Struktur Bunga, Bagian Bagian bunga Dan Fungsi Bunga

Struktur Bunga, Bagian Bagian bunga Dan Fungsi Bunga

Bunga merupakan salah satu bagian dari tumbuhan yang digunakan sebagai alat untuk melakukan perkembang biakan. Karena dari struktur bunga bisa ditemukan alat  alat reproduksi, seperti putik, kandung lembaga, dan juga benang sari. Bagian bagian bunga secara umum meliputi bagian mahkota, bagian putik, bagian benang sari, bagian kelopak bunga, bagian bakal biji, bagian tangkai bunga, dan juga bagian dasar bunga.

Struktur Bunga

Bunga merupakan alat perkembangbiakan pada tumbuhan kelompok angiospermae.

Struktur bunga terdiri dari empat organ, yaitu :

  • Sepala ( kelopak bunga)

merupakan modifikasi dari daun yang bentuknya melingkar pada dasar bunga

  • Petala ( mahkota bunga)

bentuk lembaran warna-warni

  • Stamen ( benang sari )

tersusun atas bagian tangkai (filamen), kepala sari (anther), dan serbuk sari (polen). Benang sari sebagai alat kelamin jantan

  • Putik ( pistil )

kepala putik, tangkai putik, dan bakal buah.

Bunga merupakan alat perkembang biakan tanaman secara generatif. Bunga mempunyai empat jenis bunga yaitu bunga sempurna, bunga tidak sempurna, bunga lengkap, dan bunga tidak lengkap. Untuk dapat menghasilkan biji atau buah tanaman biasanya terlebih dahulu melakukan penyerbukan. Penyerbukan yaitu jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Secara umum penyerbukan dibagi menjadi dua yaitu: Penyerbukan sendiri dan penyerbukan silang.
Berdasarkan dari bagiannya, bunga dapat dijadikan menjadi dua kelompok, yaitu :

  • Bunga lengkap atau Bunga sempurna.

Bunga lengkap atau sempurna, yaitu bunga yang memiliki bagian bagian bunga yang lengkap yakni mahkota, kelopak daun, dasar bunga, tangkai bunga, putik dan benang sari.

Bunga yang sempurna adalah bunga yang memiliki lima bagian yaitu tangkai, kelopak mahkota, benang sari dan putik. Bagian di atas tangkai bunga yang agak membesar, disebut dasar bunga (receptacle). Saat bunga masih kecil, dasar bunga ini dibungkus oleh kelopak bunga. Bagian mahkota bunga merupakan tampilan paling indah pada bunga. Bunga berfungsi utama menghasilkan biji. Penyerbukan dan pembuahan berlangsung pada bunga. Setelah pembuahan, bunga akan berkembang menjadi buah. Buah adalah struktur yang nantinya akan membawa biji. Sementara bagian fertil terdiri dari benang sari (stamen) dan putik (pistil).

  • Bunga tidak lengkap atau tidak sempurna.

Bunga lengkap adalah bunga yang tidak memiliki salah satu dari enam bagian dasar bunga.

Baca Juga  Pengertian Ekosistem Dan Tipe Ekosistem Dalam Biologi

Sehingga disebut sebagai bunga tidak sempurna, karena salah satu bagian tersebut tidak ada atau tidak dimiliki.

Pada umumnya, hanya memiliki satu alat produksi saja, untuk membedakan bunga lengkap dan bunga tidak lengkap hanya dilihat dari empat bagian bunga saja, yaitu :

  1. Kelopak Bunga

Kelopak bunga (calyx) adalah bagian bunga terluar atau paling rendah kedudukannya pada dasar bunga. kelopak bunga biasanya berwarna hijau dan merupakan modifikasi dari daun. Lembaran kelopak bunga disebut daun kelopak (seoal).

  2, Mahkota Bunga

Mahkota bunga (corolla) terletak disebelah dalam atau diatas dari kelopak bunga. Lembaran mahkota disebut daun mahkota (petal). Mahkota biasanya berwarna-warni, mahkota dan kelopak bunga sering sering ddisebut perhiasan bunga. Kadang-kadang ada bunga yang tidak berkelopak (asepalus), tidak bermahkota (apetalus) atau tidak memiliki perhiasan (bunga telanjang). Ada juga tumbuh yang antara mahkota dan keopak tidak dapat dibedakan baik bentuk maupun warnanya, dan disebut tenda bunga, misalnya pada bunga sungsang.

3. Benang Sari

Benang sari terketak dianta mahkota. Bagian dari benang sari adalah tangkai sari (filamen), kepala sari (anthera), dan serbuk sari (polen). Benang sari merupakan penghasil serbuk sari yang menghasilkan gamet jantan pada tumbuhan.

  4. Putik

Putik terletak dibagian pusat bunga. Lembaran penyusun putik disebut karpel. Jumlah karpel bisa satu atau lebih. Setiap karpel memiliki ovarium yang didalamnya terdapat sel telur. di atas oparium terdapat tangkai putik (stilus) yang mendukung kepala putik (stigma). Tangkai putik berupa saluran sempit, tempat lewatnya serbuk sari saat penyerbukan.

Tidak semua bunga memiliki oragan reproduksi yang lengkap. Bunga hanya memiliki benang sari disebut bunga jantan dan yang hanya memiliki putik disebut bunga betina. Bunga yang memiliki putik dan benang sari dalam satu bunga disebut bunga hermafrodit.

Baca Juga  Ekosistem Darat : Pengertian, Ciri, Jenis Dan manfaatnya

Bunga yang memiliki benang sari dan puti disebut bunga sempurna. Sedangkan bunga yang tidak memiliki salah satu alat kelamin atau keduanya disebut bunga tidak senpurna.

Fungsi Bunga

Fungsi bunga adalah sebagai alat perkembangan genetatif pada tumbuhan. Fungsi bunga yang lain adalah sebagai perhiasan.

Demikian artikel ini pasti akan bermanfaat untuk pembaca. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Download Pdf

  1. Perkembagan Bunga Pdf

  2. Struktur Bunga Bagian-bagian Bunga Pdf

  3.  Morpologi Bunga Pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.