Jelaskan 3 Manfaat Keberagaman di Lingkungan Sekolah

Jelaskan 3 Manfaat Keberagaman di Lingkungan Sekolah

Sebelum membahas manfaat keberagaman di lingkungan sekolah, berikut beberapa penjelasan mengenai keberagaman, diantaranya :

Pengertian Keberagaman Budaya di Indonesia

Keberagaman pengertiannya sama seperti keanekaragaman, bermacam-macam dan banyak. Keanekaragaman kebudayaan berarti kebudayaan tersebut bermacam-macam dan dapat dilihat dari berbagai aspek, contohnya aspek peralatan dan perlengkapan hidup manusia, sistem ekonomi, sistem kemasyarakatan, sistem pengetahuan, religi/kepercayaan, mata pencaharian hidup, bahasa, dan kesenian.

Faktor Pembentuk Keberagaman Budaya

Fakor utama pembentuk keberagaman yaitu manusia yang memiliki kebudayaan tersebut. Kemudian faktor yang lainnya, yakni :

  1. Pertemuan Bangsa Bangsa

Kita ketahui bahwa di Indonesia memiliki beberapa candi yang terdapat di beberapa daerah di Indonesia. Candi-candi di Indonesia tersebut seperti Borobudur, dan ada juga candi Prambanan. Candi-candi tersebut tidak terlepas dari pengaruh kebudayaan Hindu dan Budha dari India. Perpindahan bangsa-bangsa pendukung kebudayaan Dongson dari Yunan (Cina Selatan) ke Nusantara membuat masyarakat Nusantara mengenal kebudayaan perunggu, cara melebur dan mencetak logam. Selain itu, pertemuan bangsa-bangsa yang disebabkan karena penjajahan dan perdagangan juga dapat mempengaruhi keanekaragaman kebudayaan yang ada di Indonesia.

  1. Faktor Ras

Dari hasil penelitian antropologi Fisis menyatakan bahwa perbedaan antar ras (induk bangsa) terletak pada ciri-ciri tubuhnya. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa selain dari fisiknya, perbedaannya juga ada pada jiwa dan rohaninya. Perbedaan tersebut memungkinkan adanya perbedaan budaya.

  1. Kepercayaan yang Kuat dan Mengakar

Salah satu contohnya yaitu dahulu munculnya teknologi bangun piramida yang sangat hebat dan teknik pengawetan mayat atau mumi yang juga terkenal. Hal ini disebabkan karena dahulu orang Mesir Kuno mempunyai kepercayaan mengenai roh orang yang meninggal akan tetap abadi selama jenazahnya masih utuh. Oleh sebab itu, jenazah para raja dirawat dan diawetkan, lalu disimpan pada tempat yang kokoh supaya tetap aman.

  1. Lingkungan

Situasi dan kondisi alam yang menjadi tempat tinggal atau bermukim manusia akan mempengaruhi corak budaya yang akan masyarakat tersebut munculkan. Misalnya masyarakat nelayan akan memunculkan alat-alat untuk menangkap ikan. Contoh lainnya masyarakat petani akan memunculkan alat-alat pertanian seperti cangkul, alat pembajak tanah dan lain sebagainya. Sehingga dengan situasi dan kondisi lingkungan tempat tinggal masyarakat, akan menentukan sistem mata pencaharian masyarakat tersebut sesuai dengan keadaan lingkungan tempat tinggal mereka.

Manfaat Keberagaman Budaya di Indonesia

Manfaat keberagaman budaya di Indonesia sendiri, diantaranya sebagai berikut :

  • Daya tarik wisatawan
  • Potensi keberagaman budaya bisa dijadikan objek dan tujuan pariwisata di setiap daerah.
  • Menambah pendapatan negara
  • Mendorong integrasi nasional.
  • Membuka peluang usaha.
  • Pemikiran yang timbul dari SDM di masing-masing daerah dapat pula dijadikan acuan bagi masyarakat.
  • Masyarakat kaya akan pengetahuan.
  • Memperkaya perbendaharaan istilah dalam bahasa indonesia.
  • Membentuk masyarakat yang toleran.
  • Keberagaman budaya bisa meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Sebagai identitas negara.

