Hal-hal yang Dilarang Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Untuk rekan-rekan yang berprofesi sebagai pendidik maupun tenaga kependidikan, hendaknya kita memperhatikan hal-hal yang dilarang pendidik dan tenaga kependidikan.

Yang ditekankan disini terutama untuk Guru, Dosen, Karyawan maupun bagian Tata Usaha yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan.

Baik dari tingkat pendidikan dasar, menengah maupun tinggi. Agar kita tidak tersandung hukum nantinya.

Dalam pengelolaan penyelenggaraan pendidikan, tentu kita tidak boleh membuat kebijakan sendiri semau kita, kita harus memperhatikan undang-undang yang berlaku.

Tulisan kali ini, penulis akan menyampaikan tentang apa saja yang dilarang bagi tenaga pendidik dan kependidikan sesuai PP 17 Tahun 2017 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan pasal 135.

Diharapkan setelah membaca tulisan ini, apabila masih terdapat kebijakan di tempat bapak/ibu bekerja terjadi pelanggaran, bapak/ibu dapat mengingatkan kepada pembuat kebijakan.

Dalam Peraturan Pemerintah tersebut yang dimaksud dengan:

Pengelolaan pendidikan adalah pengaturan kewenangan dalam penyelenggaraan sistem pendidikan nasional oleh Pemerintah, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, penyelenggara pendidikan yang didirikan
masyarakat, dan satuan pendidikan agar proses pendidikan dapat berlangsung sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Penyelenggaraan pendidikan adalah kegiatan pelaksanaan komponen sistem pendidikan pada satuan atau program pendidikan pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan agar proses pendidikan dapat berlangsung sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Apa sajakah hal-hal yang dilarang pendidik dan tenaga kependidikan dalam menyelenggarakan pendidikan?

  1. Menjual buku pelajaran, bahan ajar, dan pakaian seragam di satuan pendidikan.Kegiatan menjual buku maupun bahan ajar tidak diperkenankan di lingkungan sekolah. Untuk pengadaan seragam sekolah pun juga tidak diperbolehkan.
  2. Memungut biaya dalam memberikan bimbingan belajar/les kepada peserta didik di satuan pendidikan.Pemberian bimbingan belajar/les maupun tambahan pelajaran pada jam tertentu dan kegiatan ekstrakulikuler, tidak diperkenankan untuk memungut biaya.
  3. Melakukan sesuatu yang mencederai integritas evaluasi hasil belajar peserta didik.Diharapkan evaluasi hasil belajar peserta didik didasarkan pada hasil evaluasi nyata yang diperoleh siswa.
  4. Pungutan kepada peserta didik secara langsung maupun tidak langsung yang bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.Pungutan tidak diperbolehkan dalam bentuk apapun di lingkungan sekolah. tetapi masih simpang siur tentang sumbangan sukarela, diperbolehkan atau tidak.
Baca Juga  Download Dokumen Kalender Pendidikan Kaldik 2017 2018 Resmi

hal-hal yang dilarang pendidik dan tenaga kependidikan

Hal-hal tersebut diatas merupakan hal-hal yang sifatnya sensitif dalam dunia pendidikan. karena berkaitan dengan keuangan.

Tenaga pendidik dan kependidikan diharapkan tidak mencari keuntungan pribadi dalam penyelenggaraan pendidikan.

Penulis sendiri sangat setuju dan mendukung pemerintah dalam kebijakan tentang penyelenggaraan pendidikan tersebut, bukan berarti penulis idealis atau bagaimana.

Mengingat kita berprofesi sebagai tenaga pendidik dan kependidikan, kita memang seharusnya tidak mencari keuntungan dalam penyelenggaraan pendidikan.

Mari kita luruskan kembali niat kita dalam menyelenggarakan pendidikan di negara kita.

Dengan tidak mencari keuntungan tersebut, mudah-mudahan rezeki kita semakin berkah, kita diberikan kesehatan dan keluarga kita mendapatkan rezeki yang halal.

Demikian hal-hal yang dilarang pendidik dan tenaga kependidikan dalam menyelenggarakan pendidikan.

Untuk anda yang ingin membaca secara keseluruhan tentang PP 17 No. 2010 silahkan anda download di sini.

dan perubahan dari PP 17 tahun 2010 ada pada PP 66 tahun 2010 dapat anda download di sini.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.