Download Buku Modul Smp Ipa Revisi Pengembangan Kepropesian Berkelanjutan

Download Buku Modul SMP IPA Revisi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Hallo, dalam postingan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Admin juga menyediakan file modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru IPA Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Bagi Anda seorang guru pasti akan sangat memerlukan informasi ini. Berikut ulasan informasinya.  

Peningkatan kualitas guru menjadi sangat penting apalagi bagi Anda seorang guru yang telah mendapat sertifikat pendidik, hal ini karena telah menjadi kewajiban guru untuk lebih meningkatkan kualitas profesionalnya dengan melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Ini semua di rancang untuk meningkatakan pengetahuan, karakteristik, pemahaman, dan keterampilan serta diharapkan dapat mempercepat dalam mengembangkan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadiannya.

Peningkatan kuliatas guru yang lebih baik menjadi tuntutan yang harus diperhatikan oleh semua guru di Indonesia. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) atau Continuing Professional Development (CPD) sekarang ini banyak dibahas, hal ini dikarenakan bahwa PKB ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam menyelesaikan tuntutan peningkatan kualitas guru. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) sebagai peningkatan pengetahuan dan perbaikan keterampilan profesional yang dilakukan terus menerus oleh seorang guru. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan kesempatan guru untuk mengoptimalkan pengembangan karirnya. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan harus dapat  mendukung perubahan kualitas guru yang lebih baik lagi khususnya dalam praktik-praktik pembelajaran dan pengembangan serta kemajuan karirnya.

Dalam Pasar 1 ayat 5 (UU no 16 tahun 2009) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan dalam rangka meningkatkan profesionalisnya. Materi modul di kembangkan berdasarkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007, Kompetensi Pedagogik yang pertama dan yang keenam yaitu mengenai Karakteristik Peserta Didik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik. Nah potensi peserta didik ini dapat terwujud melalui prestasi yng diperoleh peserta didik secara optimal. Peserta didik merupakan subjek yang akan diberikan pembelajaran oleh guru, untuk itu diperlukan pengembangan untuk potensi peserta didik tersebut, guru harus lebih kerja keras, guru perlu termotivasi, serta kreatif mengenai karakteristik yang dimiliki peserta didik dan cara-cara untuk mengembangkannya agar dapat terwujud menjadi sebuah prestasi.

Berikut Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan seperti terlihat pada gambar berikut ini :

Guru diharapkan dapat mempelajari dan memahami modul tersebut dengan baik. setelah guru mempelajari modul tersebut diharapkan guru dapat lebih memahami kompetensi pedagogi serta dapat membantu peserta didik dalam mewujudkan potensinya dalam rangka mencapai prestasi yang optimal.

Agar pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dapat mendukung kebutuhan serta dapat meningkatkan praktik keprofesionalannya, kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan harus dapat :

  1. Menyajikan landasan yang kuat mengenai metodologi pembelajaran untuk mata pelajaran tertentu.
  2. Memberikan pengetahuan mengenai materi pembelajaran yang diampu.
  3. Menyediakan pengetahuan yang lebih umum tentang proses pembelajaran.
  4. Membuat guru terhubung dengan ide-ide dan sumberdaya yang ada secara intelektual.
  5. Mencakup bermacam-macam kegiatan termasuk kegiatan yang belum terpikirkan sebelumnya sesuai dengan kebutuhan
  6. Bekerjasama dengan para ahli dalam bidangnya yang akan berpartisipasi dalam kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
  7. Menyediakan sumberdaya, dukungan serta waktu yang cukup bagi guru agar dapat menguasai isi materi pelajaran pedagogi serta mengintegrasikannya dalam praktik pembelajaran sehari-hari.
  8. Berkontribusi terhadap pengukuran peningkatan keberhasilan peserta didik.

Selain itu, Modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan salah satu upaya untuk mendukung keberhasilan suatu program diklat. Modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan jenjang Sekolah Menengah Pertama ini diharapkan dapat membantu sebagai bahan bacaan wajib bagi para peserta diklat dalam rangka meningkatkan pemahaman kompetensi pedagogik dan profesioanl terkait dengan tupoksinya

Bagi Anda yang memerlukan modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru IPA jenjang Sekolah Menengah Pertama dapat Anda Download pada link di bawah ini

  1. Modul PKB Guru IPA SMP Revisi 2017 Kelompok Kompetensi A klik disini
  2. Modul PKB Guru IPA SMP Revisi 2017 Kelompok Kompetensi B klik disini
  3. Modul PKB Guru IPA SMP Revisi 2017 Kelompok Kompetensi C klik disini
  4. Modul PKB Guru IPA SMP Revisi 2017 Kelompok Kompetensi D klik disini
  5. Modul PKB Guru IPA SMP Revisi 2017 Kelompok Kompetensi E klik disini
  6. Modul PKB Guru IPA SMP Revisi 2017 Kelompok Kompetensi F klik disini
  7. Modul PKB Guru IPA SMP Revisi 2017 Kelompok Kompetensi G klik disini
  8. Modul PKB Guru IPA SMP Revisi 2017 Kelompok Kompetensi H klik disini
  9. Modul PKB Guru IPA SMP Revisi 2017 Kelompok Kompetensi I klik disini
  10. Modul PKB Guru IPA SMP Revisi 2017 Kelompok Kompetensi J klik disini

Semoga informasi dan file modul Pengembangan Keprofesian Berkenajutan ini dapat bermanfaat. Jangan lupa share

Baca Juga  Kumpulan Alamat Web Link Pengelolaan Data Pendidikan Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.