Manfaat Keberagaman di Lingkungan Sekolah

Manfaat keberagaman di lingkungan sekolah, diantaranya :

  1. Lebih Mudah Dalam Memahami Perbedaan

Latar belakang yang berbeda bisa dari bahasa, agama, suku, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dalam diri setiap siswa atau pelajar di sekolah sifat menghargai perbedaan atau sifat toleransi harus ditanamkan sejak dini. Siswa yang bersekolah di sekolah yang bukan berbasis agama akan lebih dapat menghargai perbedaan. Hal ini disebabkan di sekolah tersebut siswanya ada yang mempunyai latar belakang agama yang berbeda. Dengan adanya keberagaman, siswa akan semakin menghargai perbedaan yang ada di lingkungan sekolah.

  1. Belajar Bersosialisasi

Sekolah merupakan tempat bersosialisasi dengan orang lain selain dari lingkungan keluarga. Di sekolah, siswa dituntut untuk berbicara dan berinteraksi dengan teman-temannya. Adanya siswa-siswa dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda. Hal ini menjadi keberagaman yang muncul di lingkungan sekolah. Keberagaman di sekolah mengajarkan siswa untuk beradaptasi dan memahami sifat setiap individu. Dengan begitu, siswa akan belajar bersosialisasi dengan individu-individu di lingkungan sekolahnya, sebelum nantinya siswa bersosialisasi di masyarakat.

  1. Dapat Mengetahui Bahasa Daerah Lain

Dengan adanya beberapa siswa dengan latar belakang daerah yang berbeda dan bahasa yang berbeda. Siswa juga belajar bersosialisasi dengan menggunakan bahasa yang berbeda-beda dari siswa dengan latar belakang yang berbeda. Hal tersebut akan memberikan manfaat kepada siswa untuk belajar bahasa lain. Dengan begitu, siswa akan semakin mengerti tentang budaya dan bahasa daerah di Indonesia. Hal ini akan membuat siswa menjadi tertarik untuk belajar. Selain itu, siswa akan mencintai Indonesia dengan keragaman budaya dan bahasa

Baca Juga : Apa Hubungan Persatuan dan Keberagaman Bagi Bangsa Indonesia

Faktor Penyebab Perubahan Budaya

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan suatu kebudayaan berubah, diantaranya :

  1. Faktor Manusia

Manusia bisa menciptakan suatu kebudayaan yang bersifat material maupun yang bersifat non material dengan akal, perasaan dan karsa yang dimiliki manusia. Manusia diciptakan oleh Tuhan sebagai makhluk yang mempunyai akal dan juga perasaan. Dengan akal yang dimiliki manusia tersebut, manusia dapat memenuhi kebutuhannya dengan menghasilkan suatu karya buatan manusia. Selain itu manusia dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, indah dan tidak indah atau jelek dengan perasaan yang manusia miliki. Sedangkan karsa merupakan upaya manusia melindungi diri terhadap kekuatan-kekuatan lain yang ada dalam masyarakat.

  1. Faktor Latar Belakang Historis 

Nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan. Yunan adalah wilayah Cina bagian selatan. Mereka berpindah dan melakukan perjalanan, berhenti di berbagai tempat, serta menetap dalam jangka waktu yang lama. Sehingga setelah perjalanan panjang tersebut sampailah juga mereka di Nusantara. Selama dalam perjalanan menetap di berbagai tempat-tempat tersebut, mereka sudah menyesuaikan diri atau melakukan adaptasi dengan lingkungan-lingkungannya. Selain itu, mereka juga mengembangkan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan khusus sebelum melakukan perjalanan kembali. Perbedaan jalur perjalanan, proses adaptasi di berbagai tempat persinggahan yang berbeda, dan pengalaman serta pengetahuan yang berbeda itulah menyebabkan timbulnya perbedaan suku bangsa dan budaya yang ada di Indonesia.

  1. Faktor Lingkungan Alam atau Kondisi Geografis

Terjadinya bencana alam seperti banjir besar, angin topan, gunung meletus, gempa bumi, kemarau yang berkepanjangan, dan lain sebagainya, menyebabkan masyarakat yang menempati suatu daerah terpaksa harus meninggalkan tempat yang didiaminya. Oleh karena itu, masyarakat tersebut akan mulai beradaptasi dengan sendirinya dan lingkungan dengan cara membentuk atau menciptakan kebudayaan yang baru.

