Perusahaan Swasta Di Indonesia Paling Besar

Perusahaan Swasta Di Indonesia Paling Besar

Di Indonesia banyak sekali perusahaan perusahaan swasta yang berdiri, terdiri dari berbagai jenis perusahaan mulai dari hasil laut, pertanian, perkapalan, perbankan, sembako, permesinan, makanan, minuman dan masih banyak yang lainnya. Dengan adanya perusahaan perusahaan ini, sangat bermanfaat bagi penduduk Indonesia karena menyangkut lapangan pekerjaan, berjuta juta pegawai bekerja disini. Dari sekian banyak itu, ada perusahaan swasta di Indonesia paling besarĀ  yang termasuk rangking 10 besar dari sekian banyak perusahaan di Indonesia. Perusahaan swasta di Indonesia paling besar itu adalah sebagai berikut :

Perusahaan Swasta Di Indonesia Paling Besar

  1. PT Bank Central Asia Tbk (BCA)

PT Bank Central Asia Tbk atau yang lebih dikenal dengan bank BCA merupakan bank swasta terbesar di tanah air dan menjadi salah satu dari10 bank terbesar di Indonesia. Awal mula pendiriannya, yakni pada 21 Februari 1957 dengan nama Bank Central Asia NV menjadi salah satu bagian dari perusahaan Salim Group. Dan yang terbaru, PT Bank Central Asia TBK sahamnya dipegang PT Dwimuria Investama Andalan dengan prosentase sekitar 54,94%. Perusahaan yang didirikan oleh Liem Sioe Liong ini menjadi perusahaan swasta yang bergerak di bidang jasa keuangan.

  1. PT HM Sampoerna Tbk.

Bagi para perokok anda tidak seharusnya asing perusahaan yang satu ini. PT HM Sampoerna Tbk merupakan perusahaan rokok terbesar di Indonesia dengan 2 produk terbesarnya yakni Dji Sam Soe dan A Mild. Dahulunya, saham perusahaan ini masih dimilik oleh Sampoerna, tetapi sejak Mei 2005 kepemilikan mayoritasnya berpindah tangan ke Philip Morris International, perusahaan rokok terbesar di dunia asal Amerika Serikat. Pada tahun 2007, perusahaan rokok yang satu ini mencatatkan laba bersih Rp 3,002.5 Miliar.

  1. Astra International

Perusahaan Astra International bermarkas di Jakarta dan didirikan pada tahun 1957 dengan nama PT Astra International Incorporated. Namun sejak tahun 1990 berubah nama menjadi PT Astra International Tbk. Sejak Juni 2018, mayoritas saham PT Astra dimiliki oleh Jardine Cycle & Carriage Ltd. sebesar 50,11% dan bergerak di beberapa sektor yaitu Otomotif, jasa keuangan, teknologi informasi, infrastruktur, alat berat, dan juga agribisnis. Di tahun 2017, perusahaan swasta mencatatkan pendapatan yang sangat tinggi, yaitu sebesar 206,057 triliun.

  1. PT Gudang Garam Tbk.

Tak hanya Sampoerna sajak, Gudang Garam juga merupakan perusahaan rokok yang populer di Indonesia. Gudang Garam didirikan pada 26 Juni 198 dan menjadi perusahaan rokok tertua dan terbesar kelima dalam memproduksi rokok kretek. Pusat tembakau pembuatan rokok ini berada di Kediri, Jawa Timur dengan luas 514 are. Rokok gudang garam dan Surya menjadi produk utama yang dibuat dan dipasarkan oleh perusahaan yang satu dengan laba bersih sekitar Rp519.002,5 miliar (2007).

