Pengertian Informasi

Pengertian Informasi

 

Hidup dizaman moderen kini alias era globalisasi di Indonesia terasa dampaknya, lain lagi dengan luar negeri yang sudah lebih dulu merasakan kemajuan teknologi. sekarang pasilitas kehidupan begitu mudah seiring dengan perjalanan teknologi yang begitu pesat dan canggih, segalanya ada, dikampung saja apa yang belum ada segala pasilitas informasi dan teknologi sudah tersedia yang berdampak kepada kehidupan masyarakat desa yang mulai “bertingkah” padahal antara pesatnya teknologi informasi dengan telatnya ekonomi jelas masih jauh untuk menyeimbangkan keadaan ini maka jangan heran sering ada kejadian kejadian karenanya.

 

Pengertian Informasi

Informasi sangat penting bagi kehidupan di era moderen ini, kalau di terapkan dengan bijaksana dapat dijadikan sebagai jalan hidup atau pekerjaan yang dapat menghasilkan uang namun sebaliknya banyak informasi yang diselewengkan yang pada akhirnya fatal.

Dengan informasi seseorang yang awalnya tidak tahu menjadi tahu, awalnya tidak mengerti menjadi mengerti. Sangatlah penting informasi itu untuk menambah pengetahuan atau wawasan seseorang. Informasi adalah sesuatu data yang sudah diolah atau diproses sehingga menjadi suatu bentuk  yang memiliki arti bagi penerima informasi yang memiliki nilai yang bermanfaat.

KBBI menyimpulkan informasi adalah

1 penerangan;

2 pemberitahuan; kabar atau berita tt sesuatu;

3 Ling keseluruhan makna yg menunjang amanat yg terlihat dl bagian-bagian amanat

baca juga Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

  1. Abdul Kadir (2002: 31); McFadden dkk (1999) mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.
  2. Azhar Susanto (2004:46) dalam bukunya Sistem Informasi Akuntansi, menyatakan bahwa informasi adalah hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat.
  3. Burch dan Strater menyatakan bahwa informasi adalah pengumpulan atau pengolahan data untuk memberikan pengetahuan atau keterangan.
  4. George R. Terry berpendapat bahwa informasi adalah data yang penting yang memberikan pengetahuan yang berguna.
  5. Jogianto (2004:8) dalam bukunya yang berjudul Analisis dan Desain Sistem Informasi, berpendapat bahwa informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya.
  6. Lani Sidharta (1995: 28) berpendapat bahwa informasi adalah data yang disajikan dalam bentuk yang berguna untuk membuat keputusan.
  7. Menurut Anton M. Meliono (1990: 331) informasi adalah data yang telah diproses untuk suatu tujuan tertentu. Tujuan tersebut adalah untuk menghasilkan sebuah keputusan.
  8. Menurut George H. Bodnar (2000: 1) informasi adalah data yang diolah sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang tepat.
  9. Menurut Tata Sutabri, informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
  10. Menurut Gordon B. Davis (1991: 28), informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.
  11. 11. Menurut Jogiyanto HM., (1999: 692), informasi adalah hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan.
  12. Raymond Mc.leod menyatakan bahwa informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi si penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat  ini atau mendatang.
Baca Juga  Jelaskan Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli Minimal 5

Berdasarkan Pengertian informasi menurut para ahli ini, dapat disimpulkan bahwa informasi adalah sekumpulan fakta-fakta yang telah diolah menjadi bentuk data, sehingga dapat menjadi lebih berguna dan dapat digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan data-data tersebut sebagai pengetahuan ataupun dapat digunakan dalam pengambilan keputusan.

 

contoh informasi :

 

  1. Seseorang berlari lari dengan terengah engah sambil berteriak ada maling ada maling
  2. ketika para pemuda sedang nangkring di pinggir jalan, tiba tiba datang seorang pengendara motor, ia berkata : “ ada tabrakan motor dan mobil di simpang tiga”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.