  1. Pengaruh Kebudayaan lain

Perubahan kebudayaan diantaranya akulturasi, asimilasi, enkulturasi dan inovasi. Kondisi yang mendorong perubahan kebudayaan dalam masyarakat yaitu adanya hubungan antar manusia dan antar kelompok dalam masyarakat sehingga terjadi kontak dan pertukaran budaya antar individu lainnya.

  1. Faktor Perubahan Nilai Nilai dan Sikap

Setiap individu dalam melaksanakan aktivitas yang selalu berdasarkan serta berpedoman kepada nilai-nilai yang ada dan hidup dalam masyarakat. Di lain pihak nilai-nilai ini sangat mempengaruhi tindakan dan perilaku manusia baik secara perorangan, kelompok maupun terhadap masyarakat itu sendiri.

  1. Perubahan Kependudukan

Perubahan kependudukan dapat terjadi karena adanya gerak kemasyarakatan. Gerak kemasyarakatan dibagi menjadi dua yakni gerak kemasyarakatan bersifat vertikal dan gerak kemasyarakatan bersifat horizontal.

  1. Faktor Kemajuan Teknologi

Kemajuan teknologi menimbulkan perkembangan dan kemajuan di lapang sosial. Contohnya pengaruh penemuan radio memiliki efek pada pendidikan, pengangkutan, lapangan rekreasi, agama, ekonomi, pertanian, pemerintah dan sebagainya.

Contoh Keberagaman Budaya Lokal di Masyarakat Setempat

  1. Keberagaman Suku Bangsa

Menurut Van Vollenhoven suku bangsa Indonesia diklasifikasikan menjadi 19 daerah suku bangsa. Suku bangsa Jawa merupakan komunitas terbesar dari penduduk di Indonesia, diikuti dengan suku bangsa Sunda, Madura, Minangkabau, Bugis, Batak, Bali, Ambon, Dayak, dan lainnya.

  1. Keberagaman Agama

Beberapa agama yang ada di Indonesia diantaranya Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghuchu.

  1. Keberagaman Bahasa

Ada sekitar 250 bahasa dan dialek yang dikelompokkan berdasarkan keompok suku bangsa dan tersebar di Indonesia. Bahasa daerah yang utama di Indonesia diantaranya bahasa Betawi, Jawa, Sasak, Aceh, Minahasa, Batak, Dayak, Ambon, Toraja, Irian Bugis, dan bahasa-bahasa daerah lainnya. Diantara bahasa-bahasa daerah tersebut terdapat dialek yang berbeda-beda. Bahasa nasional Indonesia diperkenalkan secara resmi dari kemerdekaan Indonesia dan diberi nama bahasa Indonesia. Struktur bahasa Indonesia merupakan bahasa Melayu yang diperkaya bahasa-bahasa daerah Nusantara.

  1. Keberagaman Tradisi

Macam-macam tradisi di Indonesia, diantaranya :

  • Tradisi Ngaben.
  • Tradisi Adat Jawa.
  • Tradisi Perkawinan Batak.
  • Tradisi Batapung Tawar Maayun.
  • Tradisi Upacara Labuhan Merapi.
  • Kentrung (Tradisi Lisan).
  • Tradisi Era Era Tu Urau.
  • Tradisi Dugderan Di Kota Semarang.

 

  1. Keberagaman Kesenian

Salah satu contoh kesenian dari suku Jawa yaitu mempunyai alat musik yang bernama gamelan. Suku Sunda mempunyai alat musik yang bernama angklung. Setiap suku bangsa di Indonesia mempunyai kesenian dan kebudayaan yang berbeda.

Untuk selengkapnya mengenai materi keberagaman budaya, dapat Anda download file Pdf nya dengan klik link di bawah ini :

Jelaskan 3 Manfaat Keberagaman di Lingkungan Sekolah

Download Materi Keberagaman Budaya Pdf

Demikian informasi mengenai keberagaman budaya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Jangan lupa share dan kunjungi terus web site kami. Nantikan informasi-informasi penting lainnya hanya di dapurpendidikan.com

Baca Juga  DPR Memegang Kekuasaan Untuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.