Pengertian Populasi, Definisi Dan Populasi Menurut Para Ahli

Pengertian Populasi, Definisi Dan Populasi Menurut Para Ahli

Populasi yaitu sekelompok orang, benda atau hal yang menjadi sumber pengambilan sampel; sekumpulan yang menjadi syarat tertentu yang berkaitan dengan masalah penelitian. Dan menurut Sugiyono, populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari obyek atau subyek yang menjadi kuantitas dan karasteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti.Sehingga populasi dalam statistika tidak terbatas pada sekelompok orang, tetapi juga binatang atau apa saja yang menjadi perhatian kita. Misalnya populasi bank swasta di Indonesia, tanaman, rumah, alat-alat perkantoran, dan jenis pekerjaan. Dibawah ini akan dibahas pengertian populasi menurut para ahli dan populasi menurut para ahli.

Pengertian Populasi

            Pengertian populasi – Kata populasi berarti semua orang yang bertempat tinggal pada suatu tempat.Dalam ekosistem, yang dimaksud populasi adalah semua individu sejenis yang menempati suatu daerah tertantu. Suatu organisme disebut sejenis apabila memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  • Menempati daerah atau habitat yang sama;
  • Mempunyai persamaan morfologi, anatomi, dan fisiologi;
  • Mampu menghasilkan keturunan yang fertile (berkembang biak secara kawin).

  Sebagai contoh, pada suatu lahan seluas 200 meter persegi terdapat 800 batang jagung, 500 ekor belalang, 50 ekor jangkrik, 10 ekor burung, dan 3 batang taanaman turi. Berdasarkan data tersebut maka di dalam lahan atau daerah tersebut terdapat beberapa populasi, yaitu populasi jagung, populasi belalang, populasi jangkrik, populasi burung, dan populasi turi.

Pengertian  Populasi Dan Definisi Populasi Menurut  Para Ahli

  1. Gunawan Susilowarno

Populasi adalah kumpulan dari individu-individu yang terdiri dari satu spesies yang bersama sama menempati luas wilayah yang sama, mengandalkan sumber daya yang sama, dan dipengaruhi oleh faktor lingkungan sama serta memiliki kemungkinan yang tinggi untuk berinteraksi satu sama lain.

  1. Siti Resmi

Populasi adalah kumpulan dari semua kemungkinan orang-orang, benda-benda, dan ukuran lain, yang menjadi objek perhatian atau kumpulan seluruh objek yang menjadi perhatian.

  1. Johar Arifin

Populasi adalah keseluruhan obyek atau individu yang akan diteliti; memiliki karakteristik tertentu, jelas dan lengkap.

Baca Juga  Respirasi Aerob Pdf

Kalau  membahas populasi, ada beberapa karakteristik yang khas yang tidak dimiliki oleh individu, yakni :

1. Kepadatan populasi

Kepadatan populasi adalah hubungan antara jumlah individu dan satuan luas atau volume ruaang yang ditempati pada waktu tertentu. Misalnya, pada tahun 1990 kelurahan Cakung di Jakarta yaang luasnya 3 km2 dihuni 100.000 orang, 3.000 ekor kambing, dan 6.000 ekor ayam. Berdasarkan angka tersebut kepadatan penduduk kelurahan Cakung pada taahun 1990 adalah 100.000 orang/3 km2 = 33.333 orang per km2. Artinya, setiap lahan seluas 1 km2 rata-rata ditempati 33.333 orang.Kepadatan populasi kambing adalah 1.000/km2 dan kepadatan populasi ayam adalah 2.000/km2.

2. Perubahan kepadatan populasi

Populasi organisme pada suatu daerah tidaj akan tetap dari waktu ke waktu berikutnya. Jika jumlaah populasi suatu jenis berubah, kepadatan populasinya juga akan berubah. Ada dua hal yang mempengaruhi perubahan kepadatan populasi organisme pada suatu daerah yaitu :

  • Adanya individu yang datang, yaitu individu yang lahir dan yang datang dari tempat lain atau imigrasi.
  • Adanya individu yang pergi, yaitu individu yang mati daan yang pergi pindah ke tempat lain atau emigrasi.

