Motivasi Belajar Siswa, Picu Semangat Belajar Siswa!

dapurpendidikan.com – Motivasi Belajar Siswa ini dapat anda gunakan sebagai inspirasi anda dalam memberikan semangat dalam belajar.

Sebagai Pendidik di lingkungan sekolah, tentu anda menghadapi siswa dengan kondisi yang majemuk, ada perbedaan antara siswa satu dengan siswa yang lainnya.

Baik dari segi potensi anak, kecerdasan, lingkungan, latar belakang keluarga dan lain sebagainya. Kumpulan Kata Inspirasi untuk

Tidak terlepas dari Kesuksesan siswa yang ditentukan oleh takdir dan karunia dari Allah Subhaanahu wa ta’aala,

tentu sebagai manusia tidak lepas dari ikhtiar anda sebagai pendidik maupun ikhtiar dari siswa sebagai sebab kesuksesan dimasa mendatang.

Sebagai pendidik, anda  tidak hanya bertugas untuk menyampaikan materi, ada hal-hal lain yang perlu anda sampaikan kepada siswa.

Salah satu hal yang sangat penting adalah pendidik hendaknya memberikan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan gairah dalam belajar.

Motivasi Belajar Siswa tidak hanya diberikan kepada siswa yang memiliki kemampuan akademis rendah,

tetapi hendaknya diberikan kepada seluruh siswa baik yang mempunyai kemampuan akademis rendah, menengah, maupun yang kemampuan akademisnya tinggi.

Motivasi yang anda berikan kepada siswa dapat berupa motivasi dalam jangka pendek maupun jangka panjang yang dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk kehidupan siswa anda.

Berikut inspirasi kata untuk motivasi belajar siswa anda, tidak harus anda berikan semua kepada siswa anda, tetapi anda dapat memilah kira-kira mana yang sesuai dengan kondisi siswa anda :

  • Bangun Kepercayaan diri siswa

  1. Percayalah bahwa kalian mampu untuk menjadi orang sukses. Dengan kalian sudah berada disini (di kelas ini) kalian sudah mampu naik ke tingkat yang lebih tinggi, mampu bersaing dengan teman seusia kalian yang tidak berhasil masuk di kelas ini.
  2. Prioritaskan apa yang kalian kuasai. Ketika kalian mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas, kerjakanlah yang mudah terlebih dahulu. Jangan berhenti pada tugas yang kalian anggap sulit. Sehingga waktu untuk mengerjakan tugas bisa efektif.
  3. Berusahalah semaksimal mungkin. Jangan menggantungkan orang lain. Baik dalam mengerjakan tugas atau dalam menyelesaikan pekerjaan.
  4. Anggapan tidak mampu menyelesaikan pekerjaan. Kalian mungkin suka berandai-andai tidak mampu untuk mengerjakan sesuatu. Sesuatu hal yang kalian anggap tidak mungkin bisa kalian kerjakan. Sesuatu mustahil kalian kuasai sebelum kalian mencobanya. Jadi jangan merasa tidak bisa sebelum mencoba.
  • Bangun Pemikiran Menjadi Orang Sukses

  1. Rahasia dari kesuksesan adalah kalian mengerjakan sesuatu dengan sebaik-baiknya. Orang-orang yang sukses, terbiasa melakukan tugas atau pekerjaan dengan kemampuan penuh, tidak asal-asalan.
  2. Tumbuhkan kemampuan siswa untuk mengenali potensi diri mereka. Potensi diri siswa yang utama yang dapat kalian kenali antara lain dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik selain itu juga kemampuan siswa dalam berkomunikasi dan bersosial. Potensi diri siswa tidak hanya berasal dari kemampuan siswa, dapat juga dilihat dari latar belakang keluarga (kemampuan finansial, keterampilan yang dimiliki orang tua, saudara dll).
  3. Semakin kalian bersusah payah dalam berusaha, kesuksesan akan mendekat kepada kalian.
  4. Kesuksesan merupakan sekumpulan usaha-usaha kecil yang telah kalian kerjakan, hari demi hari.
  5. Fokus dalam mempelajari apa yang kalian suka. Untuk menjadi orang sukses, kalian tidak harus menguasai semua disiplin ilmu. Justru kebanyakan orang sukses hanya memiliki kemampuan pada bidang tertentu saja. Semakin kalian fokus mempelajari sesuatu yang kalian suka, maka kalian akan menjadi orang yang mahir pada bidang itu. Semakin banyak bidang yang kalian pelajari, kemungkinan besar kalian hanya mengenal bidang-bidang tersebut (tidak menguasai-tidak mahir).
  6. Kebaikan tentu akan didapat oleh siapa saja, termasuk kepada orang-orang yang pasrah dan santai dalam kehidupan. Tetapi untuk sesuatu yang terbaik, akan menghampiri orang-orang yang mau berusaha dan bersusah payah dalam kehidupannya.
  7. Dalam mengerjakan sesuatu, jadikan sebagai ajang untuk meningkatkan kemampuan kalian, jangan jadikan sebuah kesempurnaan. Ketika kalian sudah merasa apa yang kalian kerjakan adalah sesuatu yang sempurna, maka kalian cenderung tidak mau melanjutkan belajar.
  8. Hilangkan anggapan kalian dalam menghadapi pekerjaan mendatang, semakin hari akan mengalami sesuatu semakin mudah. Ubah anggapan kalian, semakin hari kalian akan menghadapi hal-hal yang semakin sulit.
  9. Janganlah kalian menyesali apa yang sudah kalian kerjakan kemaren. Tetapi sesalilah hal-hal yang tidak kalian kerjakan ketika kalian mempunyai kesempatan. Manfaatkanlah kesempatan yang kalian miliki sekecil apapun itu, karena kesempatan hanya muncul sekali, tidak muncul dua, tiga kali atau lebih.
  10. Kalian dapat memilih menjadi orang yang hanya berfikiran yang penting tugas selesai, atau menjadi orang yang selalu berusaha untuk mengerjakan sesuatu dengan memperkecil kesalahan. Manusia memang tidak luput dari yang namanya kesalahan, tetapi hendaknya kalian menjadi orang yang selalu berusaha untuk memperkecil kesalahan, tentunya dengan membiasakan diri menjadi pribadi yang teliti, tekun dan rajin.
  • Bangun Sifat disiplin pada siswa

