Daftar Nama Universitas Terkenal Di Surabaya

Daftar Nama Universitas Terkenal Di Surabaya

Surabaya adalah ibu kota provinsi di Jawa Timur. Surabaya dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan. Heroisme masyarakat Surabaya paling tergambar dalam pertempuran 10 November 1945. Arek-arek Suroboyo, sebutan untuk orang Surabaya, dengan berbekal bambu runcing berani melawan pasukan sekutu yang memiliki persenjataan canggih. Puluhan ribu warga meninggal membela Tanah Air. Peristiwa heroik ini kemudian diabadikan sebagai peringatan Hari Pahlawan. Kota Surabaya, langsung mendapat perhatian Bung Karno. Untuk pertama kali di tahun 1950, Bung Karno menetapkan tanggal 10 November sebagai “Hari Pahlawan”. Sekaligus, Surabaya mendapat predikat “Kota Pahlawan”. Predikat Kota Pahlawan dianugerahkan kepada Surabaya, untuk mengabadikan “Semangat Juang Arek-Arek Suroboyo”. Sudah 74 tahun yang lalu Kota Pahlawan menjadi kenangan. Kini banyak berdiri gedung gedung dan perguruan tinggi, Diantaranya ada daftar nama universitas terkenal di Surabaya yang menjadi paporit untuk calon mahasiswa yang ingin belajar di kota pahlawan ini. Daftar nama universitas terkenal di Surabaya ini dibahas dibawah ini, untuk kepentingan calon mahasiswa yang ingin belajar di sana.

Daftar Nama Universitas Terkenal Di Surabaya

  1. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga merupakan salah satu kampus negeri terbaik di Kota Surabaya. Banyak masyarakat ingin berkuliah di kampus ini. Universitas Airlangga memang memiliki gengsi dan prestise tersendiri bagi masyarakat Kota Surabaya dan warga Jawa Timur. Pola sistem pendidikan yang berkualitas tentunya memang dimiliki oleh Universitas Airlangga ini sebagai salah satu kampus besar di Indonesia.

Peringkat Webometrics:

Universitas Airlangga menduduki peringkat ke-8 di Indonesia dan 1906 di dunia.

Fasilitas:

Tarumanagara Knowledge Center, Sport Club, Perpustakaan, Rumah Sakit, Taman Kampus, akses wifi, dan asrama mahasiswa

Prestasi:

Universitas Airlangga masuk dalam jajaran 200 kampus terbaik se-Asia pada tahun 2014.

Universitas Airlangga juga menyabet gelar ke-2 dalam Lomba Kewirausahaan Tahun 2016 di Palembang. Universitas Airlangga menjuarai Lomba Karya Tulis Ilmiah Tahun 2016. Universitas Airlangga juga turut menyumbang atlet Panahan tim PON Jawa Timur Tahun 2016.

Alamat: Jalan Airlangga No. 4 – 6, Airlangga, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur

  1. Institut Teknologi Sepuluh November

Institut Teknologi Sepuluh November merupakan salah satu kampus kebanggaanwarga Kota Surabaya.Bersama dengan Universitas Airlangga mereka berdua menduduki peringkat teratas kampus terbaik di Kota Surabaya. Institut Teknologi Surabaya ini memang dikenal dengan pendidikan teknologi terapannya yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia Institut Teknologi Surabaya memang salah satu kampus yang berprestasi di Kota Surabaya.

Peringkat Webometrics:

Institut Teknologi Sepuluh November menduduki peringkat ke-12 di Indonesia dan 2169 di dunia.
Fakultas di Institut Teknologi Sepuluh November:
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam;
Fakultas Teknologi Industri;
Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan;
Fakultas Ilmu Kelautan; dan
Fakultas Teknologi Informasi

Fasilitas:

Perpustakaan, Pusat Bahasa, Graha ITS, Pusat Pengembangan Karir, Asrama Mahasiswa, Penerbit & Percetakan, Masjid, Poliklinik, dan Fasilitas Olahraga.

