Penyerbukan Vanili Dibantu Oleh Manusia beserta Manfaatnya

Penyerbukan Vanili Dibantu Oleh Manusia beserta Manfaatnya

Sejak jaman penjajahan Vanili dikenal sebagai jenis tanaman industri yang merupakan komoditi penting di bidang makanan kosmetik dan obat obatan. Kebanyakan vanili diekspor ke luar negeri, dari tahun ke tahun permintaan pasar pada barang ini cukup tinggi dengan nilai ekonomis yang tinggi pula. Pemanfaatan Vanili yaitu buahnya, sedangkan dalam penyerbukan vanili tidak dapat bantu oleh serangga namun dibantu oleh tangan manusia yang sudah terampil mengawinkan vanili dan telah hapal tehnik dan caranya

Cara Penyerbukan Bunga Vanili Oleh Manusia

Dengan cara penanaman yang baik, vanili mulai belajar berbunga pada umur 2 sampai 3 tahun. Bunga ini tidak dapat melakukan penyerbukan sendiri secara alami, walaupun putik dan benang sarinya berada dalam bunga yang sama. Dalam budidaya vanili, diperlukan tenaga manusia yang akan berperan untuk melakukan perkawinan/ penyerbukan. Waktu dilakukannya penyerbukan yaitu pagi hari. biasanya saat bunga vanili musim berbunga sekitar bulan Agustus hingga Oktober.

cara mengawinkan/ penyerbukan vanili dapat dilakukan sebagai beriku :

  • Bunga vanili yang sudah mekar, dipegang dengan tangan kiri dengan posisi dua mahkota dan daun kelopok di bagian belakang terletak antara jari tengan dan jari telunjuk.
  • Tangan kanan memegang sepotong kayu (sebesar lidi) yang selanjutnya digunakan untuk membuka (merobek) bibir bunga yang menutub kepala sari hingga tangkai putik kelihatan, kemudian tutupnya diangkat hingga kepala benang sari turut terangkat. kemudian tepung sari bisa dipertemukan pada kepala putik dengan cara menekan labellum.
  • Penyerbukan yang berhasil ditandai dengan jatuhnya daun bunga sesudah 2 atau 3 hari dan beberapa minggu kemudian akan kelihatan buahnya.
  • Beberapa minggu setelah penyerbukan, agar diadakan pemeriksaan pada tandan-tandan untuk memperjarang buah dengan membuang buah-buah yang jelek.
  • Untuk memperoleh buah vanili yang baik dan panjang-panjang, maka pada setiap tandan bunga agar ditinggalkan lebih kurang 10 bunga yang akan membentuk buah.
Baca Juga  Ekosistem Sawah, Pengertian Dan Macam Macamnya

Agar penyerbukan berhasil dengan baik, perhatikan kondisi saat penyerbukan. Usahakan penyerbukan dilakukan pada pagi hari, yaitu antara jam 06.00 hingga 10.00. Cuaca yang baik saat penyerbukan adalah cuaca yang kering dan tidak banyak angin. Saat musim hujan sebaiknya penyerbukan dilakukan dengan lebih hati-hati, sambil diberi pelindung. Dengan demikian buah yang dihasilkan pun akan lebih berkualitas.

Pemanenan buah vanili bisa dilakukan setelah berumur sekitar 7-8 bulan, setelah dilakukan penyerbukan bunga. Pemanenan vanili ini biasanya dilakukan secara berkala selama 1-2 bulan. Musim panen yaitu pada Mei – Juli. Cara pemanenan yaitu dengan memetik buah yang telah masak dengan menggunakan tangan. Setelah dipetik dilakukan proses pemeraman selama 1-2 hari, kemudian pengeringan dan selanjutnya dapat dikemas dan dipasarkan. Jumlah produksi vanili per hektar dalam kondisi normal yaitu 2.000 – 2.500 kg vanili basah. Kalau dikeringkan bisa menjadi 1.000 kg

Manfaat Vanili Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Selain untuk bahan obat dan makanan vanili juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Ada 4 manfaat dari buah vanili yaitu:

  • Mencegah Jerawat

Vanili memiliki sifat antibakteri sehingga hal ini baik untuk menangkal datangnya jerawat. Vanilin, zat yang terkandung di dalam vanili ternyata mampu menangkal infeksi dan juga mempercepat jalannya penyembuhan pada kulit wajah

  • Menguatkan Rambut

Minyak esensial yang dihasilkan dari vanili mampu memperlancar aliran darah ke kulit, memicu tumbuh rambut lebih kuat Bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok dan pecah-pecah, minyak vanili cocok digunakan sebagai penyelesai masalah.

  • Baik untuk Jantung

Vanilin juga ternyata terbukti mampu mengurangi kolesterol tubuh. Kadar kolesterol rendah berguna untuk mencegah pembengkakan arteri, aterosklerosis serta pembekuan darah

  • Pencegah Kanker

Ekstrak vanili memiliki sifat antioksidan yang mampu menangkal efek buruk dari radikal bebas. Contohnya penyakit kronis seperti kanker Anti oksidan tersebut ada pada zat vanili yang disebut vanilin.

Baca Juga  Apa Fungsi Alat Pernapasan Manusia Pdf

Demikian artikel ini, pasti akan bermanfaat untuk pembaca. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Download Pdf

  1. Tanaman Vanili Pdf

  2. Budidaya Tanaman Vanili Pdf

  3. Budidaya Vanili Pdf

  4. CARA MENGAWINKAN VANILI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.