Piramida Makanan, Pengertian, Jenis Dan Contohnya

Piramida Makanan, Pengertian, Jenis  Dan Contohnya

Pengertian Piramida Makanan

Piramida makanan adalah sebuah gambaran menampilkan informasi tentang pengelompokan ekosistem yang membandingkan komposisi dan jumlah biomassa. Komposisi dan jumlah biomassa tersebut dikelompokkan dari mulai produsen, konsumen I, konsumen II, dan konsumen III.

Pada sebuah ekosistem yang normal, produsen mempunyai jumlah terbanyak pada sebuah ekosistem. Selanjutnya jumlah konsumen tingkat I lebih banyak dari jumlah konsumen tingkat II. Jumlah konsumen tingkat II lebih banyak dari konsumen tingkat II. Piramida makanan dibagi menjadi menjadi yaitu air dan darat. Jenis makanan, cara hidup, dan ekosistemnya berbeda.

Piramida Makanan Ekosistem Air

Pada piramida makanan ekosistem air, contoh urutan posisi mahluk hidup yaitu  phytoplankton menjadi produsen, ikan ukuran kecil dan sedang menjadi konsumen I, anjing laut menjadi konsumen II, dan paus pembunuh menjadi konsumen tingkat III.

  • Phytoplankton menjadi produsen karena jumlahnya sangat banyak dan menjadi cadangan makanan bagi sebagian besar mahluk hidup pada ekosistem air.
  • Konsumen I pada piramida makanan ekosistem air adalah ikan kecil dan ikan berukuran besar yang pada umumnya mengkonsumsi plankton.
  • Konsumen II pada ekosistem air adalah anjing laut dan ikan yang mengkonsumsi ikan yang lebih kecil.
  • Konsumen III  adalah paus pembunuh. Piramida makanan pada biota air adalah ikan besar yang tidak ada organisme lain yang memangsanya. Contohnya adalah paus pembunuh dan paus biru.

Piramida Makanan Ekosistem Darat

Pada ekosistem darat, piramida makanan tidak hanya diisi oleh hewan saja. Akan tetapi, tumbuhan juga menjadi salah satu bagian penting dari ekosistem darat.

Rincian piramida makanan untuk ekosistem darat.

  • Produsen pada piramida makanan ekosistem darat dihuni oleh berbagai tumbuhan seperti rerumputan dan tumbuhan yang daunnya dikonsumsi oleh sebagian besar populasi binatang di daratan.
  • Konsumen I ekosistem darat contohnya adalah serangga dan tikus yang memakan tumbuhan dan sejenisnya.
  • Konsumen II diisi oleh katak, ayam dan hewan sejenisnya yang mengkonsumsi serangga dan belalang.
  • Konsumen III pada  ekosistem darat adalah burung elang, ular, dan hewan lain pemangsa ayam dan hewan sejenisnya.
Baca Juga  Apa Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Itu ?

Jenis Piramida Makanan

  1. Piramida Jumlah

Piramida jumlah / populasi menggambarkan jumlah organisme dalam sebuah ekosistem. Elton (1972) yang menemukan teori ini mengatakan bahwa binatang yang menempati tingkat trofik yang lebih rendah, jumlahnya lebih banyak dibanding dengan binatang yang menempati tingkat trofik yang lebih tinggi. Dasar piramida ini digambarkan oleh produsen yang sangat banyak dan jumlah organisme menurun cepat sampai tinggal beberapa individu karnivora puncak.

Contoh piramida jumlah :

                                 Piramida Jumlah
  1. Piramida Biomassa

Piramida biomassa yaitu suatu piramida yang menggambarkan berkurangnya transfer energi pada setiap tingkat trofik dalam suatu ekosistem. Pada piramida biomassa setiap tingkat trofik menunjukkan berat kering dari seluruh organisme di tingkat trofik yang dinyatakan dalam gram/m2. Umumnya bentuk piramida biomassa akan mengecil ke arah puncak, karena perpindahan energi antara tingkat trofik tidak efisien. Tetapi piramida biomassa dapat berbentuk terbalik.

  1. Piramida Energi

Yaitu piramida yang menggambarkan perpindahan energi pada tingkat trofik ke tingkat trofik berikutnya. Dalam piramida energi menunjukkan bahwa aliran energi yang diterima organisme akan menurun pada tingkat trofik berikutnya. Dengan demikian, produsen mendapat energi yang paling banyak dan akan menurun ke konsumen primer, sekunder, tersier dan seterusnya.

Pada piramida energi terjadi penurunan sejumlah energi berturut-turut yang tersedia di tiap tingkat trofik. Berkurangnya energi yang terjadi di setiap trofik terjadi karena hal-hal berikut.

  • Hanya sejumlah makanan tertentu yang ditangkap dan dimakan oleh tingkat trofik selanjutnya.
  • Beberapa makanan yang dimakan tidak bisa dicerna dan dikeluarkan sebagai sampah.
  • Hanya sebagian makanan yang dicerna menjadi bagian dari tubuh organisme, sedangkan sisanya digunakan sebagai sumber energi.

Contoh piramida energi :

                                         Piramida Energi

Dari ketiga tipe piramida ekologi, piramida energi dianggap merupakan model piramida yang terbaik. alasannya karena :

  • Tidak dipengaruhi oleh ukuran organisme dan kecepatan metabolisme organisme.
  • Menunjukkan efisiensi ekologi atau produktivitas ekosistem
  • Dapat memberikan gambaran yang berkaitan dengan sifat fungsional suatu ekosistem.
Baca Juga  Komponen Ekosistem, Pengertian Dan Macam Macamnya

Demikian artikel ini, pasti akan bermanfaat untuk pembaca. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Download Pdf

  1. macam macam bentuk piramida    makanan Pdf

  2. Piramida Makanan Pdf

  3. KARAKTERISTIK BIOLOGI DAN PERANAN PLANKTON Pdf

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.