Pengertian Nilai

Pengertian Nilai

Siapapun dan dimanapun yang sedang melakukan suatu pekerjaan baik sendiri maupun kelompok sampai selesai, pasti akan merasakan kepuasan tersendiri, dan kepuasan itu membuahkan hasil. Dan hasilnya itu adalah sebuah nilai, apakah itu nanti nilai baik atau nilai                  buruk. Yang menilai baik atau buruk adalah atasannya atau orang lain yang mengerti akan pekerjaan itu. Sebuah nilai adalah suatu bentuk perjuangan dan yang menentukannya adalah hasil jerih payah kerja penuh atau setengah setangah. Nilai baik dan nilai buruk mempunyai arti, nilai baik bersemangat dan harus mempertahankannya dan nilai buruk keteledoran yang disengaja dan harus bangkit. Bagaimana jelasnya dan lebih jauh tentang pengertian nilai akan dibahas dibawah ini.

Pengertian Nilai Secara Umum

Definisi Nilai adalah adalah alat yang menunjukkan alasan dasar bahwa cara pelaksanaan atau keadaan akhir tertentu lebih disukai secara sosial dibandingkan cara pelaksanaan atau keadaan akhir yang berlawanan.

Pengertian Nilai Menurut Para Ahli

  1. Spranger

Pengertian Nilai adalah suatu tatanan yang dijadikan panduan oleh individu untuk menimbang dan memilih alternatif keputusan dalam situasi sosial tertentu.

  1. Horrocks

Horrocks berpendapat bahwa pengertian Nilai adalah sesuatu yang memungkinkan individu atau kelompok sosial membuat keputusan mengenai apa yang ingin dicapai atau sebagai sesuatu yang dibutuhkan.

  1. Danandjaja

Pengertian Nilai adalah pengertian yang dimiliki seseorang akan sesuatu yang lebih penting maupun kurang penting, apa yang lebih baik dan kurang baik, dan juga apa yang lebih benar dan apa yang salah.

  1. Gordon Allport

Pengertian Nilai menurut Gordon adalah suatu keyakinan yang dapat membuat seseorang melakukan tindakan berdasarkan pilihannya.

  1. Mulyana

Pengertian Nilai merupakan suatu keyakinan dan rujukan untuk menentukan sebuah pilihan.

  1. Kluckhohn
Baca Juga  Pengertian Informasi

Pengertian Nilai adalah sebuah konsepsi dari apa yang diinginkan dan mempengaruhi seseorang dalam menentukan tindakan terhadap cara dan juga tujuan yang ingin dicapai.

  1. Notonagoro

Pengertian Nilai terdiri dari tiga nilai pokok, yaitu nilai vital, materil, dan rohani.

Unduh Pdf : Konsep Nilai dalam Islam
Unduh Pdf : HAKIKAT DAN MAKNA NILAI
Unduh Pdf: Pengertian Nilai
Unduh Pdf: Pemahaman tentang Nilai
Unduh Pdf: Nilai dan Norma Masyarakat

Jenis-jenis Nilai

Menurut Spranger, Nilai dibedakan menjadi beberapa macam diantaranya :

  1. Nilai Ekonomi
  2. Nilai Agama
  3. Nilai Keilmuan
  4. Nilai Seni
  5. Nilai Solidaritas
  6. Nilai Kuasa

Fungsi nilai

  1. Memiliki fungsi sebagai pendorong.
  2. Dapat berfungsi sebagai petunjuk arah.
  3. Sebagai pelindung.
  4. Mempunyai fungsi sebagai perwujudan seseorang.
  5. Sebagai sarana memberikan pendapat.
  6. Nilai sebagai alat pemersatu.
  7. Bisa digunakan untuk alat membantu perkembangan diri manusia.

Ciri-ciri nilai

  1. Tercipta dari proses sosialisasi dan proses belajar.
  2. Nilai merupakan suatu hal yang dihasilkan dari interaksi  antar warga masyarakat.
  3. Dipublikasikan kepada masyarakat.
  4. Memiliki sifat yang relatif, tergantung bagaimana kondisi kebudayaan suatu daerah tersebut.
  5. Salah satu bagian dari usaha dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan manusia.
  6. Dari setiap warga masyarakat, biasanya memiliki pengaruh yang berbeda.
  7. Memiliki kecenderungan saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya guna membentuk sistem.
  8. Bisa memberikan pengaruh dalam proses pengembangan diri seseorang.
Klarifikasi Nilai

Berdasarkan pendapat yang telah dikemukakan oleh Spranger, jenis-jenis nilai berdasarkan pada ciri nilai sosial sebagai berikut;

Nilai Seni

Seni bagian daripada bentuk nilai keindahan, bahan penilaian ini erat hubungan dengan sosiologi sastra. Yang mengedepankan tentang hakekat manusia untuk berkarya terhadap lingkungan yang ada disekitarnya.

Nilai Solidaritas

Solidaritas menjadi salah satu elemen penting untuk mengitegrasikan kehidupan masyarakat. Dalam kehidupan solidaritas berfungsi mengatur peranan peranan sosial yang ada di dalam masyarakat. Kaidah mengenai solidaritas ini sulit untuk dibentuk selama ada konflik sosial yang terjadi didalamnya.

Baca Juga  Apa Itu Kapitalisme - Yang Dimaksud Kapitalisme Adalah
Nilai Kuasa

Kuasa bagian daripada nilai yang menjadi ciri khas dalam kehidupan masyarakat. Kuasa selalu diberikan kepada seseorang yang memiliki stratifikasi masyarakat yang lebih tinggi. Kajian mengenai kondisi ini mudah dijumpai pada struktural pemerintahan yang ada di Indonesia, misalnya Presiden-Bupati-Masyarakat.

Nilai Ekonomi

Pandangan terhadap nilai erat kaitannya dengan ekonomi. Bagian ini menjadi salah satu fungsi manusia untuk melanjutkan hidup dengan pemenuhan kebutuhan yang diperlukan, misalnya dalam kebutuhan primer, skunder, dan tersier.

Nilai Agama

Agama memiliki fungsi nilai yang sangat penting dalam menjaga kesetabilan manusia. Agama menjadi bahasan pokok yang sangat sulit diterjemahkan secara kasab mata, akan tetapi secara pasti agama memberikan ruang kepada manusia untuk memikirkan kehidupannya setelah tiada (mati).

baca juga Pengertian Informasi

Nilai Keilmuan

Pandangan terhadap keilmuan, menjadi salah satu landasan seseorang untuk memberikan penilaian. Oleh karena itu setiap orang yang hidup di dunia ingin serta merta mendapatkan kelimuan yang tinggi agar setara nantinya dengan status sosial yang disandangnya.

Peranan keilmuan yang di dapatkan seseorang biasa dari lembaga pendidikan. Pengertian lembaga pendidikan sendiri adalah lembaga yang memberikan edukasi pada masyarakat dengan strata-strata tertentu yang di dasarkan pada usia dan kemampuannya.

Pengertian Nilai selengkapnya download disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.