  1. Jangan menjadi pribadi yang suka menunda-nunda pekerjaan.
  2. Rahasia utama untuk menyelesaikan tugas adalah memulai tugas tersebut.
  3. Kalian tidak harus pandai untuk menyelesaikan tugas, tetapi kalian harus memulai mengerjakan tugas untuk menjadi pandai.
  4. Orang-orang yang mahir maupun ahli dalam bidang tertentu, dulunya juga adalah seorang pemula.
  • Bangun Jiwa mau berusaha semaksimal mungkin

  1. Tidak ada kesuksesan yang dicapai dengan jalan pintas. Setiap kesuksesan tentu dapat dicapai dengan pengorbanan, baik pengorbanan waktu, tenaga, biaya, dan usaha.
  2. Banyak orang yang memiliki angan-angan (impian) setinggi langit, tetapi tidak mau berusaha untuk mewujudkannya.
  3. Kesuksesan tidak jauh dari yang namanya berusaha atau bekerja keras.
  4. Pekerjaan yang biasa dengan pekerjaan yang luar biasa hanya dibedakan dari sedikit tambahan pengerjaan.
  5. Segala sesuatu yang kalian inginkan belum tentu kalian dapatkan, tetapi kalian akan mendapatkan hasil dari apa yang kalian kerjakan.
  6. Apa yang kalian inginkan mungkin tidak kalian dapatkan, bukan karena jeleknya impian kalian, tetapi seberapa besar usaha kalian dalam mewujudkan apa yang kalian inginkan.
  7. Tempat datangnya kesuksesan sebelum adanya usaha adalah hanya di angan-angan kalian saja.
  8. Tidak ada sesuatu yang sulit kalau kita mau menyelesaikan dengan sabar dan usaha yang lebih tentunya.
  9. Ketika kalian melihat orang-orang yang sudah sukses dalam kehidupannya, kalau kalian melihat kehidupan mereka dimasa mudanya, maka akan terlihat begitu berat sekali kehidupan mereka, tentu hal itu didapat dengan kerja keras mereka.
  • Bangun Jiwa yang tidak suka mencari-cari alasan

  1. Ketika kalian menjadikan sesuatu sebagai hal yang penting menurut kalian, maka kalian akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapainya. Tetapi jika kalian menganggap sesuatu sebagai hal yang tidak penting, maka kalian akan mencari-cari alasan untuk tidak mengerjakannya.
  2. Setiap manusia baik yang sukses maupun tidak sukses, mereka mempunyai waktu yang sama (24 jam sehari, 30 hari sebulan, 360 hari dalam setahun). Tinggal bagaimana kalian mau memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.
  • Bangun Sikap tekun dalam diri siswa

  1. Setiap manusia tentu akan menghadapi yang namanya masalah, tentu masalah itu membutuhkan usaha untuk menyelesaikannya. Bagi manusia-manusia yang mau berusaha menyelesaikan masalah, tentu hidup mereka menjadi bermakna.
  2. Dalam kehidupan ini, jangan kalian berharap masalah akan berhenti. Selalu berusaha dan tentunya berusaha sesuai dengan aturan.
  3. Keberhasilan seseorang tidak begitu saja tercapai, keberhasilan dicapai setelah mengalami banyaknya kegagalan. Jadi kalian jangan patah semangat ketika mengalami suatu kegagalan, teruslah berusaha.
  4. Orang yang berhasil tidak diukur ketika dia sudah berhasil, tetapi orang yang berhasil diukur dari bagaimana dia bangkit ketika mengalami kegagalan.
  5. Ketika kalian mengalami kesulitan, teruslah berusaha.
  6. Jangan jadikan keberhasilan kalian menjadi sebuah kesombongan, atau kegagalan kalian menjadi akhir dari segalanya.
  7. Kegagalan kalian bukan akhir dari usaha kalian. Jadikan kegagalan kalian untuk memulai usaha kalian kembali dengan lebih baik lagi.
  8. Orang yang gagal bukan karena sulitanya masalah yang dihadapi, orang yang gagal karena tidak mau berusaha.
  9. Ketika kalian berjalan dijalanan, ketika didepan kalian ada batu yang mengganggu kalian, jangan melihat seberapa besar batunya, tetapi berfikirlah seberapa tinggi kaki kalian harus diangkat.
  10. Semakin kalian sering menghadapi tugas-tugas yang sulit, hal itu menjadikan peningkatan kemampuan kalian.
  11. Motivasi belajar siswa ini memang tidak akan mudah untuk dilakukan, tetapi berusahalah agar tidak menjadi sesuatu yang sia-sia
Baca Juga  Tips Mengelola Keuangan di Tahun 2017 untuk Guru

Apabila Artikel motivasi belajar siswa ini bermanfaat, jangan lupa di LIKE dan share ya…..

Bagaimana anda bersikap ketika dikritik siswa? silahkan baca sikap guru ketika dikritik siswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.