  1. PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk

PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbkadalah salah satu produsen semen di Indonesia. Selain semen, Indocement juga memproduksi beton siap-pakai, serta mengelola tambang agregat dan tras. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 16 Januari 1985 dan berpusat di Jakarta. Perusahaan ini menjadi bagian dari HeidelbergCement AG dan PT Mekar Perkasa (Salim Group) dengan total pendapatan mencapai Rp19.996 miliar dan laba bersih 5,154 miliar berdasarkan data pada tahun 2014.

  1. Indofood Sukses Makmur Tbk

Indofood merupakan perusahaan/produsen berbagai jenis makanan dan minuman yang berpusat di Jakarta. Awalnya perusahaan ini bernama PT. Panganjaya Intikusuma yang didirikan oleh oleh Sudono Salim pada tanggal 14 Agustus 1990. Namun sejak 5 Februari 1994 berubah nama menjadi Indofood Sukses Makmur. Perusahaan Indofood menjadi solusi makanan dengan kegiatan operasional yang dimulai dari memproduksi, mengolah, hingga akhirnya sampai pada pedagang eceran. Atas kemajuan inilah, Indofood berhasil mengekspor produknya hingga ke Asia, Australia, dan juga Eropa.

  1. Unilever

Sebenarnya perusahaan ini tidak berpusat di Indonesia, tetapi di Rotterdam, Belanda. Namun Unilever sudah membuka cabang di Indonesia yang didirikan pada 5 Desember 1933 memakai nama Zeepfabrieken N.V. Lever kemudian pada 22 Juli 1980 berubah nama menjadi PT Lever Brothers Indonesia. Perusahaan Unilever merupakan produsen makanan, minuman, pembersih, dan juga perawatan tubuh yang telah mendapatkan keuntungan bersih yang sangat tinggi yakni mencapai Rp. 53,3 milliar.

  1. PT Hero Supermarket Tbk

PT Hero Supermarket Tbk merupakan perusahaan ritel yang memiliki banyak sekali cabang di Indonesia. Adapun cabang dari perusahaan ini diantaranya Giant, Hero, dan juga Guardian. Perusahaan ini didirikan tanggal 23 Agustus 1971 oleh almarhum Muhammad Saleh Kurnia dan berpusat di Jakarta. OJK juga menilai perusahaan ritel satu ini layak menjadi salah satu dari 50 perusahaan terbaik di Indonesia.

  1. PT Kalbe Farma Tbk

Jika kamu bertanya apa perusahaan obat-obatan terbesar di Indonesia? Maka Kalbe Farma adalah jawabannya. Perusahaan ini didirikan sejak 10 September 1966 yang memproduksi farmasi, suplemen, nutrisi dan layanan kesehatan yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Beberapa produk obat-obatan yang masih diproduksi oleh Kalbe hingga saat ini yaitu Puyer 16, Bintang Toedjoe Masuk Angin, Bintang Toedjoe Panas Dalam, Promag, Kalpanax, Komix, Procoid, Mixagrip, Entronstop, dan masih banyak lagi.

  1. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk

Produk yang ada pada toko swalayan tersebut dipasarkan oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Perusahaan yang satu ini memiliki banyak cabang di Indonesia dan menjual berbagai produk makanan, minuman serta barang kebutuhan hidup lainnya. Kini saham Sumber Alfaria Trijaya dimiliki oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya dan sudah memiliki lebih dari 1000 gerai di Indonesia. Perusahaan ini sudah tidak asing lagi di masyarakat yang biasa berbelanja ke toko super market apalagi sekarang perusahaan ini telah sampai ke pelosok dan desa desa yang telah menyaingi pasar pasar tradisional. Tentu anak kecilpun telah mengenalnya, tiada lain perusahaan ini bernama Alfamart.

Demikian artikel ini, semoga menjadi amal ibadah dan bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Download Pdf

  1. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 13 TAHUN 2003 Pdf

  2. Survei Ekonomi OECD INDONESIA PDF

  3. IMPLEMENTATION AND MEASUREMENT OF KNOWLEDGE MANAGEMENT (KM) IN INDONESIA PDF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.