Bunyi UUD 1945 Pasal 31 Ayat 1, 2, 3, 4, 5 dan Penjelasannya

Bunyi UUD 1945 Pasal 31 Ayat 1, 2, 3, 4, 5 dan Penjelasannya

Pepatah latin mengatakan “ Non scholae sed vitae discimus ” artinya kita belajar bukan untuk nilai sekolah, tapi untuk nilai kehidupan. Bermakna, sekolah itu bukan untuk nilai yang tinggi dengan mendapat penghargaan dari orang tua atau sekolah, namun prestasi ini bermanfaat untuk kehidupan kelak. Tapi dilain pihak, berprestasi dan mendapat penghargaan itu sangat mendorong semangat untuk lebih giat belajar, kalau nasib beruntung kelak masa depan akan diraih, mengapa dikatakan demikian karena ada beberapa siswa yang pintar kurang beruntung dengan alasan berbagai hal.

Tujuan utama pemerintah, pendidikan adalah mengajarkan budi pekerti, etika, saling mengalah dan mendulukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi. Hal ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam keluarga maupun dalam masyarakat. Setelah itu institusi dan tenaga pendidik baru akan mengajarkan keterampilan yang membuat benih manusia itu mampu menyokong hidupnya sendiri di masa depan.

Pada pasal 31 ayat 1 UUD 1945 berbunyi : Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Artinya pendidikan itu adalah hak mutlak untuk setiap warga usia dini, usia sekolah, remaja dan orang tua, hak untuk mengenyam pendidikan dari tingkat dasar sampai tingkat tinggi, sesuai dengan sebagian uraian pembukaan UUD 45 alinea ke 4 memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa.

Artikel terkait : Teks Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 Asli Pdf

Penjelasan pasal 31 ayat 2 UUD 1945

Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya. Maknanya pendidikan dasar 9 tahun SD, MI, MTs, SMP atau sederajat wajib untuk sekolah dengan tidak dipungut biaya sekolah alias gratis, biaya ditanggung pemerintah.

Baca Juga  Isi Pasal 18 Ayat 1 UUD 1945 Tentang Pemerintahan Daerah

Penjelasan pasal 31 ayat 3 UUD 1945

Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang. Mengandung makna dalam mengusahakan penyelenggaraan pendidikan menggunakan satu sistem pendidikan nasional sehingga tidak ada perbedaan pendidikan antara pusat dan daerah. Disamping pendidikan umum pemerintah juga harus meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak yang mulia untuk peserta didik terutama bidang keagamaan dikedepankan menuju ahklak yang baiksupaya para generasi penerus bangsa ini akan menjadi pemimpin yang jujur, adil, amanah dan dapat menyelenggarakan pemerintahan dengan baik dan bersih sehingga dapat merubah pola kehidupan dan pola pemerintahan sehat dan cepat maju, dengan pelaksanaannya tidak lepas dari aturan yang berlaku dan telah diatur dalam undang undang.

Penjelasan pasal 31 ayat 4 UUD 1945

Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya dua puluh persen dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional. Mengandung maksud sungguh liar biasa betapa besarnya perhatian pemerintah terhadap pendidikan sekurang kurangnya 20% dari APBN, pemerintah pusat maupun daerah wajib  mengalokasikan dana minimal 20% dari anggaran dan pendapatan belanjanya untuk kepentingan pendidikan, yang semuanya digunakan untuk sarana dan prasarana pendidikan, baik untuk peralatan, gedung, maupun bantuan untuk siswa yang tidak mampu dan lain sebagainya.

Penjelasan pasal 31 ayat 5 UUD 1945

Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia. Dari bunyi pasal 33 ayat 5 ini bermakna bahwa untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi ini sangat penting, di era globalisasi teknologi berperan utama lebih lebih menghadapi saingan dari luar, namun norma norma agama dan persatuan bangsa harus menjadi pondasi yang kuat, demi untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.

Baca Juga  Bunyi Pasal 27 Ayat 1 2 Dan 3 UUD 1945

UUD 1945 Pasal 31 Ayat 1, 2, 3, 4, 5 dan Penjelasannya Selengkapnya

download disini dalam bentuk pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.