Tanggung Jawab Itu Apa? Pengertian, Macam Dan Nikmatnya

Tanggung Jawab Itu Apa? Pengertian, Macam Dan Nikmatnya

Kalau seseorang mengingkari janji berarti itu tidak bertanggung jawab, kalau seorang siswa tidak belajar dan malas berarti itu tidak bertanggung jawab. Jadi, tanggung jawabnya yang benar yaitu bertanggung jawab menanggung resiko melaksanakan perintah dari atasannya atau dari gurunya. Dakam arti kesadaran diri dari manusia terhadap semua tingkah laku dan perbuatan yang disengaja atau pun tidak di sengaja. Terbersit dari dalam hati dan sadar atas kewajiban karena bertanggung jawab atas beban yang di pikulnya. Jadi, tanggung jawab itu apa? Pengertian, macam dan nikmatnya

Pengertian Tanggung Jawab

Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai wujudan kesadaran akan kewajibannya. Manusia pada hakikatnya adalah makhluk yang bertanggung jawab. Disebut demikian karena manusia, selain merupakan makhluk individual dan makhluk sosial, juga merupakan makhluk Tuhan. Manusia memiliki tuntutan yang besar untuk bertanggung jawab mengingat ia mementaskan sejumlah peranan dalam konteks sosial, individual ataupun teologis.

Pengertian Tanggung Jawab Menurut Para Ahli

Para ahli berpendapat bahwa :

  1. Menurut Sugeng Istanto

Pertanggungjawaban bisa didefinisikan sebagai kewajiban untuk memberikan jawaban sebagai perhitungan atas semua hal yang terjadi dan arti kewajiban untuk memberikan pemulihan atas kerugian yang mungkin ditimbulkannya.

  1. Menurut Kamus Bahasa Besar Indonesia

Tanggung jawab dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan dimana wajib untuk menanggung segala sesuatu, sehingga berkewajiban untuk menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

  1. Menurut George Bernard Shaw

Orang yang bisa bertanggungjawab pada tindakannya dan mempertanggungjawabkan perbuatannya hanyalah orang yang dapat mengambil keputusan dan bertindak tanpa tekanan dari pihak manapun atau secara bebas.

  1. Menurut Friedrich August von Hayek

Pada hakikatnya masing-masing individu yang dapat bertanggungjawab. Hanya mereka yang dapat memikul akibat dari perbuatan mereka. Oleh sebab itu, istilah tanggungjawab pribadi atau tanggungjawab sendiri sebenarnya “mubadzir”.

Baca Juga  Artikel Mengenai Gangguan Pada Telinga Manusia

Macam Macam Tanggung Jawab

Aneka ragam rasa berbaur yang membentuk tanggung jawab, diantaranya :

  1. Tanggung Jawab Kepada Tuhan

Manusia ada tidak dengan sendirimya, tetapi merupakan makhluk ciptaan Tuhan.

Sebagai ciptaan Tuhan manusia dapat mengembangkan diri sendiri dengan sarana-sarana pada dirinya yaitu pikiran, perasaan, seluruh anggota tubuhnya, dan alam sekitarnya.

  1. Tanggung Jawab Kepada Diri Sendiri

Menurut sifatnya manusia adalah makhluk bermoral. Akan tetapi manusia juga seorang pribadi, dan sebagai makhluk pribadi manusia mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri, angan angan untuk berbuat ataupun bertindak, sudah barang tentu apabila perbuatan dan tindakan tersebut dihadapan orang banyak, bisa jadi mengundang kekeliruan dan juga kesalahan.

  1. Tanggung Jawab Kepada Keluarga

Masyarakat kecil ialah keluarga. Keluarga adalah suami istri, ayah ibu dan anak anak, dan juga orang orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung Jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi Tanggung Jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan, pendidikan, dan kehidupan.

  1. Tanggung Jawab Kepada Masyarakat

Satu kenyataan pula, bahwa manusia adalah makhluk sosial. Manusia merupakan anggota masyarakat. Karena itu, dalam berpikir, bertingkah laku, berbicara, dan sebagainya manusia terikat oleh masyarakat. Wajarlah apabila segala tingkah laku dan perbuatannya harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.

  1. Tanggung Jawab kepada Bangsa Dan Negara

Satu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia, tiap individual adalah warga nagara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat olah norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semau sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada negara.

Nikmatnya Tanggung Jawab

Apabila perasaan telah menyatu dengan kebiasaan bertanggung jawab segala sesuatu akan merasa ringan tidak ada beban karena sipat ini menggambarkan manusia ini jujur  dan supel. Pada dasarnya Tanggung Jawab dalam konteks pergaulan manusia adalah suatu keberanian. Orang yang bertanggung jawab adalah orang yang berani menanggung resiko atas segala hal yang telah dilakukan atau diperbuat menjadi tanggung jawabnya. Ia jujur terhadap dirinya dan jujur terhadap orang lain, adil, bijaksana, tidak pengecut dan mandiri. Dengan rasa tanggung jawab, orang yang bersangkutan akan selalu berusaha memenuhi kewajibannya melalui seluruh potensi dirinya. Orang yang bertanggung jawab adalah orang mau berkorban untuk kepentingan orang lain ataupun orang banyak.

Baca Juga  Telinga Kemasukan Air Tidak Bisa Keluar - Mengatasi Telinga yang Kemasukan Air

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Download Pdf

  1. Pengertian Tanggung Jawab Pdf

  2. Tanggung Jawab Pdf

  3. Konsep Tanggung Jawab Manusia Pdf

  4. TANGGUNG JAWAB PENDIDIKAN Pdf

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.