Politeknik Dan Perguruan Tinggi Ikatan Dinas Jurusan Ips

Politeknik Dan Perguruan Tinggi Ikatan Dinas Jurusan Ips

 Sekolah menengah atas (SMA) ada jurusan Ipa dan Ips, masuknya siswa ke dua jurusan ini tentunya berdasarkan keinginan siswa sendiri dan mampu menguasai pada jenis jenis pelajarannya atau berdasarkan penelusuran minat anak oleh guru, yang nantinya akan dijuruskan sesuai bakatnya. Saat ini pemerintah telah mendirikan beberapa perguruan tinggi ikatan dinas yang menerima pendaftaran dari lulusan SMA atau sederajat jurusan IPS. Perguruan tinggi ikatan dinas tersebut adalah; PKN  STAN (Politeknik Keuangan Negara) STAN , IPDN ( Institut Pemerintahan Dalam Negeri), STKS (Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial), STSN (Sekolah Tinggi Sandi Nasional), POLTEKIP (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan), POLTEKIM (Politeknik Imigrasi), STIN (Sekolah Tinggi Inteligen Negara), STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) Bandung. Untuk selengkapnya program perguruan tinggi ikatan dinas jurusan ips akan dibahas dibawah ini.

  1. PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara) STAN

STAN yang saat ini menjadi Politeknik dan keuangan negara adalah satu Sekolah Ikatan Dinas yang paling favorit di Indonesia, lulusan STAN ini banyak menjadi PNS dengan gaji yang cukup fantastis. Meskipun masuk di STAN (Sekolah Tinggi Ikatan Dinas) tidaklah semudah mengembalikan telapak tangan akan tetapi sekolah ini sangat rekomended untuk Jurusan IPS.

  1. IPDN ( Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

Jurusan IPS bisa mendaftar ke IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) yang lulusannya banyak sekali menjadi PNS yang ada di seluruh Indonesia, baik di Pemerintah Pusat ataupun Pemerintah Daerah. Pada tahun 2017 IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)  menerima mahasiswa baru yang cukup banyak, yaitu sekitar 1.689 orang. Untuk jurusan IPS postur tubuh dan tinggi badan menjadi salah satu syarat yang diperlukan.

  1. STKS (Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial)

Jurusan IPS ini menjadi salah satu sekolah kedinasan yang paling banyak diminati oleh Lulusan SMA/MA dari Jurusan IPS. Meskipun menurut mahasiswa disana sebelum masuk di Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial ini ada MOU akan tetapi sekolah ini sendiri masih ikatan dinas dan bisa langsung menjadi CPNS. STKS berada di kota Bandung tepatnya di Jl.Ir.H.Juanda No.367 Bandung Jawa Barat -Indonesia 40135
Telp : +6222-2504838 Fax : +6222-2502962 e-mail : [email protected]

  1. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Nasional)

Sekoleh Ikatan Dinas ini juga sama menerima Jurusan IPS meskipun tidak tertutup juga untuk jurusan IPA. Perlu diketahui untuk Sekolah Tinggi Sandi Negara ini sangat dibutuhkan oleh pemerintah pada saat ini, misalnya untuk mengirimkan pesan-pesan rahasia dan lain sebagainya. Bahkan jika ingin sekali masuk ke Sekolah Ikatan Dinas dan langsung menjadi PNS di Sekolah Tinggi Sandi Negara pilihannya. Pasalnya pada angkatan CPNS pada tahun 2017 pendaftar di Sekolah Tinggi Sandi Negara ini sangat minim dan kekurangan peserta CPNS.

  1. POLTEKIP (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan).

Sekolah Kedinasan yang bisa menjadi pilihan dari Jurusan IPS selanjutnya Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Politeknip) yang berada dibawah naungan Kemenkumham (Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia). Pada tahun 2017 Politeknik Ilmu Pemasyarakatan ini menerima sekitar 250 Mahasiswa baru dengan kalkulasi lebih banyak pria dengan rasio perbandingannya adah 200 (Pria) dan 50 (wanita)

  1. POLTEKIM (Politeknik Imigrasi).

Sekolah Ikatan Dinas berikutnya bagi yang Lulusan IPS adalah Poltekim yang sampai saat ini kampus ini dibawah naungan Kemenkumham sama halnya dengan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip). Adapun gambaran peluang masuk di sekolah ini pada tahun 2017 lalu menerima 250 Mahasiswa dengan rasio perbandingan lebih banyak mahasiswa berjenis kelamin laki-laki yakni 220 orang, sedangkan sisanya 30 orang adalah perempuan.

  1. STIN (Sekolah Tinggi Inteligen Negara).

STIN (Sekolah Tinggi Inteligen Negara) merupakan sekolah ikatan dinas juga yang menerima lulusan IPS . Apabila diterima disekolah tinggi ini, segala pasilitas  telah disediakan seperti pakain kuliah, asrama, konsumsi dan uang saku. Sebagai gambaran pada tahun 2017 Sekolah Tinggi Inteligen Negara ini menerima Mahasiswa baru sebanyak 124 orang.

  1. STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) Bandung.

Jurusan IPS dapat diterima juga di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Sama seperti yang lain sekolah ini juga termasuk sekolah ikatan dinas. Karena Indonesia termasuk negara pariwisata yang unggul, sedangkan tenaga ahli dibidangnya belum memadai untuk kebutuhan pengembangan pariwisata maka pemerintah mendirikan sekolah ini agar usaha dibidang pariwisisata tidak kalah dengan negara lain dan pendapatan devisa dari bidang ini akan lebih meningkat.

Baca Juga  Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2018 Siswa Baru Sekolah Ikatan Dinas

Demikian artikel ini, semoga menjadi amal ibadah dan berguna bagi pembaca sekalian. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Download

  1. Pendaftaran Politeknik Statisik Th 2019/2020 Poltek STIS

  2. Persyaratan Pendaftaran sekolah Ikatan Dinas Th 2019/2020

  3. Perguruan Tinggi Ikatan Dinas Jurusan IPS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.