3. Natalitas

Natalitas atau angka kelahiran adalah angka yang menunjukkan jumlah individu baru yang menyebabkan populasi bertambah per satuan waktu.Dengan demikan, meningkatnya natalitas merupakan faktor pendorong meningkatnya pertumbuhan populasi

4. Mortalitas

Mortalitas atau angka kematian adalah angka yang menunjukkan jumlah pengurangan individu per satuan waktu.Terjadinya kematian merupakan salah satu faktor utama yang mengontrol ukuran suatu populasi.Populasi organisme pada suatu ekosistem senantiasa mengalami perubahan.Perubahan tersebut ada yang tampak jelas dan ada pula yang tidak jelas.Pada ekosistem darat, ada beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan populasi, di antaranya adalah perubahan suhu, kelembapan.

Baca Juga  Komponen Biotik Dan Abiotik Pengertian Dan Fungsinya

Populasi Menurut Para Ahli

1. Menurut Margono (2010:118)

 “Populasi adalah suatu data yang menjadi perhatian kita dalam suatu ruang lingkup dan waktu yang kita tentukan.

2.Menurut Sukmadinata (2011:250)

 Mengemukakan bahwa populasi adalah “kelompok besar dan wilayah yang menjadi lingkup penelitian kita.

3. Arikunto (2002:108)

Mengemukakan bahwa populasi adalah “Keseluruhan objek penelitian”.

Kaitannya dengan batasan tersebut populasi dibedakan menjadi dua yaitu :

  1. Populasi Terhingga

Populasi terhingga yaitu, populasi yang memiliki kuantitatif secara jelas karena memiliki karakteristik yang terbatas.

  1. populasi takterhingga

yaitu, populasi yang tidak dapat ditemukan batas-batasnya, sehingga tidak dapat dinyatakan dalam bentuk jumlah secara kuantitatif.

Margono (2012:119) mengemukakan bahwa suatu populasi bagi suatu penelitian harus dibedakan kedalam sifat berikut ini:

1. Populasi yang bersifat homogen

 yaitu populasi yangunsur-unsurnya memiliki sifat yang sama. Misalnya, seorang dokter yang akan melihat golongan darah seseorang, maka ia cukup mengambil setetes darah saja. Dakter itu tidak perlu satu botol, sebab setetes dan sebotol darah hasilnya akan sama saja.

2. Populasi yang bersifat heterogen,

yaitu populasi yang unsur-unsurnya memiliki sifat atau keadaan yang bervariasi, sehingga perlu ditetapkan batas-batasnya.

Metode penarikan/pengambilan data dengan jelas mewakili/melibatkan seluruh anggota  populasi disebut sensus. Seorang peneliti meskipun mengetahui bahwa metode sensus ini akan banyak memerlukan pikiran, memakan waktu yang relatif lama dan biayanya mahal, namun tetap melakukan sensus, hal ini disebabkan karena:

1. Untuk ketelitian

Suatu penelitian sering meminta ketelitian dan kecermatan yang tinggi, sehingga memerlukan data-data yang besar jumlahnya. Apabila unsur ketelitian dan kecermatan ini harus diprioritaskan maka harus digunakan metode sensus.

2. Sumber bersifat heterogen

Apabila menghadapi sumber informasi yang bersifat heterogen dimana sifat dan karakteristik masing-masing sumber sulit untuk dibedakan maka lebih baik menggunakan metode sensus.

Baca Juga  Monera Disebut Juga Kelompok Makhluk Hidup Mengapa

Demikian artikel ini, pasti akan bermanfaat untuk pembaca. Sampai jumpa diartikel selanjutnya.

Download Pdf

  1. METODOLOGI PENELITIAN PDF

  2. POPULASI DAN SAMPEL PDF

  3. POPULASI & SAMPEL PENELITIAN PENELITIAN PDF

  4. POPULASI DAN SAMPEL PDF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.