Struktur Daun Dan Fungsi Daun Pada Tumbuhan

Struktur Daun Dan Fungsi Daun Pada Tumbuhan

Bagian tumbuhan yang paling atas  adalah daun bersatu dengan  ranting ranting kecil . Daun merupakan modifikasi dari batang. Daun merupakan bagian tubuh tumbuhan yang paling banyak mengandung klorofil sehingga kegiatan fotosintesis paling banyak berlangsung di daun. Dibawah ini akan dibahas struktur daun, struktur daun bagian luar, struktur daun bagian dalam dan fungsinya

   Daun

Struktur Daun

Secara morfologis dan anatomi, daun merupakan organ tumbuhan yang paling bervariasi. Daun dapat dibedakan, menjadi beberapa bagian, yaitu pangkal daun, tangkai daun, dan helaian daun. Bentuk, struktur, dan ukuran daun pada tumbuhan berbeda-beda. Hal ini, digunakan untuk klasifikasi tumbuhan. Daun tersusun atas tiga tipe sistem jaringan, yaitu:

  1. Jaringan Epidermis

Daun memiliki epidermis pada bagian permukaannya, baik permukaan atas, dinamakan permukaan adaksial, maupun pada permukaan bawah, yang dinamakan permukaan abaksial. Sel epidermis umumnya tersusun rapat membentuk suatu lapisan yang kompak, tanpa ruang interseluler. Pada beberapa tumbuhan, sel-sel epidermis memanjang yang disebut sel panjang. Di sebelah atas tulang daun terdapat sel pendek yang terdiri atas dua tipe sel, yaitu sel silika dan sel gabus.

  1. Jaringan Mesofil

Mesofil adalah jaringan yang bersifat parenkim, di sebelah dalam epidermis. Mesofil terdiri atas jaringan palisade dan jaringan bunga karang (jaringan spons). Kedua jaringan tersebut banyak mengandung kloroplas sehingga menjadi tempat terjadinya fotosintetis. Jaringan palisade terletak langsung di bawah epidermis, tetapi kadang-kadang ada hipodermis di antara epidermis dan jaringan palisade.

  1. Jaringan Pembuluh

Jaringan pembuluh pada daun terdapat pada tulang daun. Selain itu, pada daun terdapat urat-urat halus yang berperan sebagai pembuluh nadi yang membawa makanan ke seluruh tubuh. Tulang daun berfungsi untuk menguatkan daun. Selain itu, urat-urat daun pada tumbuhan berperan sebagai kerangka daun.

Baca Juga  Jelaskan Perbedaan Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia Suatu Zat

Struktur Daun Bagian Luar

Struktur Daun Bagian Luar yaitu :

  1. Helai Daun (lamina)

Helai daun pada berbagai macam tumbuhan dapat berbeda-beda, ada yang berbentuk tipis atau yang berbentuk tebal. Helai daun juga bisa dikatakan sebagai bagian yang paling penting dari sebuah daun karena di helai daun inilah proses fotosintetis pada tumbuhan berlangsung.

 2.Tangkai Daun (petiolus)

Tangkai daun merupakan bagian yang menempel pada bagian batang dan sebagai penopang helaian daun. Namun, tentu tidak semua tumbuhan memiliki tangkai daun, seperti contohnya rumput.

 3.Pelepah Daun (folius)

Pelepah daun memiliki fungsi untuk mendudukan daun pada batang. Pelepah daun ini ada kalanya memiliki tambahan organ di bagian kanan maupun kirinya. Nah, biasanya pelepah daun memiliki suatu bagian yang dinamakan ketiak daun, dimana dibagian ini terletak sebuah kuncuk yang akan berkembang menjadi tunas cabang. Sebuah daun dapat dikatakan sebagai daun sempurna jika daun tersebut memiliki 3 komponen yang telah disebutkan diatas secara lengkap.

Struktur Daun Bagian Dalam

 Struktur Daun Bagian Dalam yaitu :

  1. Epidermis

Jaringan epidermis merupakan jaringan dengan sel berlapis satu yang dindingnya mengalami penebalan lignin. Nah di epidermis ini biasanya terdapat stomata yang diapit oleh dua sel penutup. Letak dari stomata pada daun ini dapat berbeda-beda menurut jenis tumbuhannya. Ada yang letak stomata-nya berada di lapisan ata, ada yang stomata-nya terletak di bagian bawah saja, atau bisa juga terletak di lapisan atas dan bawah.

 2. Jaringan Mesofil

Jaringan mesofil tersusun dari  sel-sel parenkim yang tersusun cukup longgar sehingga memiliki ruang antarsel atau rongga antarsel. Nah, jaringan mesofil ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu:

  • Jaringan Palisade

 Jaringan palisade atau yang biasa disebut sebagai jaringan tiang ini memiliki sel yang berbentuk silinder dan tersusun sangat rapat. Di dalam jaringan palisade ini, terdapat banyak kloroplas dan jaringan ini juga berfungsi dalam proses pembuatan makanan.

  • Jaringan Spons

 Jaringan spons atau yang biasa disebut juga dengan jaringan bunga karang ini memiliki sel yang susunannya lebih longgar jika dibandingkan dengan jaringan palisade. Jaringan spons ini memiliki fungsi untuk menyimpan cadangan makanan.

Baca Juga  Struktur, Ciri Dan Fungsi Sel Eukariotik

 3. Berkas Pembuluh Angkut

Berkas pembuluh angkut ini terdapat pada tulang daun dan fungsinya secara umum adalah alat transpor dan juga sebagai penguat daun. Berkas pembuluh angkut ini terbagi menjadi 2 macam bagian, yaitu:

  • Xylem

Xylem atau yang biasa juga disebut dengan pembuluh kayu ini memiliki fungsi untuk mengalirkan air beserta zat haranya menuju ke daun.

  • Floem

Floem atau yang biasa juga disebut pembuluh tapis ini memiliki fungsi untuk menyalurkan hasil fotosintesis tumbuhan dari bagian daun ke bagian tumbuhan yang lain.

 4. Jaringan Tambahan Daun

Jaringan Tambahan Daun ini biasanya meliputi sel-sel kristal maupun kelenjar yang terdapat pada jaringan mesofil daun

 Fungsi Daun

Daun memiliki bentuk dan ukuran tertentu sehingga dapat melakukan tugas penting, membuat makanan seefisien mungkin. Tumbuhan yang tumbuh di tempat gelap dan teduh memiliki daun yang lebar agar dapat menangkap sinar matahari sebanyak mungkin. Di daerah yang banyak hujan, daun sering memiliki lapisan yang mengkilat dan tahan air. Beberapa daun memiliki duri untuk melindungi diri, sementara daun lainnya tebal dan kuat untuk bertahan di udara dingin.

Daun memiliki banyak fungsi bagi tumbuhan. Daun berfungsi sebagai tempat terjadinya fotosintesis dan tempat terjadinya transpirasi atau proses menguapnya air pada daun. Selain itu daun juga berfungsi sebagai organ pernapasan atau respirasi. Pada tumbuhan tertentu, daun juga bisa berfungsi sebagai alat reproduksi vegatatif, misalkan pada tanaman cocor bebek.

demikian artikel ini, pasti akan bermanfaat. Sampai jumpa diartikel selanjutnya

Download Pdf

  1. Morfologi Daun Pdf

  2. STRUKTUR JARINGAN PADA DAUN Pdf

  3. STRUKTUR DAUN Pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.