Prestasi:

Institut Teknologi Sepuluh November berhasil menjadi juara ke-2 ajang Gemastik ke-9 di Yogyakarta. Institut Teknologi Sepuluh November juga menjadi juara dalam Bukalapak Programming Contest 2016. Institut Teknologi Sepuluh November juga menjadi juara ke-2 dalam ajang Devcomp Ftif Festival Tahun 2016.

  1. Universitas Kristen Petra

Universitas Kristen Petra merupakan salah satu kampus swasta terfavorit di Kota Surabaya. Banyak orang – orang cerdas dan tenaga ahli lahir di kampus Universitas Kristen Petra ini. Tak heran jika Universitas Kristen Petra ini dilirik sebagai salah satu tempat tujuanmasyarakat dalam mencari tempat kuliah yang berkualitas di Kota Surabaya.

Peringkat Webometrics:

Universitas Kristen Petra menduduki peringkat ke-15 di Indonesia dan 2510 di dunia.
Fakultas di Universitas Kristen Petra:
Fakultas Sastra;
Fakultas Ekonomi;
Fakultas Ilmu Komunikasi;
Fakultas Teknologi Industri;
Fakultas Teknik Sipik & Perencanaan;
Fakultas Keguruan & Pendidikan; dan
Fakultas Seni & Desain

Baca Juga  Daftar Universitas Terkenal Di Jepang

Prestasi:

Masuk dalam jajaran 10 besar kampus terfavorit di Indonesia versi 2013 World University Rankings” oleh 4 International College & University (4ICU). Jurusan Teknik Mesin Universitas Kristen Petra tergabung dalam Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKSTM) Indonesia. Universitas Kristen Petra juga menjalin kerjasama dengan universitas luar negeri seperti Chun Yuan Christian University (Taiwan).

Alamat: Jalan Siwalankerto 121-131, Siwalankerto, Wonocolo, Kota Surabaya, Jawa Timur
Nomor Telepon Pengelola: +6231 8439040
Jam Operasional: 07.30 – 16.00 WIB
Website: http://www.petra.ac.id/

  1. Universitas Surabaya

Universitas Surabaya dahulu bernama Universitas Trisakti Surabaya. Namun seiringdengan perkembangan, kampus ini merubah namanya menjadi Universitas Surabaya. Nama beken untuk Universitas Surabaya adalah UBAYA yang merupakankependekan dari Universitas Surabaya. Universitas Surabaya ini juga merupakan salah satu yang terfavorit di Kota Surabaya.

Peringkat Webometrics:

Universitas Surabaya menduduki peringkat ke-28 di Indonesia dan 3164 di dunia.

Fakultas di Universitas Surabaya:
Fakultas Farmasi;
Fakultas Hukum;
Fakultas Ekonomika & Bisnis;
Fakultas Psikologi;
Fakultas Teknik;
Fakultas Teknobiologi;
Fakultas Kedokteran; dan
Fakultas Industri Kreatif

Fasilitas:

UBAYA Training Center, Career Assistance Center, Perpustakaan, Klinik Medis, Akses wifi, Pusat Bahasa, Gedung Perkuliahan, dan Layanan Konseling

Prestasi:

Universitas Surabaya meraih Indonesia Green Campus pada tahun 2012. Universitas Surabaya juga meraih penghargaan dari majalah TEMPO sebagai universitas swasta terfavorit pada tahun 2013. Pada tahun 2014, Universitas Surabaya meraih SNI Award.

Alamat: Jalan Ngagel Jaya Selatan No.169, Baratajaya, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur
Nomor Telepon Pengelola: +6231 12981005
Jam Operasional: 07.30 – 16.00 WIB
Website: http://www.ubaya.ac.id/

  1. Universitas Narotama

Universitas Narotama juga memiliki kegiatan rutin seperti pelatihan PPAT hingga pelatihan bekal profesi yang lainnya yang dibuka untuk umum.

