Apa Perbedaan Dikotil Dan Monokotil Beserta Contohnya

Apa Perbedaan Dikotil Dan Monokotil Beserta Contohnya

Dalam sebuah  pertumbuhan baik itu manusia maupun pepohonan tentu bakal ada sebuah perkembangan yang merupakan dua pasangan hidup yang tidak dapat dipisahkan, kehidupan dan perkembangan ini tergantung kepada yang mengurusnya kalau memberikan nilai gizi yang baik tentu jalannya pertumbuhan akan berkembang dengan baik, namun sebaliknya memberikan gizi yang kurang pertumbuhan dan perkembangannya akan jelek.

Yang di bicarakan disini akan dikupas tentang pepohonan. Dalam ilmu Biologi dikenal dua jenis tumbuhan yaitu dikotil dan monokotil, banyak perbedaan antara monokotil dan dikotil yang bisa dikenali baik secara langsung ataupun dari bentuk bagian dalam tumbuhan itu sendiri. Pertumbuhan diartikan sebagai suatu proses pertambahan ukuran atau volume serta jumlah sel secara irreversible, atau tidak dapat kembali ke bentuk semula. Perkecambahan merupakan tahap awal perkembangan suatu tumbuhan, khususnya tumbuhan berbiji. Dalam tahap ini, embrio di dalam biji yang semula berada pada kondisi dorman mengalami sejumlah perubahan fisiologis yang menyebabkan ia berkembang menjadi tumbuhan muda. Tumbuhan muda ini dikenal sebagai kecambah. Pertumbuhan adalah proses kenaikan volume karena adanya penambahan substansi (bahan dasar) yang bersifat irreversible(tidak dapat kembali dalam keadaan semula). Sedangkan perkembangan adalah proses menuju tercapainya kedewasaan yang tidak dapat diukur dan bersifat kualitatif. Pertumbuhan dalam suatu perkecambahan biji dapat langsung diukur apabila tunasnya sudah keluar dan tumbuh.

Pertumbuhan dan perkembangan biji akan selalu berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat dibedakan menjadi 2 yakni faktor internal dan faktor eksternal.

  1. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam tubuh tumbuhan yang terdiri atas faktor intrasel (di dalam sel) yang meliputi gen, dan faktor intersel (sela-sela sel) yang meliputi hormon.
  2. Yang kedua adalah faktor yang berasal dari luar tubuh tumbuhan atau faktor eksternal yang mencakup cahaya/sinar matahari, suhu/temperature, kelembaban udara, nutrisi, kadar air, oksigen atau karbondioksida, pH atau derajat keasaman, kepadatan populasi, dan media tanam tumbuhan.
Baca Juga  Organ Lambung Manusia Dan Fungsinya Pdf

Dalam hal ini Cahaya merupakan salah satu faktor penting yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Cahaya memiliki banyak pengaruhnya terhadap perkecambahan suatu biji. Pengaruh tersebut dapat disebabkan karena setiap cahaya yang menyinari tumbuhan itu beda-beda, ada tanaman yang tersinari cahaya dan ada tanaman yang tidak tersinari cahaya.

Perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil

Dapat di lihat tabel dibawah ini:

  1. Bentuk Biji

monokoti
dikotil

Perbedaan khas pada tumbuhan dikotil dan monokotil adalah pada bentuk bijinya. Tumbuhan dengan satu keping biji tumbuhan disebut dengan tumbuhan monokotil, tumbuhan ini tidak dapat mengalami pembelahan saat berkecambah. Contohnya pada tumbuhan padi, jagung, kelapa dan anggrek. Sedangkan tumbuhan dengan dua keping biji adalah tumbuhan dikotil, tumbuhan ini dapat membelah diri jadi dua saat berkecambah, misalnya pada biji kakao, karet, kacang-kacangan dan bunga matahari.

  1. Bentuk Akar

monokotil
dikotil

Perbedaan yang mendasar dari tumbuhan dikotil dan monokotil adalah bentuk akar yang dimiliki. Akar pada tumbuhan monokotil berbentuk serabut yang tersusun atas banyak akar yang kecil dan tipis. sedangkan pada tumbuhan dikotil bentuk akarnya tunggang, yaitu satu namun mempunyai banyak cabang dan bersifat kua dan tidak mudah patah.

  1. Bentuk Batang

monokotil
dikotil

Perbedaan lainnya pada tumbuhan ini adalah pada batangnya. Pada tumbuhan dikotil mempunyai batang yang memiliki kambium dan dapat bercabang-cabang menjulang tinggi dan menjulur panjang. Sedangkan pada tumbuhan monokotil batangnya tidak memiliki kambium dan tidak bercabang.

  1. Bentuk Daun

monokotil
dikotil

Perbedaan lainnya pada tumbuhan dikotil dan monokotil adalah bentuk daun yang dimilikinya. Pada tumbuhan monokotil bentuk daunnya memanjang seperti pita dan daunnya lebar dengan bentuk beraneaka ragam. Sedangkan pada tumbuhan dikotil mempunyai tulang daun yang sejajar atau melengkung dengan bentuk daun seperti sirip.

  1. Bentuk Bunga

dikotil
monootil

Dari bentuk bunganya kita bisa membedakan antara tumbuhan dikotil dan monokotil. Tumbuhan monokotil memiliki kelopak bunga dengan jumlah 3 atau kelipatannya. Sedangkan tumbuhan dikotil mempunyai jumlah kelopak minimal 2, 4 kelopak atau 5 kelopak dan kelipatannya.

  1. Berkas Pengangkut

Berkas pengangkut meliputi Xilem dan Floem, kedua jenis berkas pengangkut ini terletak di AKAR, BATANG, dan DAUN (tangkai daun & tulang daun). Susunan berkas pembuluh dalam organ-organ tersebut bersifat khas (berbeda-beda) dan umumnya membentuk pola keteraturan tertentu.

Berkas pengangkut pada tumbuhan dikotil dan monokotil juga berbeda. Pada tumbuhan monokotil berkas pengangkutnya tersebar pada batang baik pembuluh tapis maupun pembuluh kayunya. Sedangkan pada jenis tumbuhan dikotil berkas pengangkutnya terletak teratur dengan pembuluh kayu yang terletak pada bagian pembuluh tapis.

Baca Juga  Materi Genetik Pdf

baca juga : Pengertian dan Fungsi Sel Hewan Lengkap

Dengan melihat dari akar, batang, daun, bunga, dan berkas pengangkutnya, jelas terlihat mana tumbuhan yang tergolong dalam monokotil dan tumbuhan yang masuk dalam dikotil. Sebagai contoh tumbuhan yang termasuk dalam monokotil yaitu tumbuhan dari jenis rerumputan, palem, bunga anggrek, pohon, pisang, pandan, dan tumbuhan rempah-rempah misalnya jahe, kunyit, dan sejenisnya. Sedangkan tumbuhan yang termasuk dalam dikotil yaitu tumbuhan yang mengandung getah, kacang-kacangan, terung-terungan, jeruk, kapas-kapasan, dan kelompok tumbuhan yang masuk dalam jenis kopi

Perbedaan Dikotil Dan Monokotil selengkapnya Download disini

1. IDENTIFIKASI TULANG DAUN MONOKOTIL DAN DIKOTIL DENGAN METODE MANUAL     THRESHOLDING Pdf

2.TUMBUHAN TINGGI

3, Tumbuhan Berkeping Biji Dua atau Dikotil

4. BAB I STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH TUMBUHAN

5. Perbedaan Anatomi Batang Dikotil Dan Monokotil

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.