Jelaskan Pengertian Paragraf Dengan Lengkap Dan Contohnya

Jelaskan Pengertian Paragraf Dengan Lengkap Dan Contohnya

Jelaskan Pengertian Paragraf Dengan Lengkap Dan Contohnya

Menuangkan butiran butiran kata menjadi untaian kalimat biasanya orang merasa ada kesulitan, ungkapan kata dalam pikiran menjadi sebuah kalimat di hati sudah bagus pas ditulis eh tidak cocok, di ulang lagi ulang lagi, sebaiknya keluar dulu cari angin. Kadang orang lupa mana kalimat mana paragraf, kalimat dalam tulisan tidak berdiri sendiri, melainkan kait mengait dalam kalimat lain yang membentuk paragraph. Arti dari kalimat kalimat adalah satuan bahasa berupa kata atau rangkaian kata yang dapat berdiri sendiri dan menyatakan makna yang lengkap.

Kalimat adalah satuan bahasa terkecil yang mengungkapkan pikiran yang utuh, baik dengan cara lisan maupun tulisan, sedangkan Paragraf ialah suatu kumpulan dari kesatuan pikiran yang kedudukannya lebih tinggi serta lebih luas dari pada kalimat. Atau dapat diartikan pula paragraf adalah bagian dari sebuah karangan yang terdiri dari beberapa kalimat, yang berisiskan tentang informasi dari penulis untuk pembaca dengan pikiran utama sebagai pusatnya dan juga pikiran penjelas sebagai pendukungnya. Paragraf terdiri dari beberapa kalimat yang berhubungan antara satu dengan yang lain dalam suatu rangkaian yang mengahasilkan sebuah informasi. Paragarf juga dapat disebut sebagai penuangan ide dari penulis melalui beberapa kalimat yang berkaitan dan memiliki satu tema. Paragraf juga dapat disebut sebagai karangan yang singkat. Dalam upaya menghimpun beberapa kalimat menjadi paragraph, yang perlu diperhatikan adalah kesatuan dan kepaduan. Kesatuan berarti seluruh kalimat dalam paragraf membicarakan satu gagasan (gagasan tunggal). Kepaduan berarti seluruh kalimat dalam paragraf itu kompak, saling berkaitan mendukung gagasan tunggal paragraf.

Syarat Paragraf

Paragraf yang baik adalah paragraf yang mampu menyampaikan pikiran dengan baik kepada pembaca. Adapun syarat dari paragraf yaitu harus memiliki kesatuan, kepaduan dan kelengkapan.

  1. Kesatuan (Unity)

Yang dimaksud kesatuan yaitu suatu paragraf harus dibangun dengan satu pikiran yang jelas. Satu pikiran tersebut diuraikan ke dalam bentuk pikiran pokok dan beberapa pikiran jelas. Hubungan pikran yang satu dengan pikran lainnya menandakan bahwa paragraf tersebut telah memiliki kesatuan.

  1. Kepaduan (Koherensi)

Kapeduan terwujud dari hubungan kompak antarkalimat pembentuk paragraf. Kepaduan yang baik terjadi apabila hubungan timbal balik antar kalimat wajar dan mudah dipahami. Ada beberapa cara agar paragraf memiliki kepaduan yang kompak, yaitu dengan menggunakan kata ganti, kata penghubung, serta perincian dan urutan pikiran.

  1. Kelengkapan

Suatu paragraf dikatakn lengkap apabila berisi kalimat-kalimat penjelas yang cukup untuk menunjang kalimat pokok.

Baca Juga  Apa Yang Dimaksud Dengan Globalisasi Dunia

Jenis Paragraf

  1. Deskripsi artinya menggambarkan sesuatu.
  2. Eksposisi artinya menjelaskan sesuatu.
  3. Argumentasi artinya meyakinkan sesuatu.
  4. Narasi artinya menceritakan sesuatu.

Paragraf Deskripsi

Paragraf jenis ini berisi kalimat-kalimat yang mendeskripsikan,menggambarkan sesuatu.

contoh :

Bandung masih diselimuti kabut. Orang-orang baru satu dua yang lalu lalang. Kendaraan hanya kadang-kadang terdengar menderu. Yang tampak dominan adalah para petugas kebersihan kota. Mereka sibuk membersihkan sampah. Mereka bekerja dengan riang. Kadang-kadang mereka bersenandung di sela-sela pekerjaannya. Perlahan tapi pasti keramaian kendaraan di jalan bertambah sedikit demi sedikit. Bandung sedang menggeliat dari tidurnya.

Paragraf  Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang berusaha menjelaskan sesuatu atau memberikan sesuatu. Penjelasan atau pemberian seringkali bertolak dari satu definisi.

Contoh :

Kota Bandung adalah salah satu ibu kota propinsi dari sekian banyak propinsi di Indonesia, yaitu propinsi Jawa Barat. Sebagai ibu kota Propinsi Kota Bandung juga amat dikenal sebagai kotaAsia Afrika, yaitu kota tempat berlangsungnya Konferensi Asia Afrika. Selain itu, kota

Bandung pun memiliki banyak julukan, di antaranya sebagai Paris van Java

Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi paragraf yang berusaha meyakinkan bahwa hal yang dikemukakan adalah benar. Cara meyakinkan kebenaran itu biasanya dengan cara mengajukan sejumlah fakta.

Contoh :

Hampir semua orang yang pernah tinggal dikota Bandung menyatakan merasa betah tinggal di kota tersebut. Bahkan, umumnya mereka berusaha tetap tinggal di kota ini. Bisa dimengerti

mengapa mereka merasa betah. Kota ini memiliki hawa yang sejuk. Tingkat kriminalitasnya juga relatif kecil bila dibandingkan dengan kota setaranya, Surabaya dan Medan misalnya. Terdapat banyak lembaga pendidikan tinggi negeri di dalamnya. Juga, kotanya tidak terlalu besar seperti Jakarta, sehingga dari satu sudut kota kesudut kota lainnya tidak terlalu jauh. Itulah beberapa hal yang menyebabkan para pendatang rela tinggal berdesakan di kota ini.

Baca Juga  Pengertian Informasi

Paragraf  Narasi

Paragraf narasia dalah paragraf yang berusaha menceritakan peristiwa demi peristiwa yang dialami seorang tokoh.

Contoh :

Hari itu ia telusuri sudut demi sudut kota Bandung yang amat dicintainya seolah-olah tidak mau ada satupun sudut yang terlewat. Setiap sudut yang disinggahinya menyisakan kenangan amat mendalam baginya. Mula-mula ia telusuri sudut Setiabudi. Di wilayah ini ia menyimpan amat banyak kenangan. Penelusuran dilanjutkan kewilayah balai kota dan sekitarnya. Di sini pun ia amat hanyut dengan kenangan bersama-sama sahabatnya, juga kekasihnya. Lalu, ia

lanjutkan menyusuri wilayah alun-alun yang sekarang telah berubah total dari masa dua puluh  tahun yang lalu. Lagi-lagi ia terhanyut dalam kenangan masa lalunya. Setiap tempat, setiap sudut kota itu, yang ada hanyalah kenangan indah baginya, seluruhnya.

untuk selengkapnya Pengertian Paragraf Dengan Lengkap Dan Contohnya

Download disini dalam bentuk Pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.