Makhluk Hidup Berkembang Biak Untuk ApaTujuannya

Makhluk Hidup Berkembang Biak Untuk ApaTujuannya

Seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi ini seperti manusia, hewan dan tumbuhan telah melakukan perkembangbiakan dengan cara reproduksi. Cara berkembang biak ini yang berbeda beda seperti manusia melahirkan, ayam berelur, tumbuh tumbuhan dengan cara generatif melalui penyerbukan, dengan cara vegetatif yang dibagi menjadi vegetatif alami dan vegetatif buatan. Jadi makhluk hidup berkembang biak apa tujuannya.

Tujuan Makhluk Hidup Berkembang Biak.

Tujuannya adalah untuk mempertahankan keturunan agar tumbuh generasi baru untuk melanjutkan kehidupannya, tidak punah sampai disitu dan mempertahankan jenisnya/ spesisnya.

Untuk lebih jelasnya dibawah ini akan dibahas penjelasan dan tujuannya, yang terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :

  1. Untuk Mendapatkan Keturunan

Mempunyai keturunan merupakan suatu kebanggaan bagi keluarganya, hal terpenting dari keturunan ini adalah datangnya generasi baru sebagai pewaris, penerus keluarganya yang akan melanjutkan kehidupan hari ini dan masa yang akan datang. Jangankan manusia mahluk hidup yang paling sempurna, sebagai contoh bagaimana burung memberi makan pada anaknya, induknya pergi meninggalkan anak yang masih merah untuk mencari makanan, setelah kenyang dia pulang kandang. Makanan dimuntahkan, melalui paruhnya disuapkan ke paruh anaknya. Ini semua demi anak untuk menyongsong masa depannya.

  1. Mempertahankan Jenisnya/ Spesiesnya

Salah satu tujuan utama dari makhluk hidup bereproduksi adalah untuk mempertahankan jenisnya ( spesiesnya ) di alam agar tidak punah. Dengan begitu spesies yang bersangkutan akan terus dapat di temukan di alam. Kepunahan adalah hal yang sangat tidak diinginkan oleh makhluk hidup. Ada beberapa hewan yang telah dinyatakan punah sehingga kita tidak dapat lagi menemukannya di alam, dan ada hewan yang di nyatakan akan mengalami kepunahan hingga perlu campur tangan manusia agar hewan tersebut tidak punah dan dapat di lihat oleh anak cucu kita nantinya.

  1. Tidak Punah

Agar tidak punah tentu saja bukan satu-satunya alasan untuk bereproduksi. Misalnya saja di alam yang penuh dengan predator, tentu untuk mempertahankan spesiesnya di area tersebut harus melakukan perkembangbiakan. Ada beberapa hewan yang memiliki banyak keturunan dalam sekali bereproduksi, misalnya saja kura kura di suatu daerah. Kura kura bertelur hingga ratusan karena di alam kura kura muda sangat rentan, dan dari ratusan tersebut hanya beberapa yang dapat mencapai dewasa. Jika kura kura di daerah tersebut hanya bertelur 2 butir, maka kemungkinan jumlah kura kura di tempat tersebut akan terus berkurang karena kemampuan mereka mempertahankan diri menjadi berkurang. makanya untuk binatang jenis ini, penangkarannya selalu diawasi karena kura kura jenis binatang yang dilindungi dan spesinya hampir punah.

Baca Juga  Apa Ekosistem Itu? Pengertian, Manfaat, Komponen Dan Faktor Faktornya

Demikian artikel ini, pasti akan bermanfaat untuk pembaca. Samapi jumpa diartikel selanjutnya.

Download Pdf

  1. Ciri ciri makhluk hidup Pdf

  2. CIRI-CIRI MAKHLUK PDF

  3. MAKHLUK HIDUP PDF

  4. Ciri-ciri Makhluk Hidup Pdf

  5. Makhluk hidup dan proses kehidupan Pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.