Masjid Dian Al Mahri Masjid Kubah Emas Depok Jam Buka Dan Alamatnya

Masjid Dian Al Mahri Masjid Kubah Emas Depok Jam Buka Dan Alamatnya

 Masjid merupakan sarana ibadah bagi kaum muslim, disana tempatnya berdo’a dan menunaikan shalat wajib berjamaah atau perorangan serta bentuk ibadah ibadah lainnya. Masjid yang satu ini sangat istimewa karena 5 kubah kecil dan satu kubah besar semuanya berlapiskan emas, disamping itu bangunan dan arsiteknya sangat istimewa sekali. Masjid ini di beri nama masjid Dian Al Mahri yang lebih di kenalnya masjid Kubah Emas yang terletak di kota Depok.

   Masjid kubah Emas Masjid Dian Al Mahri

Masjid Dian Al Mahri masjid Kubah Emas resmi dibuka tanggal 31 Desember tahun 2006. Terletak di jalan raya Meruyung, Limo, Kota Depok, Jawa Barat. memiliki luas bangunan kurang lebih 8000 meter persegi berdiri diatas tanah seluas 7 hektare.

Kemegahan masjid ini sangat dikenal khususnya di Jawa Barat umumnya di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri sehingga terdaftar sebagai masjid wisata religi. Pengunjungnyapun hari kehari semakin banyak, disetiap libur akhir pekan atau libur lebaran mesjid ini selalu di penuhi pengunjung, setiap harinya bisa sampai 5.000 orang pengunjung bahkan lebih. Kapasitas yang tersedia untuk jamaah sebesar 20.000 jamaah. Untuk biaya masuk kendaraan 15.000 ribu rupiah dengan harus berpakaian sopan.

Untuk jam buka masjid ini mulai pukul 04.00 WIB – 07.00 WIB, dan 10.00 WIB. setelah isya. Berlaku untuk setiap harinya, kecuali hari kamis, di setiap hari Kamis masjid dibuka untuk umum dari pukul 04.00 WIB – 07.00 WIB, buka lagi pukul 16.00 WIB sampai isya.

Perjalanan dari arah Jakarta menuju ke masjid kubah emas masuk tol arah ke Pondok Indah dan keluar Fatmawati dan belok ke kiri, bila tidak lewat tol ikuti jalan TB Simatupang hingga belok ke kiri RS Fatmawati. Setelah itu ikuti jalan, melewati dua lampu merah hingga pasar Pondok Labu dan sampai di kampus UPN, kemudian ambil ke arah kanan. Ikuti jalan melewati Golf Pangkalan Jati sampai lampu merah dan belok ke kiri ke arah Depok. Jalan ini tinggal lurus saja terus sampai ke Cinere Mall, melewati SPBU, terus hingga sampai Masjid Dian Al-Mahri yang ada di sebelah kiri jalan. Jalan lain menuju masjid ini yaitu melalui jalan Sawangan Depok dan Karang Tengah Lebak Bulus yang nantinya juga akan bertemu dengan jalan Limo – Maruyung Raya.

Baca Juga  Contoh Teks Ceramah Singkat - Orang yang Terbelenggu Hatinya

Pengunjung bebas keluar masuk masjid, namun demikian ada beberapa aturan yang harus dipatuhi agar suasana ibadah tetap nyaman. Misalnya pengunjung dilarang membawa makanan dan minuman ke lingkungan masjid. Anak di bawah usia 9 tahun juga dilarang memasuki lingkungan masjid.

Untuk masuk ke dalam masjid, diwajibkan memakai pakaian yang menutup aurat, sehingga kalau berkunjung kesana khususnya kaum hawa harus mengenakan jilbab. Alas kaki / sandal harus dititipkan ke bagian penitipan, dan tidak boleh ditinggal diluar. Tempat penitipan alas kaki pada jam-jam shalat menjadi sangat ramai dan penuh. Pada siang hari halaman luar lantai depan masjid sangat panas namun pengurus masjid memberikan karpet plastik untuk mengurangi panasnya lantai halaman masjid. Pengunjung dilarang menginjak rumput yang ada di taman sekitar mesjid. Bagi pengunjung yang ingin berteduh dan sekedar beristirahat, di seberang masjid ada ruang serbaguna yang disediakan. Biasanya para pengunjung menggelar tikar di ruang serba guna ini sambil mengagumi keindahan masjid ini.

Demikian artikel ini, Semoga menjadi amal ibadah dan berguna bagi para pembaca sekalian. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Download Pdf

  1. FUNGSI DAN KEGIATAN MASJID DIAN AL MAHRI PDF

  2. Alternatif Kubah sebagai Simbol Mesjid Pdf

  3. Melihat Indahnya Masjid Dian Al Mahri

  4. KAJIAN ESTETIKA BENTUK MUBAH EMAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.