Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia

Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia

 

Pengertian Persatuan

Persatuan Indonesia merupakan sila ke tiga pancasila. Kata persatuan terdiri dari akar kata satu+per-/-an, sehingga persatuan secara morfologi yang berarti suatu hasil dari perbuatan, jadi merupakan nomina. Sila Persatuan Indonesia didasari dan dijiwai oleh sila Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab serta mendasari dan dijiwai sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pengertian persatuan Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia merupakan faktor yang penting dan sangat menentukan keberhasilan perjuangan rakyat Indonesia. Sebab persatuan adalah syarat mutlak untuk terwujud suatu negara dan bangsa dalam mencapai tujuan bersama. Meskipun telah merdeka dari perlawanan penjajah peranan persatuan Indonesia masih tetap menjadi hal yang penting dalam mewujudkan tujuan bangsa dan negara Indonesia. Oleh sebab itu, pengertian Persatuan Indonesia sebagai hasil adalah dalam wujud persatuan wilayah, bangsa dan susunan negara, tetapi juga bersifat dinamis yakni harus senantiasa dipupuk, diperlihara, dan dikembangkan.

Peranan Persatuan Indonesia Dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, pengertian Persatuan Indonesia adalah sebagai faktor kunci, yaitu sebagai sumber semangat, motivasi dan penggerak perjuangan Indonesia. Persatuan Indonesia sebagai faktor kunci yang menentukan terwujudnya kemerdekaan Indonesia. Pada permulaan abad XX setelah beberapa tenaga bumi putera berhasil mengenyam pendidikan menengah dan tinggi, berubahlah bentuk perjuangan menjadi perjuangan periode modern kemerdekaan Indonesia. Perjuangan kemerdekaan Indonesia tidak hanya bersifat lokal, namun antar lokal dalam bentuk organisasi yang berwawasan dan berjiwa negara Indonesia.

Bentuk organisasi modern tersebut diantaranya baik yang berdasarkan agama Islam, paham kebangsaan maupun sosialisme dipelopori oleh berdirinya Serikat Dagang Islam (1905), Budi Utomo (1908), kemudian Serikat Islam (1911), Muhammadiyah (1912), Indiche Pertij (1911), Perhimpunan Indonesia (1924), Partai Nasional Indonesia (1929), Partindo (1933) dan sebagainya. Integrasi pergerakan yang pertama kali tampak dalam bentuk federasi seluruh organisasi politik atau ormas yang ada, yakni permupakatan perhimpunan-perhimpunan politik kebangsaan Indonesia (1927).

Kebulatan tekad dalam mewujudkan Persatuan Indonesia kemudian tercermin dalam manifestasi sumpah pemuda yang dipelopori oleh pemuda perintis kemerdekaan pada tanggal 28 Oktober 1928 di Jakarta yang mengikrarkan “Satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa Indonesia”. Hal ini menjadi sumber semangat dan sekaligus sebagai perwujudan persatuan Indonesia saat perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah Belanda. Sejak saat itu mulai berseminya nasionalisme Indonesia modern yang bersumber pada persatuan Indonesia.

Perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia dengan berkat ridha Allah yang Maha Kuasa berhasil mencapai puncak pada tanggal 17 Agustus 1945. Dengan perjuangan dan persatuan dalam waktu yang tidak sebentar,  akhirnya dapat membuahkan hasil yaitu suatu negara yang merdeka, bersatu berdaulat, adil dan makmur. Peranan persatuan Indonesia ke pada masa perjuangan kemerdekaan merupakan sumber pergerakan dan sumber cita-cita yang mempunyai suatu daya dinamika yang mampu mewujudkan Negara Indonesia yang merdeka.

Alasan Pentingnya Persatuan Bagi Indonesia

Indonesia  merupakan salah satu negara yang mempunyai adat, ras, suku, bahasa dan kebiasaan yang beragam di setiap daerah. Namun, hal ini tidak membuat bangsa Indonesia terpecah-belah karena kita semua sebagai warga negara wajib menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia sebagai wujud kecintaan kita terhadap tanah air Indonesia. Usaha Indonesia untuk meraih persatuan bangsa dan keutuhan Negara Indonesia tidak mudah. Dengan waktu yang tidak sebentar, para pejuang bangsa dahulunya harus mengorbankan waktu, tenaga, dan harta bahkan nyawa.

Persatuan dan kesatuan merupakan senjata yang sangat ampuh bagi bangsa Indonesia dalam rangka merebut, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Persatuan mengandung arti bersatunya keanekaragaman menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi. Persatuan Indonesia berarti bahwa persatuan bangsa yang mendiami wilayah Indonesia.

Dalam menjaga Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia terjadi dalam proses yang dinamis dan berlangsung sangat lama. Hal ini karena persatuan dan kesatuan bangsa terbentuk dari proses yang tumbuh dari berbagai unsur sosial budaya masyarakat Indonesia dalam jangka waktu yang lama. Berbagai unsur sosial budaya itu seperti sifat kekeluargaan serta memiliki jiwa gotong-royong. Keduanya merupakan salah satu dari sifat pokok bangsa Indonesia yang dituntun oleh asas kemanusiaan dan kebudayaan.

Selain itu, dengan persatuan dan keutuhan bangsa, kita dapat kuat dan dapat mencapai tujuan. Bangsa Indonesia akan lebih kuat apabila semuanya bersatu, dan sebaliknya jika kita terpecah belah maka bangsa kita akan lemah. Dalam menyatukan keanekaragaman bangsa Indonesia, kita memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika dianggap sesuai untuk menyatukan bangsa Indonesia. Kita ketahui bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang terdiri dari berbagai suku bangsa, ras, bahasa daerah, dan lain sebagainya.

