Struktur Dan Fungsi Bronkus Pada Pernapasan Manusia Pdf

Struktur Dan Fungsi Bronkus Pada Pernapasan Manusia Pdf

Mahluk hidup yang paling sempurna telah diciptakan Tuhan berbentuk manusia, diantaranya menciptakan sistem pernapasan. Fungsi pernapasan akan bekerja sama dengan sistem transportasi agar proses metabolisme pada tubuh dapat berjalan dengan baik. System pernapasan atau respirasi terjadi melalui saluran penghantar udara yaitu alat-alat pernapasan yang terdapat dalam tubuh, dimana masing-masing alat pernapasan tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

PENGERTIAN BRONKUS

Bronkus adalah cabang batang tenggorokkan yang terletak setelah trakea dan sebelum paru-paru. Setelah masuk ke dalam paru, bronkus akan bercabang lagi menjadi bronkiolus. Bronkus sebelah kanan akan bercabang menjadi 3 bronkus lobaris, sedangkan bronkus sebelah kiri akan bercabang menjadi 2 bronkus lobaris. Bronkus berfungsi untuk membawa udara ke paru-paru.

Lihat gambar dibawah ini

                                               Bronkus

 

 STRUKTUR DAN BAGIAN BAGIAN BRONKUS

Terdapat beberapa divisi bronkus di setiap lobus paru. Pertama adalah bronkus lobaris yang merupakan cabang bronkus utama, 3 di paru kanan dan dua di paru kiri. Bronkus lobaris kemudian akan bercabang lagi menjadi bronkus segmental, 10 pada paru kanan dan berjumlah delapan pada paru kiri. Bronkus segmental kemudian akan bercabang lagi menjadi bronkus subsegmental. Bronkus subsegmental ini dikelilingi oleh jaringan ikat, pembuluh darah, pembuluh limfatik dan pembuluh saraf. Kemudian bronkus segmental akan bercabang menjadi bronkiolus yang tidak mempunyai kartilago (tulang rawan) pada dindingnya.

Lihat gambar dibawah ini

                                        Struktur Bronkus

Dinding bronkus terbagi 4 lapisan

  1. Lapisan Epitel

Jaringan epitel yang menjadi penyusun bronkus adalah epitel silindris bersilia, sel ini akan menghasilkan mukus (cairan kental seperti lendir) yang berfungsi menangkap kotoran dan melindungi saluran pernapasan dari benda asing.

  1. Lamina Propia (Jaringan Ikat)

Lamina Propia adalah lapisan yang berfungsi sebagai pondasi sel epitel (tempat menempelnya sel – sel epitel). Lamina propia merupakan lapisan jaringan ikat yang mengandung pembuluh darah, saraf dan pembuluh limfa.

  1. Lapisan otot
Baca Juga  Respirasi Aerob Pdf

Lapisan oto yang menyusun bronkus terdiri dari otot polos. Sifat dari otot polos adalah tidak dapat dikendalikan atau bekerja secara involunter (tidak sadar). Lapisan otot berfungsi sebagai pengatur lebar dari dinding bronkus, mereka dapat menjalankan fungsi ini dengan kontraksi ataupun relaksasi otot tersebut.

  1. Lapisan Tulang Rawan

Tulang rawan merupakan tulang utama yang menyusun sebagian besar saluran pernapasan. Tulang rawan pada bronkus tersusun seperti jala yang tidak teratur. Tulang rawan mempunyai sifat yang lunak dan elastis sehingga dapat memudahkan gerakan pernapasan. Bronkiolus yang merupakan percabangan dari bronkus tidak lagi mempunyai tulang rawan.

Baca juga : Apa Fungsi Alveolus Pada Paru Paru Pdf

                    Jelaskan Sistem Pernapasan Manusia Dan Fungsinya Pdf

 FUNGSI BRONKUS

 Organ pernafasan ini mempunyai fungsi sebagai saluran keluar karbon dioksida (CO2) dari kedua paru-paru dan berfungsi sebagai saluran masuk oksigen (O2) dari hidung. Pada dasarnya bronkus mempunyai struktur yang sama dengan trakea, namun dinding bronkus lebih halus dari pada trakea. Trakea bercabang menjadi dua bronkus, yakni bronkus kanan serta bronkus kiri. Bronkus sendiri juga bercabang lagi, yakni bronkiolus yang menuju alveolus. Bronkus kiri mempunyai cabang menjadi dua bronkiolus dan brongkus kanan memiliki cabang menjadi tiga bronkiolus. Jumlah tersebut juga memiliki kaitan dengan jumlah lobus dalam paru-paru, dimana paru-paru kiri memiliki dua lobus serta paru-paru kanan yang memiliki tiga lobus.

