Pengertian Lingkungan Pdf

Pengertian Lingkungan Pdf

Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungan, makanya Orang selalu bertanya: “ lingkungannya bagaimana?”. Tentu jawabannya berhubungan dengan masalah keamanan, kebersihan, dan kenyamanan. Kekinian orang baru nyadar bahwa lingkungan mempunyai peran sangat penting dan diutamakan, kalau dulu di era tahun tujuh puluhan tidak ada yang ngomong masalah lingkungan, mengapa? karena saat itu lingkungan tidak bermasalah beda dengan sekarang sangat sangat menyedihkan.

Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut

Lingkungan adalah suatu media dimana mahluk hidup tinggal, mencari penghidupannya, dan memiliki karakter serta fungsi yang khas yang terkait secara timbal balik dengan keberadaan makhluk hidup yang menempatinya, terutama manusia yang memiliki peranan yang lebih kompleks.

Lingkungan terdiri dari komponen biotik dan abiotik. Komponen abiotik adalah semua benda mati seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, suara. Sementara komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia dan mikro-organisme (virus dan bakteri).

Pengertian Lingkungan

Pada lingkungan, ada dua komponen penting pembentukannya, menciptakan ekosistem yang merupakan komponen dari komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik lingkungan meliputi semua makhluk hidup di dalamnya, yaitu, hewan, manusia, tumbuhan, jamur dan makhluk hidup lainnya. sementara komponen abiotik adalah benda mati yang bermanfaat bagi kelangsungan makhluk hidup di lingkungan yang meliputi tanah, air, api, batu, udara, dan sebaiganya lainnya.

Pengertian lain dari lingkungan adalah segala sesuatu yang ada disekitar manusia yang mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung.

Baca Juga  Jelaskan Pengertian Jaringan Komputer Dan Manfaatnya

Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

  • Menurut Darsono (1995)

Pengertian lingkungan bahwa semua benda dan kondisi, termasuk manusia dan kegiatan mereka, yang terkandung dalam ruang di mana manusia dan mempengaruhi kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia dan badan-badan hidup lainnya.

  • Menurut St Munajat Danusaputra

Lingkungan adalah Semua benda dan kondisi termasuk di dalamnya manusia dan aktifitasnya, yang terdapat dalam ruang dimana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraan hidup dan jasad renik lainnya.

  • Menurut Emil Salim

Lingkungan hidup adalah semua benda, keadaan, kondisi, dan juga pengaruh yang berada dalam ruangan yang sedang kita tempati dan itu mempengaruhi kehidupan sekitar baik itu hewan, tumbuhan, dan juga manusia.

  • Menurut Otto Soemarwoto

Lingkungan hidup adalah semua benda dan juga kondisi yang berada di dalam ruangan yang sedang kita tempati dan mempengaruhi kehidupan kita.

  • Menurut Sambas Wirakusumah

Lingkungan hidup adalah semua hal yang mencakup aspek eksternal biologis, dimana organism yang hidup dan ilmu lingkungan menjadi tempat belajar aspek lingkungan organism tersebut.

  • Menurut Bintarto

Lingkungan hidup adalah segalah hal yang berada di lingkungan kita. Baik itu benda ataupun makhluk hidup yang dapat terpengaruh oleh setiap aktivitas yang kita lakukan.

Baca juga : Perbedaan Dna Dan Rna Pdf

 Tahapan Sintesis Protein Pdf

Jenis-Jenis Lingkungan

  1. Lingkungan fisik adalah segala benda mati dan keadaan fisik yang ada di sekitar individu misalnya batu-batuan, mineral, air, udara, unsur-unsur iklim, kelembaban, angin dan lain-lain. Lingkungan fisik ini berhubungan erat dengan makhluk hidup yang menghuninya, sebagai contoh mineral yang dikandung suatu tanah menentukan kesuburan yang erat hubungannya dengan tanaman yang tumbuh di atasnya.
  2. Lingkungan biotik adalah segala makhluk hidup yang ada di sekitar individu baik manusia, hewan dan tumbuhan. Tiap unsur biotik, berinteraksi antar biotik dan juga dengan lingkungan fisik atau lingkungan abiotik
Baca Juga  Pengertian Informasi

Penyebab Kerusakan Lingkungan

Penyebab kerusakan lingkungan hidup secara umum bisa dikategorikan dalam dua faktor yaitu akibat peristiwa alam dan akibat ulah manusia.

Letusan gunung berapi, banjir, abrasi, tanah longsor, angin puting beliung, gempa bumi, dan tsunami merupakan beberapa contoh bencana alam. Bencana-bencana tersebut menjadi penyebab rusaknya lingkungan hidup akibat peristiwa alam. Meskipun jika ditelaah lebih lanjut, bencana seperti banjir, abrasi, kebakaran hutan dan tanah longsor bisa saja terjadi karena adanya campur tangan manusia juga.

Penyebab kerusakan lingkungan yang kedua adalah akibat ulah manusia. Kerusakan yang disebabkan oleh manusia ini justru lebih besar dibanding kerusakan akibat bencana alam. Ini mengingat kerusakan yang dilakukan bisa terjadi secara terus menerus dan cenderung meningkat. Kerusakan ini umumnya disebabkan oleh aktifitas manusia yang tidak ramah lingkungan seperti perusakan hutan dan alih fungsi hutan, pertambangan, pencemaran udara, pencemaran air, dan pencemaran tanah.

Pemanasan global merupakan masalah yang disebabkan oleh manusia memberikan dampak yang sangat dirasa dari kurun waktu ke waktu. Dampak yang terjadi ialah perubahan iklim yang tidak menentu dan menipisnya es yang berada dikutub utara dan selatan. Kebakaran hutan yang dilakukan oleh manusia memberikan dampak yang besar bagi masyarakat luas yaitu adanya sesak nafas yang dialami masyarakat akibat asap kebakaran yang terjadi. Membuat masyarakat sendiri sulit untuk beraktifitas akibat asap kebakaran yang ditimbulkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Penggundulan hutan yang terjadi juga memberikan dampak yang besar bagi masyarakat yaitu terjadinya longsor dan mengakibatkan banjir. Tanah longsor yang diakibatkan oleh penggundulan hutan tersebut juga kurangnya reboisasi atau penanaman kembali seribu pohon. Kemudian banjir yang seharusnya dapat kita tanggulangi mulai dari sekarang dengan membuang sampah pada tempatnya, membersihkan saluran pembuangan air dan juga melakukan penanaman kembali.

Baca Juga  Jelaskan Pengertian Negara Menurut Para Ahli Minimal 5

Demikian artikel ini pasti akan bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya

Untuk selengkapnya donwnload dibawah ini Pdf

1. Pengertian Lingkungan

2. Diktat Pencemaran Lingkungan

3. Tinjauan Pustaka Pengertian Lingkungan

4. Gambaran Umum Tentang Lingkungan Hidup

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.