Ceramah Agama Singkat: Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam Teks

Ceramah Agama Singkat: Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam Teks

alhamdulillah. washalatu wasalamu ala Rasulillah. Nabiyina Muhammad wa ala alihi washahbihi. wa manwala, amma ba’du. saudara-saudariku. seiman dan seIslam dimanapun anda berada. anak adalah anugerah. yang terindah yang Allah berikan kepada kita semuanya. anak adalah perhiasan dunia. الْمَالُ وَالْبَنُونَ زِينَةُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا. “Harta dan anak-anak adalah perhiasan dunia.” (QS. Al Kahf 46). namun ingat. sekalipun harta dan anak adalah perhiasan dunia. ia adalah tanggung jawab, amanah. yang Allah Subhanahu waTa’ala pikulkan kepada kita. maka kewajiban bagi kita. sebagai orangtua untuk menjaga, mendidik, merawat anak kita. agar kita kelak. bisa mempertanggung jawabkannya di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Rasulullahbersabda. كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ. setiapkalianadalahpemimpin. dansetiapkalianakandimintaipertanggungjawabananda. kelak di hariAkhir. makaandawahaiibu. andawahai ayah, andaadalahpemimpindalamrumahtanggakalian. maka Allah SubhanahuwaTa’ala. akanmenanyakantentangtanggungjawabinikelak di hariAkhir. sudahkahkitatelahmendidikanak-anakkita. seperti yang diperintahkandalam Al Qurandanhadits. bagaimanacarakitamendidikapa yang kitatanamkankepadamereka. yang pertamatanamkanpadaanak-anakkita. pendidikantauhid. agar merekahanyabergantungkepada Allah. agar merekahanyaberibadahkepada Allah semata. tidakberibadahkepada yang lainnya. baiksiapapundia. baikNabi, malaikat, batu. ataupunbenda-benda yang lain. ingatlahwasiatLuqmankepadaanaknya. يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيم. “Wahaianakujanganlahkamuberbuatsyirik. karenaituadalahkezhaliman yang sangatbesar.” (QS. Luqman 13). karenadiatelahmeletakkansesuatubukanpadatempatnya. yang kedua, ajarkankepadaanakkita. tentangshalatdanibadah-ibadah yang lainnya. Rasulullahbersabda. مُرُوا أَوْلَادَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ. وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا، وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ. perintahkananakkalianuntukshalat. kalausudahberumurtujuhtahun. danpukulmerekajikatidakmaushalat. kalausudahberumursepuluhtahun. bilaanakkitasudahterbiasa. untukmenjalankanshalatsejakkecilsejakdini. makadenganamatmudah. tatkalamerekadewasadanbaligh. tanpakitasuruh, merekaakanmenjalankanshalat. yang ketigatanamkankepadaanak-anakkita. tantangakhlakdanadab. baikakhlakkepadaorangtua. baikahlakkepadasaudara. baikakhlakkepadatemandantetangga. baikakhlakmakan, minum, tidurdansebagainya.

Rasulullah shalallahu alayhi wasalam pernah mengajari kepada bocah kecil. يَا غُلَامُ سَمِّ اللَّهَ وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ. wahai bocah kecil. apabila kamu makan bacalah Bismillah. makanlah dengan tangan kananmu. dan makanlah dengan yang paling dekat denganmu. ini perlu kita sampaikan kepada anak-anak kita. sehingga menjadi anak-anak yang shaleh. yang kita idam-idamkan. bukankah kita sebagai orangtua. mendambakan agar anak-anak kita menjadi orang-orang yang baik. ربَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا. وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ. وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا. “Ya Allah jadikanlah isteri-isteri kami. dan anak-anak kami. “sebagai penyejuk mata bagi kami.”. kapan itu apabila kita melihat mereka. menjalankan perintah Allah. dan menjauhi larang Allah Subhanahu waTa’ala. yang terakhir. perhatikan siapa teman dari anak-anak kita. karena pengaruh teman sangatlah besar. betapa banyak anak kita rusak karena bergaul dengan teman yang jelek. Rasulullah bersabda. فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِل. seseorang itu berdasarkan agama temannya. kalau anak kita bergaul dengan anak-anak yang narkoba. maka dia akan kecanduan narkoba. kalau anak kita bergaul dengan dukun. maka dia akan diajari untuk amalan pelet. perdukunan, sihir. namun kalau anak kita bergaul dengan anak-anak shaleh. maka dia akan menjadi orang-orang yang shaleh, InsyaAllahu Ta’ala. maka marilah kita didik. anak-anak kita dengan pendidikan Islam sesuai Al Quran dan sunnah. wa akhirul da’wana anil hamdulillahi rabbil ‘alamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.