Bersikap dan berbicara dengan tutur kata yang sopan dan santun.
  1. Penerapan Nilai Sumpah Pemuda di Lingkungan Sekolah

Berikut beberapa contoh penerapan nilai sumpah pemuda di lingkungan sekolah, diantaranya :

  • Tidak bertengkar dan tidak berkelahi dengan teman.
  • Tidak membeda-bedakan teman.
  • Mengikuti upacara bendera yang diadakan setiap hari senin dengan tertib dan hidmat.
  • Mengerjakan PR tepat waktu.
  • Menghormati guru.
  • Mematuhi peraturan atau tata tertib sekolah.
  • Saling membantu satu sama lain antar warga di sekolah, baik siswa, guru, dan yang lainnya.
  • Tetap menjaga kebersihan kelas dan sekolah.
  • Membuang sampah pada tempatnya.
  • Belajar secara giat dan tekun
  • Tidak terlambat datang sekolah.
  • Saling membantu teman yang kesulitan dalam belajar.
  1. Penerapan Nilai Sumpah Pemuda di Lingkungan Masyarakat

Berikut beberapa contoh penerapan nilai sumpah pemuda di lingkungan masyarakat, diantaranya :

  • Bekerja bakti secara bersama-sama dalam menjaga lingkungan masyarakat yang bersih, aman, dan nyaman.
  • Menjalin kerjasama sesama anggota masyarakat. Misalnya melakukan pembangunan desa, dan lain sebagainya.
  • Menghargai dan menghormati satu sama lain sebagai anggota masyarakat
  • Mengikuti kegiatan-kegiatan dalam lingkungan masyarakat yang telah diagendakan.
  • Saling menolong satu sama lain antar anggota masyarakat..
  • Bergaul dengan masyarakat di sekitar.
  • Tidak mengganggu ketentraman dan kenyamanan tetangga.
  • Menjalin hubungan yang baik sesama tetangga.
  • Menghormati pelaksanaan ibadah di lingkungan masyarakat.
  • Tetap menjaga fasilitas umum yang sudah ada.
  • Tetap menjaga kelestarian alam di sekitar.
  • Menyelesaikan masalah dengan cara musyawarah.
  1. Penerapan yang Lainnya

Berikut beberapa contoh penerapan nilai sumpah pemuda yang lainnya, yaitu :

  • Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar serta tetap mempertahankan bahasa daerah.
  • Menghormati kebudayaan daerah lain dan mempelajari budaya daerah.
  • Menghormati agama satu sama lain.
  • Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.
  • Rela berkorban bagi bangsa dan negara.
  • Mengutamakan rasa persatuan dan kesatuan.
  • Memiliki jiwa nasionalisme.
  • Menggunakan barang-barang produksi dari dalam negeri.
  • Mengerti dan hafal lagu-lagu wajib nasional.
  • Mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Bangga sebagai Bangsa Indonesia dan Tanah Air Indonesia.
  • Membawa nama Indonesia agar tetap harum di kancah internasional.
  • Berani menegakkan kebenaran dan keadilan.
  • Selalu bersikap dan berpikir kritis terhadap budaya asing yang masuk.
  • Meningkatkan sikap toleransi.

Untuk selengkapnya mengenai sumpah pemuda, Anda bisa download file Pdf nya dengan klik link di bawah ini :

Bunyi Teks Sumpah Pemuda ke 1 2 3 Tahun 1928 Adalah

Download Tentang Sumpah Pemuda Pdf

Demikian informasi mengenai sumpah pemuda, dari mulai bunyi naskah sumpah pemuda, makna sumpah pemuda, nilai-nilai yang terkandung dalam sumpah pemuda, implementasi nilai-nilai sumpah pemuda, dan penerapan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa share dan kunjungi website kami. Nantikan informasi-informasi penting lainnya hanya di dapurpendidikan.com

Baca Juga  Jelaskan Mekanisme Pembagian Kekuasaan yang Dilaksanakan Di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.