Organ Penyusun Sistem Reproduksi Pada Laki Laki Beserta Fungsinya

Organ Penyusun Sistem Reproduksi Pada Laki Laki Beserta Fungsinya

Salah satu ciri mahluk hidup adalah berkembang biak atau melakukan reproduksi, reproduksi melibatkan suatu sistem dalam tubuh, yaitu sistem reproduksi. Sistem reproduksi melibatkan organ reproduksi, salah satunya adalah sistem reproduksi pria. Dimana sistem reproduksi pria memiliki sruktur dan fungsinya masing-masing. Secara umum pada laki laki organ penyusun sistem reproduksi terdiri dari 4 organ penyusun inti, yaitu saluran reproduksi, penis, testis dan kelenjar.

Lihat gambar dibawah ini

 Organ Penyusun Sistem Reproduksi Pada Laki Laki

  1. Saluran Reproduksi

Saluran reproduksi merupakan bagian organ tubuh yang memiliki fungsi secara umum adalah sebagai alur ataupun tempat dari reproduksi tersebut. Dalam organ reproduksi pria sendiri, saluran reproduksi terdiri dari:

  • Epididimis

 Epididimis memiliki tugas sebagai tempat penyimpanan sperma dan juga tempat pematangan sperma tersebut, bentuk dari saluran ini  berkelok-kelok terbagi menjadi dua yaitu :

  • Vas deferns

 Vas deferns atau saluran sperma merupakan saluran yang bertugas untuk mengirim sperma ke uretra, selain itu saluran ini juga memiliki peran untuk menjadi tempat penyimpanan sperma sementara.

  • Uretra

Uretra adalah saluran setelah vas deferns yang bertugas sebagai saluran untuk mengeluarkan sperma dan menjadi saluran urine yang terhubung dari kandung kemih.

  1. Penis

Penis adalah alat kelamin pria yang letaknya diluar tubuh. Fungsi dari penis tidak lain adalah sebagai alat kopulasi, maksudnya adalah untuk memasukkan sperma ke saluran reproduksi wanita. Secara umum penis terbagi atas 2 bagian, yaitu kepala penis dan batang. Dalam kepala penis terdapat preputium yang merupakan kulit yang berfungsi untuk menutupi ujung sensitif penis disebut juga kulup. Sunat, penghapusan kulup dari penis digunakan untuk menjadi praktek yang sangat populer selama zaman Alkitab dan tahun 1800-an. Saat ini, hal itu biasanya dilakukan karena tradisi keluarga dan aturan agama

  1. Testis

Testis yang terdapat pada organ reproduksi pria berjumlah sepasang dan dapat ditemukan didalam kantong pelindung yang berlipat-lipat, dapat disebut sebagai skrotum. Skrotum yang digunakan sebagai pelindung ini berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa dapat mengendur dan mengkerut sesuai suhu tubuh manusia. Kantong skrotum ini dapat ditemukan dibawah rongga pelvis.

Baca Juga  Apa Fungsi Usus Besar Pada Pencernaan Manusia

Fungsi testis adalah sebagai organ reproduksi untuk menghasilkan spermatozoa dan juga hormon testosteron. Fungsi dari spermatozoa atau sel kelamin jantan tidak lain adalah untuk membuahi sel kelamin betina dan fungsi hormon tostesteron adalah untuk memberikan tanda sekunder pada pria, contohnya disini adalah suara menjadi lebih berat, dada lebih bidang, tumbuh jakun dan kumis.

  1. Kelenjar

Kelenjar yang terdapat pada sistem reproduksi pria terbagi atas 3 macam, yaitu kelenjar prostat, kelenjar bulbourethralis dan vesika seminalis.

Penjelasannya

  • Kelenjar Prostat

Kelenjar prostat merupakan kelenjar yang memproduksi cairan bening berwarna putih yang memiliki peran untuk melindungi sperma dari luar, selain itu sebagai tempat makanan untuk sperma

  • Kelenjar Bulbourethralis

Kelenjar ini dapat ditemukan disepanjang saluran uretra. Kelenjar bulbourethralis memiliki tugas sebagai pengekskresi cairan bening dengan cara menetralkan urine yang masih terdapat di uretra.

  • Vesika Seminalis

 Kelenjar ini bertugas untuk memproduksi cairan berwarna kuning yang mengandung makanan untuk dijadikan energi bagi sperma.

Fungsi Organ Organ Penyusun Sistem Reproduksi Pada Laki Laki

  • Penis

 Bagian luar organ reproduksi laki-laki yang berfungsi sebagai saluran kencing (urin) dan saluran sperma.

  • Skrotum

 Bagian seperti kantung yang di dalamnya terdapat testis. Berfungsi menjaga suhu testis agar sesuai untuk reproduksi sperma.

  • Testis

 Bagian yang bentuknya bulat telur yang tersimpan dalam skrotum. Berfungsi untuk   memproduksi sperma dan hormone testoteron.

  • Epididimis

 Saluran yang keluar dari testis yang berbentuk seperti tanda koma dengan ukuran 4 cm. Berfungsi sebagai tempat penyimpanan sperma sementara.

  • Vas Deferens

 Saluran panjang yang mengarah ke atas dan merupakan lanjutan epididimis. Berfungsi menghubungkan epididimis dan uretra.

  • Uretra

 Saluran yang terdapat di penis, merupakan akhir dari saluran reproduksi. Berfungsi saluran keluarnya sperma dan urin.

  • Kelenjar Vesikula Seminalis

 Bagian yang berbentuk kantung kecil berukuran 5 cm yang letaknya dibelakan kantung kemih. Berfungsi menghasilkan zat-zat yang diperlukan untuk perkembangan sperma.

  • Kelenjar Prostat

Bagian yang berbentuk seperti kue donat yang terletak di bawah kantung kemih. Berfungsi menghasilkan cairan bersifat asam.

  • Kelenjar Cowper

 Bagian yang berbentuk seperti kacang yang terletak di bawah kelenjar prostat. Berfungsi menghasilkan lendir dan cairan bersifat basa.

Baca Juga  Jelaskan Fungsi Membran Sel Pada Sel Tumbuhan dan Hewan

Demikian artikel ini, pasti akan bermanfaat untuk pembaca. Sampai jumpa diartikel selanjutnya

Download Pdf

  1. SISTEM REPRODUKSI PDF

  2. Sistem Reproduksi Pdf

  3. SISTEM REPRODUKSI PADA PRIA PDF

  4. REPRODUKSI MANUSIA PDF

  5. SISTEM REPRODUKSI PDF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.