Ada 7 Fungsi Bronkus Pada Sistem Pernapasan

  1. Bronkus menghasilkan dahak atau mukosa pencegah peradangan pada bronkus

Dinding bronkus yang menghasilkan dahak ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan saluran pernapasan. Mukosa atau dahak yang dihasilkan dinding bronkus dapat mencegah debu dan partikel-partikel lain yang berbahaya dan dapat menyebabkan peradangan atau iritasi. Mukosa ini mencegah debu agar tidak masuk ke dalam paru-paru. Jika terjadi iritasi maka akan menyebabkan bronkus menghasilkan lebih banyak dahak sehingga tubuh akan berusaha mengeluarkannya dengan cara batuk.

  1. Silia pada bronkus membantu mengeluarkan debu dan partikel asing dari paru-paru

Silia atau bulu-bulu halus bergetar yang terletak di dinding bronkus. Silia ini memiliki fungsi menghalau dan menyapu keluarnya debu, iritasi, dan mukosa atau dahak yang berlebihan. Silia ini dapat rusak, salah satunya karena konsumsi rokok. Setiap isapan rokok berpotensi merusak bulu-bulu kecil dan halus ini sehingga kotoran tidak bisa dibuang secara normal dan memicu terserangnya penyakit bronkitis.

  1. Bronkus membantu paru-paru bernapas lebih cepat ketika kita lelah

Setelah melakukan pekerjaan berat dan berolah raga pastinya pernapasan kita menjadi lebih cepat dan dalam. Saat kondisi lelah dan letih, tubuh akan melepaskan hormon norepinefrin sehingga membuat otot polos bronkus beristirahat dan akan lebih memungkinkan banyak udara yang masuk ke paru-paru serta akan lebih banyak oksigen yang dikirimkan ke jaringan yang membutuhkan.

  1. Bronkus berfungsi sebagai konduktur antara atmosfer dan alveoli

Alveoli adalah bagian dari bronkiolus yang lebih kecil dan berfungsi sebagai kantong udara pada sistem pernapasan manusia. Adanya alveoli pada bronkus ini sebagai tempat pertukaran karbon dioksida yang akan dikeluarkan melalui rongga mulut dan karbon oksigen yang akan di alirkan ke seluruh tubuh. Adanya alveoli ini juga sebagai tempat untuk menghilangkan partikel asing dari sistem perapasan yang masih terbawa oleh udara sehingga partikel asing ini tidak sampai di paru-paru.

  1. Alveolus adalah bagian bronkus yang berfungsi sebagai tempat difusi oksigen

Alveolus adalah cabang-cabang bronkus yang paling kecil yang masuk ke dalam gelembung paru-paru. Pada dinding alveolus banyak mengandung kapiler darah yang berfungsi sebagai tempat oksigen dari udara akan berdifusi ke dalam darah. Di alveolus ini juga akan terjadi pertukaran gas karbon dioksida (CO₂) dengan gas oksigen (O₂).

  1. Tulang rawan bronkus berfungi memberi kekuatan pada saat bronkus menarik dan menghembuskan napas

Proses menarik dan menghembuskan napas melibatkan tekanan yang dapat merusakkan jaringan lunak. Adanya tulang rawan yang merupakan jaringan ikat memberi dukungan untuk proses fisik sehingga mencegah keruntuhan pada bronkus saar menarik dan menghebuskan napas.

  1. Bronkus bertanggungjawab dan memastikan udara mencapai paru-paru dan dibawa ke mulut

Bronkus memiliki tanggungjawab untuk mengatur berapa banyak udara yang bisa diizinkan masuk ke paru-paru, memastikan bahwa oksigen sampai ke paru-paru dan juga memastikan bahwa karbondioksida berhasil dikeluarkan kembali melalui mulut atau hidung.

Baca Juga  Pengertian Katabolisme Dan Contohnya Pdf

Demikian artikel ini, pasti akan bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya

Untuk selengkapnya Download dibawah ini dalam bentuk Pdf

1. FISIOLOGI DAN FUNGSI MUKOSILIAR BRONKUS

2. SISTEM PERNAFASAN 1

3. SISTEM PERNAFASAN 2

4. BAB II TINJAUAN PUSTAKA Bronkus

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.