Fungsi Mitokondria Pengertian Dan Strukturnya

Fungsi Mitokondria Pengertian Dan Strukturnya

Pengertian Mitokondria

Salah satu organel sel dan berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fungsi respirasi sel pada makhluk hidup yaitu  mitokondria.

Mitokondria memiliki 2 lapisan membran,

  • lapisan membran luar
  • lapisan membran dalam.

Pada lapisan membran bagian dalam terdapat lipatan-lipatan yang disebut dengan cristae atau krista. Di dalam mitokondria terdapat sebuah ruangan yang disebut matriks, dimana terdapat beberapa mineral yang dapat ditemukan pada ruangan tersebut. Sel yang memiliki banyak sekali mitokondria dapat dijumpai di jantung, hati, serta otot.

Dalam mitokondria terdapat 2 membran,

  • ruang inter membran
  • matriks

Mitokondria memiliki ruang diantara kedua membran yang disebut dengan ruang intermembran. Ruangan ini sempit serta selektif. Membran bagian luar tidak dapat dilalui oleh molekul kecil dan tidak dapat dilalui oleh protein dan molekul yang berukuran besar.

Matriks adalah ruang yang dibungkus oleh membran dalam. Dalam matriks terjadi beberapa proses metabolisme. Protein yang ikut dalam proses respirasi serta enzim pembuat ATP dibentuk di membran dalam. Membran dalam mempunyai permukaan yang luas. Membran dalam memiliki permukaan yang luas yang berfungsi untuk meningkatkan produktivitas respirasi selular. Bagian dalam matriks banyak mengandung ribosom, protein, RNA dan DNA. Oleh karena itu, mitokondria merupakan salah satu organel sel yang dapat mensintesis protein, selain inti sel atau nukleus dan Retikulum endoplasma.

Perlu diketahui bahwasannya DNA mitokondria berbeda dengan DNA yang terdapat dalam inti sel (nukleus). DNA yang terdapat dalam inti sel hanya berjumlah 2 kopi dalam tiap sel dan sedangkan DNA mitokondria berjumlah lebih dari 1000 kopi dalam tiap sel. Dalam segi bentuk, DNA mitokondria berbentuk lingkaran sedangkan DNA dalam inti sel berbentuk linear. Perbedaan antara DNA mitokondria dan DNA nukleus terdapat pada bagian hereditasnya. DNA mitokondria hanya diturunkan dari ibu serta bersifat haploid /n sedangkan DNA nukleus merupakan pencampuran dari DNA kedua orang tua. Selain itu, perbedaan antara DNA nukleus dan DNA mitokondria terdapat dalam jumlah genom keduanya. Genom DNA mitokondria lebih sedikit, hal ini dikarenakan secara garis besar hanya membawa gen yang berfungsi pada proses respirasi selular.

Baca Juga  Materi Genetik Pdf

Terdapat sebuah hipotesis yang menyatakan bahwa mitokondria merupakan organel dari hasil evolusi sel α-proteobacteria prokariota yang ber-endosimbiosis dengan sel eukariota. Hipotesis tersebut didukung dengan beberapa fakta yang menyertainya, antara lain :

  1. Adanya DNA yang terdapat di dalam mitokondria yang menunjukkan bahwa dahulu mitokondria adalah entitas yang terpisah dari sel inangnya
  2. Adanya beberapa kemiripan antara mitokondria dan bakteri, baik dalam segi ukuran maupun cara reproduksi dengan cara membelah diri, juga struktur DNA yang berbentuk lingkaran.

Struktur Mitokondria

  • Membran Luar

Membran ini tersusun atas fosfolipid bilayer yang bersifat semi permeable dan mengandung protein porin. Lapisan ini dapat dilewati (permeable) oleh ion-ion, ATP (Adenosina trifosfat), ADP (Adenosina difosfat), dan molekul-molekul nutrisi.

  • Membran Dalam

 Merupakan membran kompleks tapi permeable yang terbentuk dari molekul-molekul kompleks transpor elektron, kompleks ATP sintase, dan transport protein.

  • Krista

 Krista adalah lipatan yang terdapat di membran dalam mitokondria. Krista membantu perluasan struktur membran dalam sel ketika dibutuhkan ruang untuk lebih banyak molekul-molekul DNA mitokondria.

  • Ruang Antar Membran

 Merupakan ruang yang terdapat di antara membran luar dan membran dalam. Ruang antar membran bertanggung jawab atas fosforilasi oksidatif.

  • Matriks

 Matriks berisi molekul-molekul DNA (bertanggung jawab atas respirasi sel), enzim-enzim (bertanggung jawab atas siklus reaksi asam sitrat), gas-gas terlarut (seperti oksigen & karbon dioksida), dan air.

Fungsi Mitokondria

Tentunya fungsi utama mitokondria adalah respirasi sel. Respirasi sel adalah proses kimiawi untuk melepaskan energi yang tersimpan dalam glukosa. Energi yang digunakan untuk pemecahan glukosa disediakan oleh molekul-molekul ATP. Molekul-molekul ATP ini dihasilkan oleh organel ini sendiri. Seluruh proses respirasi aerob sel terdiri atas 3 langkah sebagai berikut:

  • Glikolisis

    Istilah ini sendiri memiliki arti “pemecahan glukosa”. Glikolisis merupakan tahap pertama dari respirasi sel. Glukosa memiliki enam atom karbon. Enzim-enzim pada sitosol mengoksidasi molekul glukosa menjadi dua molekul yang masing-masing memiliki tiga atom karbon. Glikolisis menghasilkan dua molekul ATP, dua molekul asam piruvat, dan dua molekul NADH (Nikotinamida adenina dinukleotida).

  • Siklus Krebs (Siklus Asam Sitrat)

    Sebelum siklus krebs dimulai dilakukan dekarboksilasi oksidatif, molekul-molekul asam piruvat yang dihasilkan dari glikolisis diubah menjadi Koenzim-A asetil untuk digunakan dalam siklus krebs. Siklus krebs kemudian mengoksidasi asetil-KoA menjadi karbon dioksida, proses ini juga menghasilkan 3 molekul NADH dan 1 molekul FADH₂.

  • Transpor Elektron

    Rantai transpor elektron terdiri atas serangkaian pembawa elektron yang dihasilkan pada membran mitokondria dari siklus krebs (NADH & FADH₂). Molekul-molekul ATP dihasilkan dari reaksi redoks NADH & FADH₂. Sel eukariotik menghasilkan sekitar 36 ATP setelah melakukan respirasi sel.

Fungsi Lainnya Mitokondria

  • Pensinyalan sel untuk neuron-neuron
  • Mengelola apoptosis
  • Mengendalikan siklus sel
  • Mengawasi diferensiasi, pertumbuhan, dan perkembangan sel

Demikian artikel ini, pasti akan bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya

Download Pdf

  1. ORGANELA SEL EUKARIOTIK Pdf

  2. Fungsi Mitokondria Pdf

  3. STRUKTUR DAN FUNGSI MITOKONDRIA Pdf

  4. Peran Genetik DNA Mitokondria Pdf

  5. Pengertian Mitokondria pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.