Panduan Pengisian data sanitasi sekolah pada aplikasi dapodik tahun 2017

Download – Panduan Pengisian Data Sanitasi Sekolah

Dapurpendidikan.com – Berikut informasi tentang Panduan Pengisian data sanitasi sekolah pada aplikasi dapodik tahun 2017.

panduan pengisian data sanitasi sekolah

Dalam proses belajar mengajar, sekolah diharapkan dapat menciptakan keamanan dan kenyamanan. Berbagai fasilitas yang disediakan oleh pihak sekolah sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak.

Salah satu fasilitas yang perlu diperhatikan adalah fasilitas sanitasi sekolah, dimana lingkungan sekolah membutuhkan adanya sanitasi yang baik.

Salah satu alasan kenapa fasilitas sanitasi ini diperlukan adalah, karena siswa dan guru cenderung menghabiskan waktunya di lingkungan sekolah.

Sanitasi yang baik diharapkan dapat menumbuhkan budaya hidup sehat di sekolah.

Sanitasi Sekolah menjadi salah satu indikator dalam Sustainable Development Goals atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan pemantauan perkembangan indikator sanitasi sekolah melalui aplikasi dapodik.

UNICEF (The United Nations Children’s Fund) mendukung Kemendikbud dalam usaha memperbaiki dan meningkatkan kualitas yang ada di sekolah.

Sebagai salah satu usaha dalam memantau indikator sanitasi sekolah, pada aplikasi Dapodik disediakan form untuk mengisi pendataan sanitasi sekolah.

Dalam pengisian form pendataan sanitasi sekolah, agar operator dapodik mudah dalam pengisian, maka diterbitkan “Panduan Pengisian Data Sanitasi Sekolah”

Dalam panduan tersebut dijelaskan secara detail, gambar maupun ilustrasi yang diharapkan mempermudah operator dan warga sekolah dalam memahami istilah teknis yang berhubungan dengan sanitasi sekolah.

Panduan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas data sanitasi sekolah.

Data tersebut dibutuhkan untuk menyusun rencana dan kebijakan dalam meningkatkan kualitas lingkungan sekolah.

Kemendikbud menghimbau kepada semua sekolah agar data sanitasi sekolah pada aplikasi dapodik secepatnya diisi dan dilengkapi.

Pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam Panduan Pengisian data sanitasi sekolah pada aplikasi dapodik tahun 2017 antara lain :

Baca Juga  Ada 7 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Di Jakarta

Q1. Kecukupan Air

Q2. Sekolah memproses air sendiri

Q3. Air Minum untuk siswa

Q4. Mayoritas siswa membawa air minum

Q5. Jumlah toilet berkebutuhan khusus

Q6. Sumber air sanitasi

Q7. Ketersediaan air dilingkungan sekolah

Q8. Tipe jamban

Q9. Jumlah Tempat Cuci Tangan

Q10. Apakah sabun dan air mengalir pada tempat cuci tangan

Q11. Jumlah Jamban dapat digunakan

Q12. Jumlah Jamban tidak dapat digunakan

 

Dari masing-masing pertanyaan tersebut, disediakan beberapa pilihan, yang dapat mempermudah operator sekolah dalam mengisi data yang dibutuhkan dalam aplikasi dapodik.

Dalam Panduan Pengisian data sanitasi sekolah pada aplikasi dapodik tahun 2017 yang dapat anda download di sini, masing-masing pilihan jawaban isian dijelaskan secara rinci.

Operator sekolah dapat bekerja sama dengan bagian sarana-prasarana sekolah untuk melakukan pendataan.

Tentunya data yang dimasukkan, hendaknya merupakan data yang nyata pada keadaan sekolah yang sebenarnya. Karena data tersebut nantinya digunakan untuk membuat rencana dan kebijakan terkait sanitasi sekolah.

Demikian informasi yang dapat penulis sampaikan berkaitan dengan Panduan Pengisian data sanitasi sekolah pada aplikasi dapodik tahun 2017 yang dipublikasikan oleh http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/.

Untuk mempermudah pembaca dalam melakukan pengisian silahkan mengunduh di sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.