Monera Disebut Juga Kelompok Makhluk Hidup Mengapa

Monera Disebut Juga Kelompok Makhluk Hidup Mengapa

Kehidupan Monera merupakan kehidupan yang sangat sederhana, mereka berkembang biak dengan cara biner. Berpungsi sebagai organisme pendaur ulang zat makanan mineral. bakteri ini memiliki ukuran dan bentuk yang sama. Namun, di biologi molekuler, ditemukan kalau ada perbedaan di RNA ribosom. Karena perbedaan itulah, mereka dibagi jadi Archaebacteria dan Eubacteria. Pembagian ini sudah dilakukan oleh Woese dan teman-temannya dengan metode sequencing gen. Mengapa monera disebut juga kelompok mahluk hidup? baca terus pembahasannya

Apa Itu Monera?

Kingdom Monera terdiri dari semua prokariotik yang termasuk bakteri, alga hijau biru, dan cyanobacteria. Mahkluk bersel satu, prokariota mikroskopis sering hidup di tempat lembab. Beberapa dari mereka hidup sebagai organisme soliter sementara beberapa hidup berkoloni. Spesies kolonial bisa ditemukan sebagai filamen atau rantai pendek. Karena mereka prokariotik, mereka kurang inti sel yang dilapisi membran dan tersusun, tetapi hanya molekul DNA bundar. Lebih dari itu, organisme ini kurang organel yang dilingkupi membran tidak seperti eukariotik. Beberapa dari sel mereka tertutup oleh suatu dinding sel. Semua organisme bisa jadi baik autotrof (menghasilkan makanannya sendiri) atau heterotrof (tidak bisa menghasilkan makanan mereka sendiri). Organisme ini hanya menunjukkan reproduksi aseksual yang berarti pembelahan biner atau bertunas. Organisme dari Kingdom Monera memiliki dua kelompok; Archaebacteria dan Eubacteria.

Pengertian Monera

Kata monera berasal dari bahasa yunani, yaitu moneres yang artinya tunggal. Hal tersebut sesuai dengan jumlah sel anggota monera, yaitu bersel tunggal. Struktur sel monera masih sederhana. Inti selnya belum mempunyai membran inti (karioteka) yang sehingga monera digolongkan sebagai prokariot. oleh sebab itu, anggota dari kingdom monera termasuk dari kelompok organisme prokariot bersel tunggal (uniseluler). Monera merupakan bentuk kehidupan paling sederhana yang ada. Monera memegang peranan penting dalam sesuatu mendaur ulang zat makanan mineral. kelompok ini mempunyai jumlah lebih dari 4.000 spesies.

Baca Juga  Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Apa Saja Perbedaannya

Sruktur Dan Fungsi Monera

Monera merupakan makhluk hidup uniseluler (hanya memiliki satu sel) dan prokariotik (Inti sel tidak memiliki membran). Namun demikian, monera tetaplah merupakan makhluk hidup sempurna. Monera dapat melakukan metabolisme, melakukan pembuangan zat sisa, mengolah nutrisi, tumbuh, berkembang, dan bereproduksi.

Ciri Ciri Monera

  • Organisme primitif bersel tunggal (Uniseluler)
  • Organisme mikroskopis yang hanya bisa dilihat dengan bantuan alat seperti mikroskop.
  • Dapat ditemukan di habitat manapun, bahkan dalam lingkungan yang ekstrim.
  • Reproduksi Aseksual dengan cara pembelahan biner, sedangkan reproduksi seksual secara konjugasi (penempelan dua organisme yangs saling bertukar inti).
  • Terbagi menjadi dua kelompok, Archaebacteria dan Eubacteria.

Peranan Kingdom Monera dalam Kehidupan

Peran Kingdom monera dalam kehidupan manusia antara lain:

  • Berperan dalam siklus nitrogen sebagai bakteri pengikat nitrogen yaitu Rhizobium leguminosarium yang hidup bersimbiosis dengan akar tanaman kacang-kacangan.
  • Berperan dalam proses pembusukan sampah dan kotoran hewan sehingga menghasilkan energi alternatif metana berupa biogas. Contohnya Methanobacterium.
  • Pembuatan makanan dan minuman hasil fermentasi. Contohnya adalah Azetobacter pada pembuatan asam cuka, Lactobacillus bulgaricus pada pembuatan yoghurt, Azetobacter xylinum pada pembuatan nata de coco, dan Lactobacillus casei pada pembuatan keju yoghurt.
  • Penghasil antibiotik. Contohnya adalah Bacillus polymyxa penghasil antibiotik polimiksin B untuk pengobatan infeksi bakteri Gram positif, Streptomyces griseus penghasil antibiotik streptomisin untuk pengobatan bakteri Gram negatif termasuk bakteri penyebab TBC, dan Streptomyces rimosus penghasil antobiotik tetrasiklin untuk berbagai infeksi bakteri.
  • Penyubur tanah. Contohnya adalah Nitrosococcus dan Nitrosomonas yang berperan dalam proses nitrifikasi menghasilkan ion nitrat yang dibutuhkan tanaman.
  • Pembusukan (penguraian) sisa-sisa makhluk hidup. Contohnya adalah Escherichia coli.
  • Pembuatan zat kimia, misalnya aseton dan butanol oleh Clostridium acetobutylicum.
  • Penelitian rekayasa genetika dalam berbagai bidang. Sebagai contoh, dalam bidang kedokteran dihasilkan obat-obatan dan produk kimia bermanfaat yang disintesis oleh bakteri, misalnya enzim, vitamin, dan hormon.
Baca Juga  Fungsi Akar Pada Tumbuhan Apa Saja Gunanya

Karateristik Monera

Struktur Sel

Monera memiliki susunan sel prokariotik bersel satu yang tidak memiliki organel yang dilindungi membran. Flagella dan cilia biasanya tidak ditemukan pada Monera. Nutrisi nya bisa autotrof (menghasilkan makanan sendiri) atau heterotrof (tidak bisa menghasilkan makanan mereka sendiri). Mode reproduksinya aseksual yang berarti pembelahan atau bertunas. Dalam organisme bakteri, alga hijau biru, dan cyanbacteria.

Habitat Monera

  • Bagian dalam laut dekat pantai samudra.
  • Sebagian besar bakteri hidup pada hewan, beberapa bakteri bersifat baik dan buruk.
  • Monera adalah versi buruk dari Bakteri.
  • Monera tinggal pada kotoran dan tanah, terutama di mana ada air.
  • Beberapa Monera hidup dalam sistem pencernaan sapi. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, adalah bakteri jahat, bakteri ini biasanya membuat sapi sakit dan perlahan mengacaukan sistem sapi. Sapi biasanya meninggal akibat masalah ini. Semakin banyak petani yang menjadi khawatir tentang hal ini dan semakin banyak obat yang diciptakan untuk mem-bu-nuh Monera.

Demikian artikel ini pasti akan bermafaat untuk pembaca. Sampai jumpa diartikel selanjutnya.

Download Pdf

  1. PROTISTA MONERA DAN ALGA PDF

  2. MONERA, FUNGI, DAN PROTISTA PDF

  3. TAKSONOMI / KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP PDF

  4. Kingdom: Monera Pdf

  5. THE KINGDOMS MONERA PDF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.