Soal dan Kunci Jawaban UNBK Bocor? Jangan Khawatir

dapurpendidikan.com – Kekhawatiran beberapa pihak tentang soal dan kunci jawaban UNBK bocor karena pelaksanaannya beberapa shift, berikut ulasannya.

Bagi anda yang ingin menjadi CPNS melalui jalur SMU sederajat, anda dapat mencoba mengikuti Sekolah Kedinasan 2018 Penerimaan Siswa Baru Sekolah Ikatan Dinas.

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan komunikasi semakin meningkat di lingkungan sekolah. Hal ini dicerminkan dengan adanya pelaksanaan ujian sekolah berbasis komputer.

soal dan kunci jawaban unbk bocor

Pelaksanaan Ujian Nasional sekolah pada tahun pelajaran 2016/2017 ada sedikit perbedaan, dimana Ujian Nasional dibagi menjadi 2 metode.

  • Metode pertama adalah UNKP (Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil).
  • Yang kedua adalah UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).

Mungkin UNBK termasuk model ujian yang dianggap baru, akan tetapi ternyata sudah sekitar 88,6 persen sekolah tingkat SMK/SMK yang melaksanakan ujian Nasional dengan UNBK ini.

Walaupun masih ada beberapa sekolah yang masih menggunakan Ujian Nasional berbasis Pensil dan Kertas.

Pada tahun pelajaran 2016/2017 ini, UNKP diikuti sekitar 150.855 siswa SMK/SMA, sedangkan UNBK diikuti sekitar 1.176.391 siswa SMK/MK (sekitar 88,6 persen dari total 1.327.246 siswa).

Selain UNBK masih dianggap baru, kemungkinan yang menyebabkan beberapa sekolah belum melaksanakan UNBK adalah belum memiliki infrastruktur yang memadai. akan tetapi beberapa provinsi, ada yang sudah melaksanakan UNBK di tingkat SMA/SMK

Menurut Irjen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Daryanto, “100 persen itu di Provinsi Bangka Belitung, Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan”.

Pada tahun pelajaran 2016/2017 ini, pelaksanaan UNBK dibagi menjadi beberapa shift.

kata Daryanto , “Ini perlu disampaikan juga, ada dua atau tiga shift ya di beberapa sekolah,” di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Senin (3/4/2017).

Mungkin banyak keraguan dan kekhawatiran dari beberapa pihak, dimana pelaksanaan UNBK yang dibagi menjadi beberapa shift.

Baca Juga  Pramuka Makan Tanpa Alas di Lapangan, Tanggapan beberapa pihak berikut panitia

Terkait dengan pembagian pelaksanaan UNBK yang dilakukan menjadi beberapa shift, dikhawatirkan Soal dan Kunci Jawaban UNBK Bocor.

Walaupun dilaksanakan dalam beberapa shift, Irjen Kementrian dan Kebudayaan Daryanto memastikan bahwa soal ujian yang diberikan kepada peserta ujian berbeda satu sama lain. Oleh sebab itu ia yakin tidak akan terjadi kebocoran soal maupun kunci jawaban dalam pelaksanaan UNBK.

Ternyata, salah satu antisipasi Soal dan Kunci Jawaban UNBK Bocor karena dilaksanakan dalam beberapa shift adalah dengan adanya perbedaan soal.

“Bukan berarti anak yang mengikuti ujian di shift dua itu mendapatkan contekan dari anak yang shift pertama. Dan juga kami pastikan sudah melakukan sosialisasi sebelumnya,” ucap Daryanto.

Pelaksanaan UNBK yang dibagi menjadi beberapa shift, dan menggunakan soal berbeda, tentunya hal tersebut perlu disosialisasikan oleh pihak sekolah kepada peserta ujian yang menggunakan metode UNBK.

Jangan lupa bapak ibu guru untuk memberikan motivasi belajar siswa di sini.

Sosialisai perbedaan soal tersebut perlu diantisipasi oleh siswa sebelum melaksanakan UNBK. salah satu tujuan dari metode UNBK adalah untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional.

Salah satu keuntungan Ujian Nasional Berbasis Komputer adalah  dapat menghemat biaya Ujian Nasional.

Untuk para peserta Ujian Nasional, baik yang UNPK maupun UNBK penulis doakan semoga dapat mengerjakan ujian nasional dengan lancar.

Tidak ada gangguan dalam pelaksaan ujian nasional, tentunya nantinya mendapatkan hasil yang maksimal sesuai yang diharapkan.

Artikel lain yang mungkin anda suka
TIPS MENGELOLA KEUANGAN DI TAHUN 2017 UNTUK GURU
HAL-HAL YANG DILARANG PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.