Universitas Narotama juga menjadi salah satu kampus swasta terfavorit di Kota Surabaya.

Peringkat Webometrics:

Universitas Narotama menduduki peringkat ke-39 di Indonesia dan 3596 di dunia.
Fakultas di Universitas Narotama:
Fakultas Ekonomi & Bisnis;
Fakultas Hukum;
Fakultas Teknik Sipil;
Fakultas Ilmu Komputer; dan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Alumni Terkenal:
Rudy Sapulete, Rindoko Dahono Wingit, dan H. Mush Ludfy.

Fasilitas:

Career Center, Laboratorium, Sistem Informasi Akademik online, Ruang Kuliah full AC, Program Magang, Studio Musik, Auditorium, Fasilitas Olahraga, dan Tempat Parkir yang luas.

Prestasi:

Universitas Narotama meraih sertifikat ISO 9000:2000 dari TUV NORD pada tahun 2014. Universitas Narotama juga menerima Hibah PHA A-I dari DIKTI pada tahun 2007.

Universitas Narotama juga meraih penghargaan terbaik ke-2 dalam ajang Eco Campus oleh BLH Pemerintah Kota Surabaya tahun 2011.

Alamat: Jalan Arief Rachman Hakim No. 51, Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur
Nomor Telepon Pengelola: +6231 5946404
Jam Operasional: 07.30 – 16.00 WIB
Website: https://www.narotama.ac.id/

  1. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya merupakan kampus yang memadukan konsep intelektual dengan ketaatan beragama pada lulusannya.

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel berhasil menjadi salah satu kampus swasta terfavorit di Kota Surabaya. Kampus ini memang dikenal sebagai penghasil cendekiawan muslim di Kota Surabaya. Dahulu kampus ini bernama IAIN Sunan Ampel, hingga akhirnya dirubah menjadi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Peringkat Webometrics:

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya menduduki peringkat ke-44 di Indonesia dan 3833 di dunia.

Baca Juga  Daftar Universitas di Jakarta Timur

Fakultas di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya:
Fakultas Adab & Humaniora;
Fakultas Dakwah & Komunikasi;
Fakultas Tarbiyah & Keguruan;
Fakultas Ushuludin & Filsafat;
Fakultas Syari’ah & Hukum;
Fakultas Sains & Teknologi;
Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam;
Fakultas Psikologi & Kesehatan; dan
Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Fasilitas:

Ruang Kuliah Multimedia, Laboratorium Audio Visual, Perpustakaan, Pesantren Mahasiswa, Fasilitas Kesehatan, dan Tempat Ibadah

Prestasi:

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya menjadi salah satu universitas Islam yang bernaung di bawah Kementerian Agama Republik Indonesia yang memiliki visi sebagai universitas Islam yang ingin memiliki taraf internasional.

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya memiliki Pusat Bisnis yang dijadikan sebagai tempat pengembangan bisnis bagi mahasiswa, pihak kampus Universitas Islam Negeri Ampel Surabaya dan koleganya.

Alamat: Jalan Ahmad Yani No.117, Wonocolo, Jemur Wonosari, Wonocolo, Kota Surabaya, Jawa Timur
Nomor Telepon Pengelola: +6231 8410298
Jam Operasional: 07.30 – 16.00 WIB
Website: http://www.uinsby.ac.id/

  1. Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya adalah salah satu kampus negeri yang bisa ditemukan di Kota Surabaya. Universitas Negeri Surabaya dahulu bernama IKIP Surabaya, dimana pada perkembangannya akhirnya kampus ini resmi menggunakan nama Universitas Negeri Surabaya. Universitas Negeri Surabaya ini memang menjadi salah satu kampus idaman di Kota Surabaya

Peringkat Webometrics:

Universitas Negeri Surabaya menduduki peringkat ke-52 di Indonesia dan 4214 di dunia.
Fakultas di Universitas Negeri Surabaya:
Fakultas Ilmu Pendidikan;
Fakultas Bahasa & Seni;
Fakultas Matematika & IPA;
Fakultas Ilmu Sosial & Hukum;
Fakultas Teknik;
Fakultas Keolahragaan; dan
Fakultas Ekonomi

Fasilitas:

Asrama Mahasiswa, Kantin Mahasiswa, Career Center, Laboratorium Pendidikan, dan Gedung Perkuliahan.