Dalam mempererat dan memperkuat bangsa Indonesia, salah satunya kita perlu menghargai budaya suku lain dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa cara yang harus dilakukan untuk saling menghargai perbedaan suku bangsa, diantaranya :

  • Tidak meremehkan dan menghina adat istiadat, kebiasaan, dan hasil kesenian suku bangsa lain.
  • Tidak menganggap suku bangsa sendiri lebih baik dari pada suku bangsa lain.
  • Menerima serta menghargai budaya, suku, agama, dan adat istiadat orang lain.
  • Mau mempelajari kebiasaan, adat istiadat, dan hasil kesenian suku bangsa lain.
  • Memelihara, melestarikan, dan mengembangkan tradisi serta budaya yang ada di dalam masyarakat.

Baca Juga : Ikrar Sumpah Pemuda Tanggal 28 Oktober 1928

Prinsip yang Berkaitan dengan Makna Persatuan dan Kesatuan Indonesia

Terdapat beberapa prinsip yang harus dipahami berkaitan dengan makna persatuan dan kesatuan Indonesia diantaranya :

  1. Prinsip Bhinneka Tunggal Ika

Karena bangsa Indonesia merupakan bangsa yang beranekaragam bahasa, agama, suku, dan adat kebiasaan yang majemuk, untuk itu dengan prinsip Bhinneka Tunggal Ika mengharuskan bahwa kita mengakui bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai bahasa, agama, suku, dan adat kebiasaan yang majemuk tersebut. Hal ini juga yang mewajibkan kita untuk bersatu sebagai bangsa Indonesia.

  1. Prinsip Kebebasan yang Bertanggung jawab

Kita sebagai warga negara Indonesia dan sebagai manusia yang merupakan makhluk ciptaan Tuhan, memiliki kebebasan dan tanggung jawab terhadap diri sendiri, terhadap sesamanya, dan dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa.

  1. Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-cita Reformasi

Persatuan adalah modal dasar pembangunan nasional. Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-cita Reformasi yaitu dengan terciptanya semangat persatuan Indonesia, kita bisa mengisi kemerdekaan dan melanjutkan pembangunan untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur.

  1. Prinsip Nasionalisme Indonesia

Sudah seharusnya kita mencintai bangsa kita sendiri. Akan tetapi, rasa nasionalisme tidak berarti kita mengagung-agungkan dan tidak berarti juga bahwa bangsa kita lebih unggul dari bangsa yang lainnya. Kita tidak boleh memaksakan kehendak kepada bangsa lain. Hal ini tidak realistis dan bertentangan dengan sila Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab.

  1. Prinsip Wawasan Nusantara

Adanya wawasan nusantara membuat terjadiya kedudukan manusia Indonesia ditempatkan dalam kerangka kesatuan politik, budaya, ekonomi, sosial, serta pertahanan keamanan. Dengan wawasan nusantara, warga negara Indonesia merasa satu, sebangsa dan setanah air, senasib sepenanggungan, serta mempunyai satu tekad mencapai cita-cita pembangunan nasional.

Landasan Hukum Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Negara Indonesia merupakan negara yang terdiri dari bermacam-macam agama, suku, kebiasaan dan lain sebagainya. Untuk itu diperlukan landasan hukum yang kuat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Salah satu yang dijadikan landasan hukum dalam persatuan dan kesatuan bangsa adalah sila ke tiga dari pancasila. Selain pancasila, landasan hukum lainnya, di antaranya :

1.  Landasan Ideal, yaitu Pancasila sila ke 3 Persatuan Indonesia.

2.  Landasan Konstitusional, yaitu UUD 1945 yang terdiri dari :

3.  Pembukaan aline ke 4 :

 “Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada … persatuan Indonesia”.

4.  Dalam pasal-pasal UUD 1945:

  • Pasal 1 ayat (1) menyatakan bahwa “Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk Republik.”
  •  Pasal 30 ayat (1) dan (2) menyatakan bahwa : Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara.
  • Syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan Undang-undang (Pasal 32, 35, dan 36)

5.  Landasan Operasional, yaitu ketetapan MPR no. IV/MPR/1999 tentang Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN).

 

Peristiwa Penting yang Terjadi Sebagai Ujian Bangsa Indonesia

Ada peristiwa penting yang terjadi sebagai ujian Bangsa Indonesia dalam membangun persatuan dan kesatuan. Peristiwa itu dapat memperjelas uraian tentang landasan operasional yang ada dalam GBHN. Peristiwa tersebut diantaranya :

  1. Tahun 1945 sampai dengan tahun 1950 pernah terjadi pemberontakan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) yang cukup mengguncang persatuan dan kesatuan Bangsa.
  2. Tahun 1950 sampai dengan tahun 1959 persatuan dan kesatuan diuji oleh beberapa akibat karena praktek demokrasi liberal saat itu.
  3. Tahun 1959 sampai dengan tahun 1965 meletus nya G30S/PKI yaitu Gerakan 30 September.

Untuk selengkapnya mengenai materi pentingnya persatuan bagi bangsa Indonesia, dapat Anda download file Pdf nya dengan klik link di bawah ini :

Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia

Download Materi Persatuan Bangsa Indonesia Pdf

 

Demikian informasi mengenai pentingnya persatuan bagi bangsa Indonesia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Jangan lupa share dan kunjungi terus web site kami. Nantikan informasi-informasi penting lainnya hanya di dapurpendidikan.com

 

 

 

 

Baca Juga  Nilai Nilai Pancasila Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.