Prestasi:

Universitas Negeri Surabaya merupakan salah satu perguruan tinggi penggagas dirubahnya SPMB menjadi SNMPTN. Universitas Negeri Surabaya adalah salah satu Universitas Badan Layanan Umum.

Alamat: Jalan Ketintang Baru XII No.34, Ketintang, Gayungan, Kota Surabaya, Jawa Timur
Nomor Telepon Pengelola: +6231 8280009
Jam Operasional: 07.30 – 16.00 WIB
Website: https://www.unesa.ac.id/

  1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya memiliki peringkat 60 di Indonesia dan memiliki peringkat 4642 di dunia (versi webometrics). Politeknik Elektronika Negeri Surabaya memiliki 9 Program Studi dan 5 Departemen. Program Studi yang ada di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya antara lain, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro Industri, Teknik Informatika, Teknik Mekatronika, Teknik Komputer, Teknologi Multimedia Penyiaran, Sistem Pembangkitan Energi, dan Teknologi Game.

Sedangkan Departemen yang ada di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya antara lain, Teknik Elektro, Teknik Informatika dan Komputer, Teknik Mekanika dan Energi, Teknik Multimedia Kreatif, dan Pascasarjana. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya memiliki fasilitas pendukung pendidikan yang berkualitas yang mampu dimanfaatkan oleh para mahasiswanya, seperti bengkel dan laboratorium serta peralatan multimedia yang modern yang mampu memanjakan para mahasiswanya selama berkuliah di kampus ini.

Peringkat Webometrics:

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya mendudukiperingkat ke-60 di Indonesia dan 464 di dunia.
Program Studi di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya:
Program Studi Teknik Elektronika;
Program Studi Teknik Telekomunikasi;
Program Studi Teknik Elektro Industri;
Program Studi Teknik Informatika;
Program Studi Teknik Mekatronika;
Program Studi Teknik Komputer;
Program Studi Teknologi Multimedia Penyiaran;
Program Studi Sistem Pembangkitan Energi, dan
Program Studi Teknologi Game.

Fasilitas:

Hall, Teater, Auditorium, Perpustakaan, Ruang Virtual Conference, Training Center, Secure Parking, Asrama, Food Court, Fasilitas Olahraga, Mushola, ATM, dan Taman Wifi.

Prestasi:

Juara 1 dalam kontes Wheeled Fire Robot Contest 2014 di Amerika Serikat. Juara 1 Applicative Robot Indonesia ICT Award 2014. Juara 1 Kontes Robot Sepakbola Indonesia Tahun 2014.

Baca Juga  Daftar Universitas di Samarinda

Juara 1 Kontes Robot Seni Indonesia Tahun 2014. Meraih JICA Award untuk International Cooperation.

Alamat: Jalan Raya ITS Politeknik Elektronika, Kampus ITS Sukolilo, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur
Nomor Telepon Pengelola: +6231 5947280
Jam Operasional: 07.30 – 16.00 WIB
Website: http://www.pens.ac.id/

  1. STIKOM Surabaya

STIKOM Surabaya memiliki peringkat 109 di Indonesia, dan memiliki peringkat 6939 di dunia (versi webometrics). STIKOM Surabaya memiliki 2 Fakultas yaitu Fakultas Teknologi dan Informasi dan Fakultas Bisnis dan Ekonomi. STIKOM Surabaya memang mengkhususkan diri pada bidang teknologi informasi dan ekonomi dimana banyak jurusan yang bisa diambil di dalam 2 fakultas yang kami sebutkan sebelumnya. Para alumni STIKOM Surabaya dididik untuk menjadi sosok tenaga kerja yang handal yang memang dibutuhkan oleh dunia teknologi informasi dan ekonomi & bisnis yang menuntut tenaga kerja yang mumpuni. Fasilitas seperti gedung perkuliahan dan tenaga pengajar yang profesional tentu bisa menjadi pendorong kita untuk berkuliah di kampus STIKOM Surabaya ini.

Peringkat Webometrics:

STIKOM Surabaya menduduki peringkat ke-109 di Indonesia dan 6939 di dunia.
Fakultas di STIKOM Surabaya:
Fakultas Teknologi dan Informasi; dan
Fakultas Bisnis dan Ekonomi
Alumni Terkenal:
Bambang Hariadi dan Nurhesti Esa Dwirini

Fasilitas:

Gedung Pertemuan, Tempat Ibadah, Klinik Kesehatan, Koperasi, Fasilitas Olahraga, Perpustakaan, dan Laboratorium.

Prestasi:

STIKOM Subaraya menduduki peringkat 8 besar dalam lomba kemasan Internasional yang diselenggarakan FPA (Flexible Packaging Association) tahun 2008. STIKOM Subaraya masuk dalam 3 besar Perguruan Tinggi Swasta Se-Jawa Timur dalam bidang IT versi majalah TEMPO tahun 2010.

Alamat: Jalan Raya Kedung Baruk No. 98, Penjaringan Sari, Rungkut, Raya Kedung Baruk, Kedung Baruk, Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur
Nomor Telepon Pengelola: +6231 8721731
Jam Operasional: 07.30 – 16.00 WIB
Website: http://www.stikom.edu/

  1. STIE Perbanas Surabaya

STIE Perbanas Surabaya dikenal dengan prestasi bola basket mereka di Jawa Timur. STIE Perbanas merupakan kampus yang dikelola oleh Perhimpunan Bank Nasional dan Umum di Kota Surabaya. STIE Perbanas mengkhususkan diri pada basis keilmuan di bidang bisnis & perbankan. STIE Perbanas Surabaya sendiri memang memiliki sebuah gengsi tersendiri di kalangan masyarakat Kota Surabaya dan sekitarnya.

Peringkat Webometrics:

STIE Perbanas menduduki peringkat 132 di Indonesia dan 8779 di dunia.
Peringkat Webometrics:
Program Studi di STIE Perbanas Surabaya:
Program Studi D3 : D3 Akuntansi dan D3 Keuangan & Perbankan
Program Studi S1 : S1 Akuntansi, S1 Manajemen, dan S1 Ekonomi Islam
Program Studi S2 : Magister Manajemen

Fasilitas:

Gedung Sekretariat, Gedung Perkuliahan, Ruang English Self Access, Ruang Pameran, Katalog Online, Sistem Informasi Online, dan Perpustakaan.

Prestasi:

STIE Perbanas Surabaya menjuarai kompetisi Business Plan yang diadakan oleh Pertamina tahun 2010. Juara 2 Kompetisi Pajak Nasional di UNAIR Surabaya pada tahun 2011.

Juara 1 Pekan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional di Makasar yang diselenggarakan oleh DIKTI pada tahun 2011.

Alamat: Jalan Nginden Semolo No. 34-36, Jangkungan, Ngenden Jangkungan, Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur
Nomor Telepon Pengelola: +6231 5947151
Jam Operasional: 07.30 – 16.00 WIB
Website: http://www.perbanas.ac.id/

Demikian Daftar nama universitas terkenal di Surabaya semoga menjadi amal ibadah dan bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Download

  1. Universitas Terbaik di Surabaya

  2. 22 Universitas Terbaik di Indonesia 2019

  3. Top Universities in East Java 2019

  4. Daftar Lengkap 100 Perguruan Tinggi Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.